Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
 

Hal yang mendominasi kemiskinan secara global adalah faktor perilaku dan struktur sosial. Contoh faktor perilaku, antara lain sikap konsumtif, mementingkan gengsi daripada kebutuhan, dan penggunaan keuangan yang tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima. Selain perilaku konsumtif, masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginan daripada kebutuhan pokok. Rokok, telepon selular, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang. Akibatnya pemasukan tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.space 

Kaidah kebahasaan yang tampak pada kalimat keempat adalah ....

Kaidah kebahasaan yang tampak pada kalimat keempat adalah ....space 

  1. istilah bidangspace 

  2. konjungsi koordinatifspace 

  3. konjungsi kausalitasspace 

  4. konjungsi temporal sederajatspace 

  5. konjungsi temporal tidak sederajatspace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan B.

jawaban yang tepat ialah pilihan B.

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi ialah teks yang memuat penjelasan tentang penyebab atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang disertai dengan urutan kejadian peristiwa tersebut. Selain itu, terdapat gagasan umum dan berbagai fakta penting dalam menjelaskan urutan peristiwa. Kaidah kebahasaan teks eksplanasi: Penggunaan konjungsi temporal Konjungsi temporal menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Konjungsi temporal terbagi menjadi dua, yaitu konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tidak sederajat. Konjungsi temporal sederajat biasa digunakan pada kalimat majemuk setara dan konjungsinya tidak boleh diletakkan di awal dan akhir kalimat, misalnya sebelumnya, sesudahnya, lalu, kemudian, selanjutnya . Konjungsi temporal tidak sederajat biasa digunakan pada kalimat majemuk dan boleh diletakkan di sembarang pola kalimat (awal, tengah, dan akhir kalimat), misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, seraya, waktu, setelah, sesudah, dan tatkala . Penggunaan konjungsi kausalitas Konjungsi kausalitas menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Bila anak kalimat ditandai oleh konjungsi sebab, induk kalimat merupakanakibatnya. Kata-kata yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausalitas adalah sebab, oleh karena itu, karena, oleh sebab itu, dan sehingga. Penggunaan istilah teknis Istilah teknis merupakan istilah yang digunakan pada bidang tertentu . Misalnya, ketikamembahas tentang fenomena alam seperti banjir, longsor, dan gempa bumi, akan ditemukanberbagai istilah geografi yang digunakan, seperti DAS, drainase, elemen, erupsi,kerak, material, sedimentasi, tektonik, dan vulkanik . Kutipan: Rokok, telepon selular, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yangdapat menghabiskan uang. Pada kutipan tersebut terdapat konjungsi koordinatif " dan ". Konjungsi koordinatif merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan antara unsur-unsur yang sederajat . Konjungsi dan pada kutipan di atas bermakna penambahan . Sehingga, kaidah kebahasaan yang tampak pada kalimat keempat adalah konjungsi koordinatif . Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan B.

Teks eksplanasi ialah teks yang memuat penjelasan tentang penyebab atau latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang disertai dengan urutan kejadian peristiwa tersebut. Selain itu, terdapat gagasan umum dan berbagai fakta penting dalam menjelaskan urutan peristiwa.

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi:

  1. Penggunaan konjungsi temporal
    Konjungsi temporal menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Konjungsi temporal terbagi menjadi dua, yaitu konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tidak sederajat. Konjungsi temporal sederajat biasa digunakan pada kalimat majemuk setara dan konjungsinya tidak boleh diletakkan di awal dan akhir kalimat, misalnya sebelumnya, sesudahnya, lalu, kemudian, selanjutnya. Konjungsi temporal tidak sederajat biasa digunakan pada kalimat majemuk dan boleh diletakkan di sembarang pola kalimat (awal, tengah, dan akhir kalimat), misalnya apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sebelum, sampai, sedari, sejak, selama, semenjak, seraya, waktu, setelah, sesudah, dan tatkala.
  2. Penggunaan konjungsi kausalitas
    Konjungsi kausalitas menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Bila anak kalimat ditandai oleh konjungsi sebab, induk kalimat merupakan akibatnya. Kata-kata yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausalitas adalah sebab, oleh karena itu, karena, oleh sebab itu, dan sehingga.
  3. Penggunaan istilah teknis
    Istilah teknis merupakan istilah yang digunakan pada bidang tertentu. Misalnya, ketika membahas tentang fenomena alam seperti banjir, longsor, dan gempa bumi, akan ditemukan berbagai istilah geografi yang digunakan, seperti DAS, drainase, elemen, erupsi, kerak, material, sedimentasi, tektonik, dan vulkanik

Kutipan:

Rokok, telepon selular, pakaian bermerk, dan jalan-jalan merupakan contoh kesenangan sesaat yang dapat menghabiskan uang.

Pada kutipan tersebut terdapat konjungsi koordinatif "dan". Konjungsi koordinatif merupakan konjungsi yang menyatakan hubungan antara unsur-unsur yang sederajat. Konjungsi dan pada kutipan di atas bermakna penambahan.

Sehingga, kaidah kebahasaan yang tampak pada kalimat keempat adalah konjungsi koordinatif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan B.

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Abet Nessa Sihombing

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tugas kalian adalah mengubah kalimat berikut menggunakan tiga bentuk hubungan sebab-akibat: konjungsi, kata kerja, dan kata benda. b) “Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud me...

49

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia