Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk menangani berkurangnya persediaan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar, bioteknologi memproduksi bahan bakar yang berasal dari gula tebu dan pati, yaitu ....

Untuk menangani berkurangnya persediaan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar, bioteknologi memproduksi bahan bakar yang berasal dari gula tebu dan pati, yaitu .... 

  1. metana

  2. hidrogenundefined 

  3. alkoholundefined 

  4. asam sitratundefined 

  5. asam cuka

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bahan bakar hayati atau biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel termasuk bahan bakar yang ramah lingkungan. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Biofuel itu bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: Bioetanol Bioetanol adalah alkohol yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti gandum, tebu, jagung, singkong, ubi, buah-buahandan sayuran. Untuk mendapatkan alkohol, tumbuhan di atas harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu. Biodiesel Biodiesel adalah bahan bakar yang terbuat dari minyak tumbuhan seperti kedelai, minyak rapeseed (sejenis bunga), minyak buah jarak, minyak bunga matahari dan tumbuhan lainnya. Di Indonesia, biodiesel terbuat dari minyak sawit mentah. Biodiesel juga bisa dibuat dari minyak hewan, tapi kebanyakan negara di dunia membuatnya dari tumbuh-tumbuhan. Biogas Biogas adalah bahan bakar yang berasal dari hasil fermentasi sampah tumbuhan atau kotoran (manusia atau hewan). Saat difermentasi, sampah atau kotoran itu akan mengeluarkan gasyang disebut dengan biogas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Bahan bakar hayati atau biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel termasuk bahan bakar yang ramah lingkungan. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Biofuel itu bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Bioetanol
    Bioetanol adalah alkohol yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti gandum, tebu, jagung, singkong, ubi, buah-buahan dan sayuran. Untuk mendapatkan alkohol, tumbuhan di atas harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu.
     
  2. Biodiesel
    Biodiesel adalah bahan bakar yang terbuat dari minyak tumbuhan seperti kedelai, minyak rapeseed (sejenis bunga), minyak buah jarak, minyak bunga matahari dan tumbuhan lainnya. Di Indonesia, biodiesel terbuat dari minyak sawit mentah. Biodiesel juga bisa dibuat dari minyak hewan, tapi kebanyakan negara di dunia membuatnya dari tumbuh-tumbuhan.
     
  3. Biogas
    Biogas adalah bahan bakar yang berasal dari hasil fermentasi sampah tumbuhan atau kotoran (manusia atau hewan). Saat difermentasi, sampah atau kotoran itu akan mengeluarkan gas yang disebut dengan biogas.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space

Latihan Bab

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Konsep Dasar Bioteknologi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Prinsip biokteknologi industri adalah....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia