Roboguru

Manfaat dari biogas dan biodisel?

Pertanyaan

Manfaat dari biogas dan biodisel?undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Biogas merupakan gas yang berasal dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik, termasuk diantaranya seperti: kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama pada biogas yaitu metana dan karbondioksida. Biogas dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan, pengganti gas LPG, menghasilkan pupuk organik, memanfaatkan sampah lingkungan, dan pembangkit listrik.undefined 
Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak nabati, atau biodiesel merupakan bahan bakar untuk mesin diesel yang berasal dari minyak nabati setelah melalui proses kimia. Biasanya sumber minyak nabati berasal dari minyak kelapa, minyak biji jarak, minyak sawit dan sebagainya. Biodiesel merupakan bahan bakar yang dapat mengurangi kerusakan pada lingkungan artinya bahan bakar ini sangat ramah terhadap lingkungan. Adapun manfaat dari biodiesel antara lain:undefined 

 

  • Mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur dan hujan asamundefined 
  • Biodiesel yang berasal dari minyak goreng bekas akan mengurangi beban sampah atau limbah bagi lingkunganundefined 
  • Biodiesel yang berasal dari tumbuhan (nabati) tidak menghasilkan gas karbondioksida setinggi bahan bakar fosilundefined 
  • Energi dari mesin diesel yang menggunakan biodiesel lebih sempurna dibanding menggunakan solarundefined 
  • Pembakaran biodiesel cenderung tidak menghasilkan asam hitam seperti pembakaran solar. Selain itu, aroma khas pembakaran biodiesel mirip dengan aroma minyak bekas menggoreng makanan.undefined 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Data

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana peranan bioteknologi dalam usaha mengatasi krisis energi?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme secara langsung untuk membantu kehidupan manusia. Namun, bioteknologi juga dapat memanfaatkan hasil produk dari suatu organisme. Salah satu bioteknologi yang dapat berperan penting untuk mengatasi krisis energi adalah biofuel atau bahan bakar hayati. Bahan bakar hayati merupakan setiap bahan bakar yang dapat dihasilkan dari bahan organik, contohnya adalah biogas dan bioetanol. 

Jadi, produk bioteknologi seperti biogas dan bioetanol memiliki peranan penting sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang murah dan ramah lingkungan sehingga menjadi salah satu cara mengatasi krisis energi.

0

Roboguru

Bagaimana peranan bioteknologi dalam usaha mengatasi krisis energi?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme atau produk yang dihasilkan oleh organisme dengan bantuan teknologi untuk penyediaan barang dan jasa bagi kepentingan manusia. Salah satu bioteknologi yang berperan penting untuk mengatasi krisis energi adalah biofuel atau bahan bakar hayati. Bahan bakar hayati merupakan setiap bahan bakar yang dihasilkan dari bahan-bahan organik, contohnya adalah biogas dan bioetanol.

  1. Biogas merupakan gas yang dihasilkan dari fermentasi limbah organik, contohnya kotoran sapi yang difermentasi oleh bakteri metanogen. Kandungan yang terdapat di dalam biogas kebanyakan adalah metana (55-75%) diikuti oleh karbondioksida dan gas-gas lain sehingga dapat menggantikan gas elpiji yang kita gunakan sehari-hari. Gas ini dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk penerangan (lampu) dan pemanasan (memasak).  Misalnya, 0,5kg kotoran sapi dapat menghasilkan gas untuk memasak selama satu hari.
  2. Bioetanol adalah alkohol atau etanol yang dihasilkan melalui fermentasi karbohidrat, contohnya fermentasi singkong, tebu, gandum, dll. Bioetanol biasanya digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Selain murah, biogas dan bioetanol tidak meningkatkan kadar karbon di atmosfer sehingga tidak mencemari lingkungan seperti bahan bakar fosil.  Pemanfaatan biogas juga dapat membantu memanajemen limbah organik yang biodegradable. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bioteknologi seperti biogas dan bioetanol memiliki peranan penting sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang murah dan ramah lingkungan.
 

0

Roboguru

Apa persamaan biogas dan biodisel?

Pembahasan Soal:

Persamaan biogas dan biodisel adalah keduanya merupakan jenis biofuel. Biofuel adalah energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman. Biofuel dianggap energi terbarukan, mengurangi peran dari bahan bakar fosil dan telah mendapat perhatian dalam transisi ke ekonomi rendah karbon.undefined 

0

Roboguru

Bahan bakar gasohol (alkohol) dan gas bio (metana) merupakan produk bioteknologi yang menggunakan prinsip ...

Pembahasan Soal:

Bioetanol atau gasohol serta biogas merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat digunakan di bidang energi. Bioetanol dalam proses pembuatannya melibatkan fermentasi gula yang dapat berasal dari limbah pertanian seperti tongkol jagung. Selain bioetanol, biogas juga menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang dihasillan dari proses respirasi anaerobik (fermentasi) mikroorganisme pada limbah seperti limbah pertanian dan pupuk kandang.

Sehingga, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Sebutkan dampak positif dan negatif penerapan bioteknologi!

Pembahasan Soal:

Dampak positif pemanfaatan bioteknologi:

  1. Di bidang kesehatan dapat digunakan untuk pembuatan antibiotik. Penicillium chrysogenum dapat digunakan untuk pembuatan antibiotik penisilin.
  2. Di bidang energi dapat menyediakan sumber energi  alternatif yang ramah lingkungan. Penerapan bioteknologi dapat digunakan untuk mengolah biogas dari limbah organik dengan memanfaatkan organisme 
  3. Di bidang lingkungan dapat membantu  mengatasi pencemaran. Limbah tumpahan minyak dapat diatasi dengan memanfaatkan prinsip bioteknologi menggunakan bakteri Pseudomonas sp. 

Dampak negatif pemanfaatan bioteknologi:

  1. Penyebaran bakteri strain secara liar. Sebagai contoh strain bakteri yang dapat menjadi pembersih tumpahan minyak di lautan dengan mengonsumsinya harus diawasi karena berbahaya jika berada di tempat-tmepat seperti pengeboran minyak.
  2. Penyalahgunaan senjata biologis. Senjata biologis yang berasal dari bakteri atau virus dan bersifat toksik dan patogen menjadi senjata sangat berbahaya karena dapat berkembang biak secara liar sehingga keberadaannya lestari.  

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved