Roboguru

Uraikan dengan singkat perumusan teks proklamasi y...

Uraikan dengan singkat perumusan teks proklamasi yang dilakukan di jalan Miyokodori rumah laksamana muda tadashi maeda!space space 

  1. ...

  2. ...

Jawaban:

Rombongan Sukarno-Hatta tiba di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 1945 pada pukul 23.00 WIB. Melalui Ahmad Subarjo, Tadashi Maeda menawarkan rumahnya di Miyokodori ( sekarang Jl. Imam Bonjol No. 1 Jakarta ) sebagai tempat yang aman untuk dapat menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan.

Dalam pertemua tersebut dihadiri oleh Sukarno, Hatta, Ahmad Subarjo, para anggota PPKI dan para tokoh pemuda ( Sukarmi, Sayuti Melik, BM Diah dan Mbah Diro ) dan mereka yang merumuskan Teks Proklamasi berada di ruang makan ialah  Sukarno yang memegang pena dan kertas klad yang kemudian menulis naskahnya. Hatta dan Subarjo yang mengemukakan ide-idenya secara lisan.

Subarjo menyampaikan kalimat pertama yang berbunyi “ kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia ”. Moh. Hatta menyampaikan kalimat yang kedua yang berbunyi “ hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya ”. Kemudian dibacakan di ruang depan dan Sukarmi mengusulkan supaya yang menandatangani naskah tersebut ialah Sukarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. Usulan tersebut disetujui oleh seluruh yang hadir.

Konsep naskah proklamasi kemerdekaan diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Sayuti Melik mengadakan sedikit perubahan. Setelah selesai diketik kemudian naskah teks proklamasi itu ditandatangani oleh Sukarno-Hatta. Perumusan teks Proklamasi sampai dengan penandatanganan selesai pada pukul 04.00 WIB pada tanggal 17 Agustus 1945 dan diputuskan pula pembacaan pada pukul 10.00 WIB.
 


Teks proklamasi di rumuskan di rumah Laksamana Maeda, di saksikan B. M. Diah, Sukarni dan tokoh lainnya. Naskah proklamasi di ketik oleh Sayuti Melik. dan teks proklamasi di baca oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jl. pegangsaan timur no. 56 Jakarta Pusat.space space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved