Roboguru

Tokoh Indonesia yang mengetik teks proklamasi adalah...

Pertanyaan

 Tokoh Indonesia yang mengetik teks proklamasi adalah...

  1. Ir. Soekarno 

  2. Achmad Soebardjo 

  3. Sajoeti Melik 

  4. Moh. Hatta 

  5. Laksamana Muda Maeda 

Pembahasan Soal:

Pada awalnya, terjadi perdebatan mengenai siapa yang akan menandatangani teks proklamasi kemerdekaan. Soekarno mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh mereka yang hadir, seperti deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Usulan itu ditentang oleh kalangan pemuda yang tetap menganggap kalangan tua sebagai kolaborator Jepang. Agar proklamasi kemerdekaan benar-benar bersih dari pengaruh Jepang, Sukarni mengusulkan teks tersebut ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, atas nama bangsa Indonesia. Usulan itu berdasarkan kenyataan bahwa kedua tokoh tersebut telah diakui sebagai pemimpin utama rakyat Indonesia. Usulan Sukarni pun disetujui oleh para hadirin. Selanjutnya konsep naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dengan perubahan kecil yang disetujui guna mengindari persepsi yang salah mengenai teks proklamasi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Naskah proklamasi kemerdekaan dari Soekarno diketik oleh Sayuti Melik, dengan alasan....

Pembahasan Soal:

Naskah proklamasi yang dirumuskan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subarjo setelah selesai kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi dengan adanya beberapa perubahan, seperti: “tempoh” menjadi “tempo”; kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan nama “Soekarno-Hatta”; serta “Djakarta, 17-8-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05. Angka tahun ’05 adalah singkatan dari 2605 tahun Jepang, yang sama dengan tahun 1945. Tujuan perubahan tersebut agar tidak menimbulkan persepsi yang salah dari naskah proklamasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Naskah proklamasi kemerdekaan dari Soekarno diketik oleh Sayuti Melik, dengan alasan....

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik mengubah kata kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” dengan  “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan nama “Soekarno-Hatta” dari tulisan tangan Soekarno. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan perbedaan persepsi atas kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, jawabannya adalah A.

Roboguru

Sebutkan 5 tokoh Nasional dan masing masing perannya dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

Pembahasan Soal:

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melibatkan beberapa tokoh di dalamnya.  Masing-masing dari tokoh tersebut juga memiliki peranan penting, diantaranya adalah:

  1. Ir.Soekarno dengan perannya: penyusun teks proklamasi, penulis tek proklamasi dengan tangan, pembaca teks proklamasi, menandatangi teks proklamasi bersama Drs.Moh.Hatta atas nama bangsa Indonesia.
  2. Drs.Mohammad Hatta dengan perannya: penyusun teks proklamasi Pemberi ide kalimat teks proklamasi "hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya". Menandatangi teks proklamasi bersama Soekarno atas nama bangsa Indonesia
  3. Achmad Soebardjo dengan perannya: membebaskan Soekarno dan Hatta dari Rengasdengklok Penyusunan teks proklamasi Pemberi idel kalimat pada teks proklamasi "kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia".
  4. Sayuti Melik dengan perannya: berjasa mengetik naskah Proklamasi
  5. Sukarni dengan perannya: pemuda yang menjadi tokoh sentral peristiwa Rengasdengklok dan mendesak Soekarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, golongan tua dan golongan muda masing-masing memiliki perang dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

Roboguru

Jelaskan kontribusi tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa Proklamasi!

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik turut menjadi saksi penyusunan teks proklamasi kemerdekaan, di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Dalam hal ini, ia mewakili golongan pemuda bersama Sukarni. Saat proses penyusunan naskah proklamasi, Sayuti Melik membantu Ir. Soekarno. Sayuti Melik juga berperan mengetik naskah proklamasi dari tulisan tangan Soekarno dan melakukan beberapa penyesuaian agar tidak ada perbedaan persepsi. Dengan demikian, kontribusi tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa Proklamasi adalah menjadi saksi penyusunan teks proklamasi kemerdekaan bagi Golongan Muda dan berperan mengetik naskah proklamasi dari tulisan tangan Soekarno serta melakukan beberapa penyesuaian agar tidak ada perbedaan persepsi.

Roboguru

Beberapa perubahan yang terjadi di dalam teks proklamasi di antaranya adalah ….

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik melakukan tiga perubahan redaksi atas teks proklamasi, yaitu Kata "tempoh" diganti dengan kata "tempo", "wakil bangsa Indonesia" diganti dengan "atas nama bangsa Indonesia" dan cara menuliskan tanggal "Djakarta, 17-8-05" diganti menjadi "Djakarta, hari 17, boelan 08, tahoen 05".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved