Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Kanker leher rahim (serviks) merupakan penyebab angka kesakitan dan kematian tertinggi kasus kanker pada perempuan di Indonesia. Serviks adalah bagian ujung depan rahim di dalam vagina. Hal itu bisa dilakukan dengan vaksinasi untuk mencegah penyakit sejak usia sepuluh tahun. Kanker serviks disebabkan human papillomavirus (HPV). Ada puluhan tipe HPV. Jenis yang banyak menyebabkan kanker serviks adalah tipe 16 dan 18 yang bisa mencapai 70 persen. Kanker serviks ditandai dengan gejala keputihan, pendarahan spontan, pendarahan setelah kontak seksual, dan nyeri panggul. Pada stadium awal, bisa tanpa gejala sehingga deteksi dini sangat dianjurkan karena penyakit ini bisa dicegah sejak dini.space

Tuliskan verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut!

Tuliskan verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut! 

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut adalah kata "penyebab", "disebabkan", dan "menyebabkan".

verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut adalah kata "penyebab", "disebabkan", dan "menyebabkan".space

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses. Salah satu ciri kebahasaan yang digunakan pada teks eksplanasi adalah adanya penggunaan verba kausatif. Verba kausatif adalah kata kerja yang menyatakan makna kausalitas. Kausalitas itu sendiri diartikan sebagai hubungan sebab akibat. Contoh kata verba kausatif, diantaranya: penyebab , menyebabkan, mengakibatkan, disebabkan, diakibatkan, menimbulkan, berdampak pada, berakibat pada , dsb. Berikut ini adalah analisis kebahasaan verba kausatif yang terdapat pada teks eksplanasi di atas, yaitu: Pada kalimat (1) yang berbunyi "Kanker leher rahim (serviks) merupakan penyebab angka kesakitan dan kematian tertinggi kasus kanker pada perempuan di Indonesia." verba kausatifnya adalah pada kata " penyebab ". Pada kalimat (2) yang berbunyi "Serviks adalah bagian ujung depan rahim di dalam vagina." tidak terdapat verba kausatif. Pada kalimat (3) yang berbunyi "Hal itu bisa dilakukan dengan vaksinasi untuk mencegah penyakit sejak usia sepuluh tahun." tidak terdapat verba kausatif. Pada kalimat (4) yang berbunyi "Kanker serviks disebabkan human papillomavirus (HPV)." verba kausatifnya adalah pada kata " disebabkan " . Pada kalimat (5) yang berbunyi "Ada puluhan tipe HPV." tidak terdapat verba kausatif. Pada kalimat (6) yang berbunyi "Jenis yang banyak menyebabkan kanker serviks adalah tipe 16 dan 18 yang bisa mencapai 70 persen. " verba kausatifnya adalah pada kata " menyebabkan " . Pada kalimat (7) yang berbunyi "Kanker serviks ditandai dengan gejala keputihan, pendarahan spontan, pendarahan setelah kontak seksual, dan nyeri panggul. " tidak terdapat verba kausatif. Pada kalimat (8) yang berbunyi "Pada stadium awal, bisa tanpa gejala sehingga deteksi dini sangat dianjurkan karena penyakit ini bisa dicegah sejak dini." tidak terdapat verba kausatif. Dengan demikian, verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut adalah kata "penyebab", "disebabkan", dan "menyebabkan".

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "mengapa" dan "bagaimana" kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Salah satu ciri kebahasaan yang digunakan pada teks eksplanasi adalah adanya penggunaan verba kausatif. Verba kausatif adalah kata kerja yang menyatakan makna kausalitas. Kausalitas itu sendiri diartikan sebagai hubungan sebab akibat. Contoh kata verba kausatif, diantaranya: penyebab, menyebabkan, mengakibatkan, disebabkan, diakibatkan, menimbulkan, berdampak pada, berakibat pada, dsb.

Berikut ini adalah analisis kebahasaan verba kausatif yang terdapat pada teks eksplanasi di atas, yaitu:

  • Pada kalimat (1) yang berbunyi "Kanker leher rahim (serviks) merupakan penyebab angka kesakitan dan kematian tertinggi kasus kanker pada perempuan di Indonesia."  verba kausatifnya adalah pada kata "penyebab".
  • Pada kalimat (2) yang berbunyi "Serviks adalah bagian ujung depan rahim di dalam vagina." tidak terdapat verba kausatif.
  • Pada kalimat (3) yang berbunyi "Hal itu bisa dilakukan dengan vaksinasi untuk mencegah penyakit sejak usia sepuluh tahun." tidak terdapat verba kausatif.
  • Pada kalimat (4) yang berbunyi "Kanker serviks disebabkan human papillomavirus (HPV)." verba kausatifnya adalah pada kata "disebabkan".
  • Pada kalimat (5) yang berbunyi "Ada puluhan tipe HPV." tidak terdapat verba kausatif.
  • Pada kalimat (6) yang berbunyi "Jenis yang banyak menyebabkan kanker serviks adalah tipe 16 dan 18 yang bisa mencapai 70 persen." verba kausatifnya adalah pada kata "menyebabkan".
  • Pada kalimat (7) yang berbunyi "Kanker serviks ditandai dengan gejala keputihan, pendarahan spontan, pendarahan setelah kontak seksual, dan nyeri panggul." tidak terdapat verba kausatif.
  • Pada kalimat (8) yang berbunyi "Pada stadium awal, bisa tanpa gejala sehingga deteksi dini sangat dianjurkan karena penyakit ini bisa dicegah sejak dini." tidak terdapat verba kausatif.


Dengan demikian, verba kausatif yang terdapat dalam teks tersebut adalah kata "penyebab", "disebabkan", dan "menyebabkan".space

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata merupakan dalam kalimat pertama teks tersebut menjadi petunjuk bahwa pernyataan tersebut berisi ....

247

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia