Roboguru

Jelaskan kegiatan Heiho?

Pertanyaan

Jelaskan kegiatan Heiho?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Heiho adalah pasukan yang terdiri dari bangsa Indonesia yang dibentuk oleh tentara pendudukan Jepang di indonesua pada masa Perang Dunia II. Pasukan ini dibentuk berdasarkan instruksi Bagian Angkatan Darat Markas Besar Umum Kekaisaran Jepang pada tanggal 2 September 1942 dan mulai merekrut anggota pada 22 April 1943. Heiho pada awalnya dimaksudkan untuk membantu pekerjaan kasar militer seperti membangun kubu dan parit pertahanan, menjaga tahanan, dan lain-lain. Dalam perkembangannya, seiring semakin sengitnya pertempuran, Heiho dipersenjatai dan dilatih untuk diterjunkan di medan perang, bahkan hingga ke Morotai dan Burma. Menjelang akhir kependudukan Jepang di Indonesia, jumlah pasukan Heiho diperkirakan mencapai 42.000 orang dengan lebih dari setengahnya terkonsentrasi di pulau jawa. Heiho dibubarkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia setelah jepang menyerah pada Belanda dan sebagian anggotanya dialihkan menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Dengan demikian, tugas heiho yaitu membangun pasukan militer, membangun pertahanan, menjaga markas - maskas, membantu pasukan jepang dalam peperangan, mendistibusikan dan menjaga persedian perang, seperti amunusi dan truk.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam instruksi pembentukan Heiho, disampaikan pula mengenai tujuan pembentukan Heiho, yaitu sebagai ….

Pembahasan Soal:

Dalam instruksi pembentukan Heiho, disampaikan pula mengenai tujuan pembentukan Heiho, yaitu sebagai pasukan pembantu tentara Jepang untuk Perang Asia Timur Raya.  Sebagai pasukan pembantu tentara, anggota Heiho awalnya tidak ditugaskan untuk bertempur secara langsung, tapi ditugaskan untuk memperkuat pertahanan tentara Jepang. Kegiatannya antara lain, membangun kubu-kubu pertahanan dan menjaga kamp tahanan. Tapi seiring berjalannya waktu, anggota Heiho juga ditugaskan untuk bertempur bersama pasukan Jepang. Sebagai contoh, banyak anggota Heiho yang ikut perang melawan tentara Amerika Serikat di Kalimantan, Papua, bahkan ada yang sampai ke Myanmar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Di Jawa, Heiho menjadi bagian dari Kesatuan ….

Pembahasan Soal:

Kesatuan Heiho merupakan bagian integral dari organisasi militer Jepang. Para anggota Heiho dibagi-bagi menurut kompi yang tergabung dalam kesatuan Heiho menurut daerahnya. Di Jawa, Heiho menjadi bagian dari satuan Tentara ke-16, yaitu satuan yang beroperasi untuk wilayah Pulau Jawa dan Madura, sedangkan di Sumatra menjadi bagian Tentara ke-25, yaitu satuan yang bertanggung jawab atas wilayah Sumatra. Selain itu, Heiho juga sudah terbagi menjadi Heiho bagian Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan juga bagian Kepolisian. Dalam Heiho, telah ada pembagian tugas, misalnya bagian pemegang senjata anti- pesawat, tank, artileri atau tentara yang bertugas untuk mengoperasikan senjata berat, dan pengemudi kendaraan tempur.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II berdampak pada restrukturisasi organisasi militer di Indonesia. Salah satu organisasi yang mengalami restrukturisasi adalah Heiho. Restrukturisasi yang dimaksud ...

Pembahasan Soal:

Heiho merupakan organisasi yang didirikan sebagai pasukan pembantu tentara Jepang dalam Perang Asia Pasifik. Anggota Heiho mendapatkan banyak pelatihan militer, salah satunya adalah pelatihan mengoperasikan senjata anti pesawat. Namun, bersamaan dengan kekalahan Jepang dan Indonesia yang memerdekakan diri, Heiho pun dibubarkan. Setelah itu, sebagian besar anggota Heiho dialihtugaskan menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Pendudukan Jepang yang hanya 3,5 tahun sangat berat dirasakan, namun demikian rakyat banyak memperoleh manfaat latihan militer, seperti Heiho yang fungsinya sebagai ...

Pembahasan Soal:

Jepang selama masa pendudukannya di Indonesia kurang lebih 3,5 tahun membentuk organisasi militer, yaitu Heiho dan Peta. Heiho adalah pasukan bentukan tentara Jepang yang berkedudukan di Indonesia atas instruksi Bagian Angkatan Darat Markas Besar Umum Kekaisaran Jepang. Rata-rata anggota pasukan Heiho adalah para pemuda Indonesia berusia 18-25 tahun. Mereka direkrut sebagai pembantu prajurit Jepang. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Pemerintahan daerah di Jawa untuk Kecamatan pada masa pendudukan Jepang dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya selain membentuk pemerintahan militer, Pendudukan Jepang juga membentuk pemerintahan sipil ketika menduduki Indonesia. Pada Agustus 1942 Jepang menetapkan Undang-Undang Nomor 27 tentang Aturan Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 28 tentang Aturan Pemerintahan Syu dan Tokubetsushi (daerah istimewa, Batavia). Berdasarkan undang-undang itu, gunseibu dihapus. Sebagai gantinya dibentuk pemerintahan syu (setingkat keresidenan pada zaman pemerintah Hindia Belanda). Di Pulau Jawa, selain daerah khusus Yogyakarta dan Surakarta, pemerintahan daerah dibagi menjadi enam tingkat. Berikut pembagiannya: Syu (karesidenan), dipimpin oleh seorang syuco. Syi (kotapraja), dipimpin oleh seorang syico. Ken (kabupaten), dipimpin oleh seorang kenco. Gun (kawedanan atau distrik), dipimpin oleh seorang gunco. Son (kecamatan), dipimpin oleh seorang sonco. Ku (kelurahan atau desa), dipimpin oleh seorang kuco. Pemerintahan syu ini merupakan pemerintahan daerah tertinggi di bawah Gunseikanbu yang dipimpin oleh seorang syucokan.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved