Pertanyaan

Beberapa senyawa berikut: H 2 ​ SO 4 ​ KNO 3 ​ NH 4 ​ Cl H 2 ​ C 2 ​ O 4 ​ CH 3 ​ Cl Yang mempunyai ikatan ion dan kovalen dalam senyawa tersebut adalah ... (No. atom H = 1 , S = 16 , O = 8 , K = 19 , N = 7 , Cl = 17 , C = 6 )

Beberapa senyawaspaceberikut:

Yang mempunyai ikatan ion dan kovalen dalam senyawa tersebut adalahspace... (No. atom  

  1. 1 danspace2

  2. 2 danspace3

  3. 3 danspace4

  4. 4 danspace5

  5. 1 danspace5

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalahspaceB.

Pembahasan

Di dalam suaru molekul, kadang-kadang terdapat ikatan kovalen dan ikatan ion. Bahkan, dapat juga terdapat ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan kovalen koordinasi sekaligus. Untuk itu, penggambaran struktur Lewisnya harus jelas, mana yang menjadi ion positif dan mana yang menjadi ion negatif. Pada senyawa , terjadi ikatan ion antara ion dengan ion , sedangkan ikatan kovalen terjadi antara atom dengan atom pada . Pada senyawa terjadi ikatan ion antara ion dengan ion sedangkan ikatan kovalen koordinasi terjadi antara molekul dengan ion Ikatan kovalen terjadi antara atom dengan atom pada . Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Di dalam suaru molekul, kadang-kadang terdapat ikatan kovalen dan ikatan ion. Bahkan, dapat juga terdapat ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan kovalen koordinasi sekaligus. Untuk itu, penggambaran struktur Lewisnya harus jelas, mana yang menjadi ion positif dan mana yang menjadi ionspacenegatif.

Pada senyawa K N O subscript 3, terjadi ikatan ion antara ion K to the power of plus sign dengan ion N O subscript 3 to the power of minus sign, sedangkan ikatan kovalen terjadi antara atom N dengan atom O pada N O subscript 3 to the power of minus sign.

Pada senyawa N H subscript 4 Cl comma terjadi ikatan ion antara ion N H subscript 4 to the power of plus dengan ion Cl to the power of minus sign sedangkan ikatan kovalen koordinasi terjadi antara molekul N H subscript 3 dengan ion H to the power of plus sign point Ikatan kovalen terjadi antara atom N dengan atom H pada N H subscript 3.

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceB.

1rb+

3.5 (2 rating)

Sndrobkri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Pertanyaan serupa

Di antara pernyataan berikut yang benar adalah.... Ikatan ion terjadi akibat adanya ion positif dan negatif yang tarik-menarik dengan gaya elektrostatis. Dua atom yang keduanya mempunyai harg...

922

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia