Roboguru
SD

Untuk dapat mengkontraksikan otot dibutuhkan energi. Sumber energi utama dalam proses kontraksi otot adalah ATP, namun ATP hanya bertahan selama beberapa detik. Setelah itu energi akan digantikan oleh Fosfokreatin (PCr) yang akan bertahan sedikit lebih lama. Setelah PCr habis akan digantikan menggunakan glikogen. Glikogen memiliki dua jalur metabolisme. Metabolisme pertama adalah jalur respirasi aerob (dengan oksigen), jalur ini menghasilkan energi lebih banyak namun membutuhkan waktu lebih lama. Jalur kedua adalah metabolisme dalam bentuk respirasi anaerob (tanpa oksigen), menghasilkan energi lebih sedikit namun dalam waktu cepat. Grafik berikut menunjukkan penggunaan berbagai jenis sumber energi untuk kerja otot yang direpresentasikan dengan garis berbeda-beda. Sumbu X menunjukkan waktu, sumbu Y menunjukkan energi. Berdasarkan grafik tersebut, garis A, B, C, dan D yang benar adalah ….

Pertanyaan

Untuk dapat mengkontraksikan otot dibutuhkan energi. Sumber energi utama dalam proses kontraksi otot adalah ATP, namun ATP hanya bertahan selama beberapa detik. Setelah itu energi akan digantikan oleh Fosfokreatin (PCr) yang akan bertahan sedikit lebih lama. Setelah PCr habis akan digantikan menggunakan glikogen. Glikogen memiliki dua jalur metabolisme. Metabolisme pertama adalah jalur respirasi aerob (dengan oksigen), jalur ini menghasilkan energi lebih banyak namun membutuhkan waktu lebih lama. Jalur kedua adalah metabolisme dalam bentuk respirasi anaerob (tanpa oksigen), menghasilkan energi lebih sedikit namun dalam waktu cepat. Grafik berikut menunjukkan penggunaan berbagai jenis sumber energi untuk kerja otot yang direpresentasikan dengan garis berbeda-beda. Sumbu X menunjukkan waktu, sumbu Y menunjukkan energi.

Berdasarkan grafik tersebut, garis A, B, C, dan D yang benar adalah ….

  1. A adalah kreatin fosfat

  2. A adalah respirasi anaerob

  3. B adalah PCr

  4. C adalah ATP

  5. D adalah respirasi aerob

Y. Ari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan

ATP merupakan sumber energi utama dalam proses kontraksi otot, oleh karena itu ATP akan selalu siap digunakan, namun hanya dapat digunakan sebentar. Maka grafik yang cocok adalah A, energi siap digunakan dan hanya berlangsung beberapa detik. Energi selanjutnya akan digantikan oleh Fosfokreatin (PCr) yang akan bertahan sedikit lebih lama. Maka grafik yang sesuai adalah B. Setelah PCr habis akan digantikan menggunakan glikogen dengan dua jalur metabolisme. Metabolisme pertama adalah jalur respirasi aerob (dengan oksigen), jalur ini menghasilkan energi lebih banyak namun membutuhkan waktu lebih lama. Karena membutuhkan waktu lebih lama maka grafik yang sesuai adalah D, energi terbentuk setelah sekian waktu. Terakhir jalur kedua adalah metabolisme dalam bentuk respirasi anaerob (tanpa oksigen), menghasilkan energi lebih sedikit namun dalam waktu cepat, sehingga grafik yang tepat C.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah E.

321

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Sumber kalsium yang berperan dalam kontraksi otot rangka berasal dari ….

104

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia