Roboguru

Tuliskan perbedaan organisasi Heiho dan PETA!

Pertanyaan

Tuliskan perbedaan organisasi Heiho dan PETA!

Pembahasan Soal:

Heiho (Pasukan Pembantu) adalah prajurit Indonesia yang langsung ditempatkan di dalam organisasi militer Jepang, baik Angkatan Darat maupun Angkatan Laut. Heiho sebagai pasukan yang terintegrasi dengan pasukan Jepang masih dipandang belum memadai. Jepang masih berusaha agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang berencana membentuk pasukan untuk mempertahankan tanah air Indonesia yang disebut Pasukan Pembela Tanah Air (Peta). Jepang berupaya mempertahankan Indonesia dari serangan Sekutu secara sungguh-sungguh. Hal ini bisa saja didasari oleh rasa was-was yang makin meningkat karena situasi di medan perang yang bertambah sulit sehingga di samping Heiho, Jepang juga membentuk organisasi Peta.

Dengan demikian perbedaan Heiho dan PETA adalah Heiho merupakan perajurit langsung yang ikut terlibat dalam berbagai medan perang dunia II sedangkan peta dikhususkan hanya untuk pertahanan wilayah Indonesia dari serangan sekutu.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cari 5 organisasi yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang kemudian jelaskan organisasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah organisasi yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang.

  • Heiho

Heiho merupakan organisasi bentukan Jepang yang beranggotakan prajurit Indonesia untuk memperkuat pertahanan militer di angkatan udara, laut, dan kepolisian. 

  • PETA

Pembela Tanah Air (PETA) merupakan organisasi bentukan Jepang untuk memperkuat Heiho pada 3 Oktober 1943 atas usulan Gatot Mangkupraja kepada Letnan Jenderal Kumakici Harada.

  • Seinendan

Organisasi bentukan Jepang lainnya adalah Barisan pemuda atau Seinendan dibentuk untuk melatih dan mendidik pemuda agar mampu menjaga dan mempertahankan tanah air secara mandiri.

  • Keibodan

Keibodan merupakan barisan pembantu polisi yang dibentuk tanggal 29 April 1943 dengan tujuan utamanya adalah membantu tugas kepolisian Jepang di Indonesia misalnya mengatur lalu lintas dan pengamanan desa.

  • Fujinkai

Organisasi bentukan Jepang khusus para wanita atau biasa disebut perkumpulan wanita atau Fujiinkai dibentuk bulan Agustus 1943 dengan anggota para wanita berumur 15 tahun ke atas. 

Dengan demikian, lima organisasi yang dibentuk pada masa pendudukan Jepang adalah Heiho, Peta, Seinendan, Keibodan, dan Fujinkai.

0

Roboguru

Jelaskan kegiatan Heiho?

Pembahasan Soal:

Heiho adalah pasukan yang terdiri dari bangsa Indonesia yang dibentuk oleh tentara pendudukan Jepang di indonesua pada masa Perang Dunia II. Pasukan ini dibentuk berdasarkan instruksi Bagian Angkatan Darat Markas Besar Umum Kekaisaran Jepang pada tanggal 2 September 1942 dan mulai merekrut anggota pada 22 April 1943.

Heiho pada awalnya dimaksudkan untuk membantu pekerjaan kasar militer seperti membangun kubu dan parit pertahanan, menjaga tahanan, dan lain-lain. Dalam perkembangannya, seiring semakin sengitnya pertempuran, Heiho dipersenjatai dan dilatih untuk diterjunkan di medan perang, bahkan hingga ke Morotai dan Burma. Menjelang akhir kependudukan Jepang di Indonesia, jumlah pasukan Heiho diperkirakan mencapai 42.000 orang dengan lebih dari setengahnya terkonsentrasi di Pulau Jawa. Heiho dibubarkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia setelah Jepang menyerah pada Belanda dan sebagian anggotanya dialihkan menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Dengan demikian, kegiatan Heiho, yaitu membangun pasukan militer, membangun pertahanan, menjaga markas - maskas, membantu pasukan Jepang dalam peperangan serta mendistibusikan dan menjaga persedian perang, seperti amunusi dan truk.

0

Roboguru

Heiho sebagai pasukan yang terintegrasi dengan pasukan Jepang masih dipandang belum memadai. Jepang masih berusaha agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia. Maka kemudian Jepang m...

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukannya, Jepang membuat kebijakan-kebijakan yang salah satu diantaranya yakni membuat organisasi militer. Organisasi militer tersebut yakni Heiho dan Peta. Heiho sebagai pasukan yang terintegrasi dengan pasukan Jepang masih dipandang belum memadai. Jepang masih berusaha agar ada pasukan yang secara konkret mempertahankan Indonesia. Oleh karena itu, Jepang berencana membentuk pasukan untuk mempertahankan tanah air Indonesia yang disebut Pasukan Pembela Tanah Air (Peta). Peta merupakan organisasi kemiliteran yang dibentuk Jepang dengan tujuan agar mempertahankan Indonesia dari serangan Sekutu sebab situasi di medan perang yang bertambah sulit. Sehingga di samping Heiho, Jepang juga membentuk organisasi Peta.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Organisasi militer yang pemimpinnya berasal dari bangsa Indonesia yang mendapatkan latihan kemiliteran dan dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943 adalah ...

Pembahasan Soal:

PETA atau Pembela Tanah Air dibentuk pada 3 Oktober 1943. Tugas utamanya adalah mempertahankan Indonesia apabila tentara sekutu menyerang. Pembentukan PETA dilakukan atas perintah Gatot Mangkupraja kepada panglima tertinggi Jepang Letjen Kumaichi Harada pada 7 September 1943. Untuk menjadi anggota PETA, para pemuda dididik secara militer secara khusus di Tangerang. Beberapa tokoh–tokoh militer hasil didikan PETA antara lain Jenderal Sudirman, Jenderal Gatot Subroto, Supriyadi, Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Suharto, dan sebagainya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Apa tujuan dibentuknya organisasi PETA?

Pembahasan Soal:

PETA  atau Pembela Tanah Air adalah organisasi semi-militer yang dibentuk Jepang pada 3 Oktober 1943. PETA bertujuan untuk membantu kepentingan Jepang yang sedang berperang di pasifik terutama untuk melindungi wilayah Indonesia. 

PETA didirikan atas usulan Gatot Mangkoepradja kepada Gunseikan, pemimpin tertinggi pemerintahan militer Jepang yang berkedudukan di Jakarta. Gatot Mangkoepradja meminta agar Jepang membentuk barisan pemuda Indonesia untuk membela tanah air dari ancaman Sekutu dalam Perang Asia Timur Raya.

Setelah kemerdekaan,  PETA memuncul tokoh-tokoh yang berperan besar dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menanamkan pondasi dalam pembentukan angkatan perang Indonesia atau yang kemudian menjadi TNI.

Dengan demikian PETA adalah organisasi semi-militer yang berfungsi untuk membantu Jepang mempertahankan Indonesia dari serangan sekutu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved