Iklan

Iklan

Pertanyaan

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dirumuskan oleh ...

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dirumuskan oleh ...

  1. Sukarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subarjo

  2. Sukarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat

  3. Radjiman Wedyodiningrat, Sukarni, dan Sudiro

  4. Sukarno, Ahmad Subarjo, dan Sukarni

  5. Moh. Hatta, Wikana, dan A. G. Pringgodigdo

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

opsi jawaban benar adalah A.

opsi jawaban benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa untuk terbebas dari penjajahan bangsa luar, yaitu Belanda dan Jepang. Serangkaian peristiwa yang melatarbelakangi dibacakannya teks proklamasi sebagai tanda kemerdekaan Negara Republik Indonesiaadalah dengan menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Pasca penyerahan tersebut, gejolak sempat terjadi di antara Golongan Muda dan Golongan Tua terkait kemerdekaan Indonesia sehingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok. Hal ini terkaitpolemik untuk membicarakan kapan akan dibacakannya proklamasi. Meski sempat terjadi gejolak, akhirnya proklamasi dibacakan oleh Sukarno didampingi oleh Mohammad Hatta, 17 Agustus 1945. Adapun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan, merupakan naskah yang dirumuskan oleh tiga tokoh, yakni Ir. Sukarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Subarjo padadini hari 17 Agustus 1945, di kediaman Laksamana Tadashi Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No. 1). Peristiwa inidisaksikan oleh B. M. Diah, Sudiro dan Sayuti Melik. Naskah proklamasi semula ditulis tangan oleh Sukarno dengan usulan paragraf pertama muncul dari pemikiran Ahmad Subarjo dan paragraf kedua dari pemikiran Mohammad Hatta. Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan puncak perjuangan bangsa untuk terbebas dari penjajahan bangsa luar, yaitu Belanda dan Jepang. Serangkaian peristiwa yang melatarbelakangi dibacakannya teks proklamasi sebagai tanda kemerdekaan Negara Republik Indonesia adalah dengan menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Pasca penyerahan tersebut, gejolak sempat terjadi di antara Golongan Muda dan Golongan Tua terkait kemerdekaan Indonesia sehingga terjadi Peristiwa Rengasdengklok. Hal ini terkait polemik untuk membicarakan kapan akan dibacakannya proklamasi. Meski sempat terjadi gejolak, akhirnya proklamasi dibacakan oleh Sukarno didampingi oleh Mohammad Hatta, 17 Agustus 1945.

Adapun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan, merupakan naskah yang dirumuskan oleh tiga tokoh, yakni Ir. Sukarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Subarjo pada dini hari 17 Agustus 1945, di kediaman Laksamana Tadashi Maeda (kini Jalan Imam Bonjol No. 1). Peristiwa ini disaksikan oleh B. M. Diah, Sudiro dan Sayuti Melik. Naskah proklamasi semula ditulis tangan oleh Sukarno dengan usulan paragraf pertama muncul dari pemikiran Ahmad Subarjo dan paragraf kedua dari pemikiran Mohammad Hatta. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

adiyansyah

Pembahasan lengkap banget

Muh firman sa

Pembahasan lengkap banget

HILMI RIZQI FAIZANDIGA

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Siti Sabina Hutami

Ini yang aku cari!

novia.camabaFKH

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan tokoh-tokoh penting yang ikut dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia?

108

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia