Roboguru

Tuliskanlah ringkasan kedua paragraf di atas dengan tepat!

Pertanyaan

Tuliskanlah ringkasan kedua paragraf di atas dengan tepat!space 

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan adalah teks yang digunakan untuk memberikan penilaian baik berupa pujian maupun kritik terhadap suatu teks atau karya sastra lainnya. Untuk meringkas teks tanggapan, langkah-langkahnya adalah:

  1. Membaca keseluruhan teks tanggapan
  2. Menemukan gagasan pokok masing-masing paragrafnya
  3. Menarik simpulan

Setelah dibaca, gagasan pokok pada masing-masing paragraf teks tersebut, yaitu munculnya berbagai permasalahan moral yang dilakukan oleh pelajar dan permasalahan tersebut membutuhkan proses panjang untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan teks tersebut berisi tanggapan penulis mengenai permasalahan moral remaja tidak bisa diselesaikan begitu saja.

Dengan demikian, ringkasan dari kedua paragraf tersebut adalah permasalahan moral remaja tidak bisa diselesaikan begitu saja.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah ringkasan dari kutipan teks tanggapan tersebut!

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah penyajian tulisan dalam bentuk yang ringkas atau singkat. Penulisan ringkasan tetap mempertahankan urutan (baik isi maupun sudut pandang) dari tulisan yang diringkas. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meringkas adalah membaca teks dengan cermat. Kemudian, carilah pokok pikiran teks tersebut dan menyusun pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu. Teks tersebut berisi tentang perfilman Indonesia, khususnya film horor. Selain itu, ada pendapat dari Joko Anwar sebagai sutradara sebuah film.

Dengan demikian, ringkasan dari kutipan teks tanggapan tersebut adalah Dunia perfilman Indonesia saat ini sudah mulai berkembang, salah satunya film horor. Kini film horor memiliki cerita dan karakter yang jelas. Film horor juga dibuat dengan jalan cerita yang seru. Menurut sutradara Joko Anwar, peningkatan film Indonesia saat ini semakin maju dan dibuat lebih serius. Bahkan film Indonesia juga masuk festival bergengsi. Proses casting dilakukan untuk mendapatkan karakter luar biasa, seperti pemain film Pengabdi Setan.space

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan membaca intensif?

Pembahasan Soal:

Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh sungguh dan teliti untuk mencari inti suatu bacaan.space 

0

Roboguru

Rangkuman dari bacaan tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks pada soal adalah teks tanggapan karena berisi komentar penulis atas suatu hal. Hal yang dikomentari penulis adalah soal kemacetan Jakarta. Untuk merangkum teks tanggapan, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Membaca teks tanggapan yang diberikan dengan teliti
  2. Mencatat gagasan pokok  dari tiap paragraf teks tanggapan yang diberikan
  3. Menyusun kembali karangan singkat berdasarkan gagasan yang diperoleh

Teks tanggapan pada soal bukanlah teks yang lengkap. Oleh karenanya, gagasan pokok yang diperoleh dapat disusun kembali menjadi sebuah kalimat. Gagasan pokok pada paragraf pertama adalah kemacetan lalu lintas di Jakarta, sedangkan pada paragraf kedua adalah saran penulis untuk mengurai penyebab kemacetan Jakarta. Jika disusun kembali, rangkuman yang tepat dari teks tersebut adalah  "Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya." 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space  

0

Roboguru

Rangkuman yang tepat dari kutipan isi buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks tanggapan merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi suatu teks, yaitu dapat berupa teks sastra, artikel, berita, ataupun karya seni pertunjukan. 

Kutipan buku tersebut membahas penggunaan akses media sosial berdasarkan tingkat usia anak-anak.

Rangkuman yang tepat dari kutipan isi buku tersebut adalah anak-anak yang ingin mengakses media sosial perlu mempertimbangkan usianya karena jika terlalu dini memberikan kesempatan kepada anak-anak, bisa berdampak negatif.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space  

0

Roboguru

Perhatikan langkah-langkah dalam menyusun rangkuman di bawah ini!   Mencatat ide pokok tiap-tiap bab atau sub bab Membaca wacana secara keseluruhan Menyusun rangkuman Menyusun kerangka rangkuma...

Pembahasan Soal:

Rangkuman adalah hasil dari kegiatan merangkum atau suatu hasil dari kegiatan meringkas suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proposional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.

Dalam membuat sebuah rangkuman diperlukan yang namanya teknik atau cara merangkum. Langkah pertama untuk merangkum adalah membaca wacana secara keseluruhan agar memahami isi dari wacana tersebut. Selanjutnya mencatat identitas buku berupa judul, pengarang atau penulis, tahun terbit, penerbit, dan tebal halaman. Lalu catatlah ide pokok tiap-tiap bab atau sub bab untuk memudahkan membuat kerangka rangkuman. Kemudian susun kerangka rangkuman berdasarkan ide pokok setiap bab atau subab.  Setelah itu susunlah rangkuman secara urut dan jelas. Jadi, urutan langkah-langkah yang tepat dalam menyusun rangkuman yaitu:

(2) Membaca wacana secara keseluruhan
(5) Mencatat identitas buku
(1) Mencatat ide pokok tiap-tiap bab atau sub bab
(4) Menyusun kerangka rangkuman
(3) Menyusun rangkuman

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved