Iklan

Iklan

Pertanyaan

Unsur-unsur 13 ​ X ; 8 ​ Y ; dan 9 ​ Z dapat membentuk senyawa dengan rumus kimia dan ikatan .... (1) X 2 ​ Y 3 ​ ; ikatan ion (2) XZ 3 ​ ; ikatan ion (3) YZ 2 ​ ;ikatan kovalen (4) X 3 ​ Y ;ikatan kovalen

Unsur-unsur ; ; dan  dapat membentuk senyawa dengan rumus kimia dan ikatan ....

(1) ; ikatan ion  

(2) ; ikatan ion

(3) ; ikatan kovalen

(4) ; ikatan kovalen  

  1. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar.

  2. Jika jawaban (1) dan (3) yang benar.

  3. Jika jawaban (2} dan (4) yang benar.

  4. Jika hanya jawaban (4) yang benar.

  5. Jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar.

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benaradalah A.

jawaban yang benar adalah A.space

Iklan

Pembahasan

Ikatan ion terjadi karena atom-atom yang mempunyai energi ionisasi rendah (mudah melepas elektron) akan melepaskan elektronnya dan membentuk ion positif. Elektron yang dilepas akan ditangkap oleh atom yang mempunyai afinitas elektron besar (mudah menarik elektron) unruk membentuk ion negatif. Ion positif dan ion negatif yang terbentuk, selanjutnya akan saling tarik-menarik dengan gaya elektrostatis membentuk senyawa yang netral. Jumlah ion negatif dan positif dalam senyawa yang terbentuk mempunyai perbandingan sedemikian rupa sehingga akan membentuk senyawa netral. Sedangkan, ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berikatan. Proses pembentukan senyawa dan jenis ikatan dari unsur X, Y, dan Z sebagai berikut. Langkah 1 : Menentukan konfigurasi elektron masing-masing atom. Konfigurasi elektron adalah . X akan mencapai kestabilan dengan melepaskan 3 elektron terluar membentuk kation . Konfigurasi elektron adalah . Yakan mencapai kestabilan dengan menangkap2elektron terluar membentuk anion ataupun memakai pasangan elektron bersama dengan atom lain. Konfigurasi elektron adalah . Zakan mencapai kestabilan dengan menangkap 1elektron terluar membentuk anion ataupun memakai pasangan elektron bersama dengan atom lain. Langkah 2 : Meramalkan senyawa yang terbentuk melalui proses ikatan yang terbentuk. (1)2 buahion akan tarik-menarik dengan 3ion membentuk senyawa netral sesuai reaksi berikut. Senyawa terbentuk melalui ikatan ion. (2) Ion akan tarik-menarik dengan ion , dimana untuk menyeimbangkan muatan maka ion akan mengikat 3 ion sehingga terbentuk senyawa netral sesuai reaksi berikut. Senyawa terbentuk melalui ikatan ion. (3) Y dan Z sama-sama membutuhkan elektron untuk mencapai kestabilan. Oleh karena itu, senyawa yang akan terbentuk melalui ikatan kovalen yakni atom Y menyumbangkan 2 elektron dan 2 atom Z menyumbangkan 2 elektron membentuk senyawa . Dengan demikian, senyawa dengan rumus kimia dan ikatan yang sesuai adalah(1), (2), dan (3). Jadi, jawaban yang benaradalah A.

Ikatan ion terjadi karena atom-atom yang mempunyai energi ionisasi rendah (mudah melepas elektron) akan melepaskan elektronnya dan membentuk ion positif. Elektron yang dilepas akan ditangkap oleh atom yang mempunyai afinitas elektron besar (mudah menarik elektron) unruk membentuk ion negatif. Ion positif dan ion negatif yang terbentuk, selanjutnya akan saling tarik-menarik dengan gaya elektrostatis membentuk senyawa yang netral. Jumlah ion negatif dan positif dalam senyawa yang terbentuk mempunyai perbandingan sedemikian rupa sehingga akan membentuk senyawa netral. Sedangkan, ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berikatan.

Proses pembentukan senyawa dan jenis ikatan dari unsur X, Y, dan Z sebagai berikut.

Langkah 1 : Menentukan konfigurasi elektron masing-masing atom.

  • Konfigurasi elektron X presubscript 13 adalah open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 1. X akan mencapai kestabilan dengan melepaskan 3 elektron terluar membentuk kation X to the power of 3 plus sign.
  • Konfigurasi elektron Y presubscript 8 adalah open square brackets He close square brackets space 2 s squared space 2 p squared. Y akan mencapai kestabilan dengan menangkap 2 elektron terluar membentuk anion Y to the power of 2 minus sign ataupun memakai pasangan elektron bersama dengan atom lain.
  • Konfigurasi elektron Z presubscript 9 adalah open square brackets He close square brackets space 2 s squared space 2 p to the power of 5. Z akan mencapai kestabilan dengan menangkap 1 elektron terluar membentuk anion Z to the power of minus sign ataupun memakai pasangan elektron bersama dengan atom lain.

Langkah 2 : Meramalkan senyawa yang terbentuk melalui proses ikatan yang terbentuk.

(1) 2 buah ion X to the power of 3 plus sign akan tarik-menarik dengan 3 ion Y to the power of 2 minus sign membentuk senyawa netral X subscript 2 Y subscript 3 sesuai reaksi berikut.

2 X to the power of 3 plus sign and 3 Y to the power of 2 minus sign yields X subscript 2 Y subscript 3 

Senyawa X subscript 2 Y subscript 3 terbentuk melalui ikatan ion.

(2) Ion X to the power of 3 plus sign akan tarik-menarik dengan ion Z to the power of minus sign, dimana untuk menyeimbangkan muatan maka ion X to the power of 3 plus sign akan mengikat 3 ion Z to the power of minus signsehingga terbentuk senyawa netral XZ subscript 3 sesuai reaksi berikut.

X to the power of 3 plus sign and 3 Z to the power of minus sign yields XZ subscript 3  

Senyawa XZ subscript 3 terbentuk melalui ikatan ion.

(3) Y dan Z sama-sama membutuhkan elektron untuk mencapai kestabilan. Oleh karena itu, senyawa yang akan terbentuk melalui ikatan kovalen yakni atom Y menyumbangkan 2 elektron dan 2 atom Z menyumbangkan 2 elektron membentuk senyawa YZ subscript 2.

Dengan demikian, senyawa dengan rumus kimia dan ikatan yang sesuai adalah  (1), (2), dan (3).

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah.... Ikatan ion terjadi akibat adanya ion positif dan negatif yang tarik-menarik dengan gaya elektrostatis. Dua atom yang keduanya mempunyai harg...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia