Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa berikut! SCl 4 ​

Tuliskan struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa berikut!

 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

setiap atom Cl menggunakan 1 buah elektronnya bersamadengan 1 buah elektron dari atom S dan masih terdapat sepasang elektron bebas. Jika diamati, semua atom Cl dalam senyawa SCl 4 ​ telah mencapai kaidah oktet (8 elektron), sedangkan atom S memiliki 12 buah elektron di sekelilingnya. Hal ini termasuk dalam penyimpangan kaidah oktet, dimana atom pusat memiliki elektron berjumlah kurang dari 8 atau lebih dari 8, tetapi senyawa yang dibentuknya bersifat stabil.

setiap atom Cl menggunakan 1 buah elektronnya bersama dengan 1 buah elektron dari atom S dan masih terdapat sepasang elektron bebas. Jika diamati, semua atom Cl dalam senyawa  telah mencapai kaidah oktet (8 elektron), sedangkan atom S memiliki 12 buah elektron di sekelilingnya. Hal ini termasuk dalam penyimpangan kaidah oktet, dimana atom pusat memiliki elektron berjumlah kurang dari 8 atau lebih dari 8, tetapi senyawa yang dibentuknya bersifat stabil.space

Iklan

Pembahasan

Struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa SCl 4 ​ adalah sebagai berikut. Struktur Lewis merupakan penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron . Struktur Lewis memuat lambang atom yang di sekelilingnya terdapat tanda titik, silang, atau bulatan kecil yang menggambarkan elektron valensi atom yang berikatan. Struktur ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan . Sebelum menggambarkan struktur Lewis senyawa SCl 4 ​ , maka perlu diketahui elektron valensi dari unsur Sdan Cl. Untuk menentukan elektron valensi, perlu dibuat konfigurasi elektronnya. Konfigurasi elektron dari atom Sdan Cl adalah sebagai berikut. 16 ​ S 17 ​ Cl ​ = = ​ [ 10 ​ Ne ] 3 s 2 3 p 4 [ 10 ​ Ne ] 3 s 2 3 p 5 ​ Berdasarkan konfigurasi elektron di atas, diketahui bahwa elektron valensi atom Sadalah 6dan elektron valensi atom Cl adalah 7. Pada senyawa SCl 4 ​ , atom Sberikatan dengan 4 buah atom Cl dan membentuk ikatan kovalen. Struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa SCl 4 ​ adalah sebagai berikut. Atom klor (Cl) memerlukan sebuah elektron untuk memenuhi kaidah oktet, sedangkan atom belerang(S) memiliki 6 buah elektron valensi. Oleh karena itu, setiap atom Cl menggunakan 1 buah elektronnya bersamadengan 1 buah elektron dari atom S dan masih terdapat sepasang elektron bebas. Jika diamati, semua atom Cl dalam senyawa SCl 4 ​ telah mencapai kaidah oktet (8 elektron), sedangkan atom S memiliki 12 buah elektron di sekelilingnya. Hal ini termasuk dalam penyimpangan kaidah oktet, dimana atom pusat memiliki elektron berjumlah kurang dari 8 atau lebih dari 8, tetapi senyawa yang dibentuknya bersifat stabil.

Struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa  adalah sebagai berikut.


 


 

Struktur Lewis merupakan penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron. Struktur Lewis memuat lambang atom yang di sekelilingnya terdapat tanda titik, silang, atau bulatan kecil yang menggambarkan elektron valensi atom yang berikatan. Struktur ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan.

Sebelum menggambarkan struktur Lewis senyawa , maka perlu diketahui elektron valensi dari unsur S dan Cl. Untuk menentukan elektron valensi, perlu dibuat konfigurasi elektronnya. Konfigurasi elektron dari atom S dan Cl adalah sebagai berikut.


 


Berdasarkan konfigurasi elektron di atas, diketahui bahwa elektron valensi atom S adalah 6 dan elektron valensi atom Cl adalah 7. Pada senyawa , atom S berikatan dengan 4 buah atom Cl dan membentuk ikatan kovalen. Struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa  adalah sebagai berikut.


 


 


Atom klor (Cl) memerlukan sebuah elektron untuk memenuhi kaidah oktet, sedangkan atom belerang (S) memiliki 6 buah elektron valensi. Oleh karena itu, setiap atom Cl menggunakan 1 buah elektronnya bersama dengan 1 buah elektron dari atom S dan masih terdapat sepasang elektron bebas. Jika diamati, semua atom Cl dalam senyawa  telah mencapai kaidah oktet (8 elektron), sedangkan atom S memiliki 12 buah elektron di sekelilingnya. Hal ini termasuk dalam penyimpangan kaidah oktet, dimana atom pusat memiliki elektron berjumlah kurang dari 8 atau lebih dari 8, tetapi senyawa yang dibentuknya bersifat stabil.space

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

615

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan struktur Lewis dan struktur molekul dari senyawa berikut! BF 3 ​

1rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia