Tuliskan paragraf bagian tesis dari teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks persuasi di bawah ini.
 

Teks Persuasif Tentang Game Online

    Dunia game online kini begitu lekat dengan kehidupan modern. Siapapun dan dimanapun bisa memainkan permainan online ini asalkan terhubung dengan jaringan internet. Dukungan teknologi gadget yang semakin canggih dan koneksi internet yang semakin cepat membuat perkembangan game online begitu masif di kalangan masyarakat.

    Tanpa kita sadari, sebenarnya game online bagaikan 2 sisi mata uang. Ada sisi negatif dan positifnya sendiri bagi para pemain game online ini. Sisi negatif dari game online muncul ketika seseorang jadi lupa waktu dan tanggung jawab karena asyik bermain. Mereka bahkan sampai melupakan kewajiban untuk bekerja atau belajar demi bisa bermain game. Pekerjaan dan pendidikan pun jadi terbengkalai.

    Produktivitas kerja dan belajar pun bisa menurun akibat asyik bermain game online. Selain itu, banyak kasus menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang bahkan sampai menghabiskan banyak uang demi membeli item game online. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus pasti akan merugikan diri sendiri dan juga keluarganya.

    Tapi tak jarang juga game online jadi sebuah prestasi bagi sebagian kecil kalangan. Mereka ini disebut dengan game profesional. Mereka menekuni dunia game online layaknya atlet olahraga. Mereka berkompetisi di turnamen resmi. Bagi yang bisa menang, mereka akan memboyong piala dan sejumlah hadiah. Game online pun berubah jadi ladang penghasilan bagi gamer profesional ini.

    Karena itulah, kita harus bisa memfilter semua hal yang masuk dalam hidup kita. Jangan sampai game online membuat tanggung jawab pada pelajaran atau pendidikan jadi terbengkalai. Ayo kita seimbangkan waktu antara pekerjaan, tanggung jawab, dan juga hiburan. Jadikan game online hanya sebagai sarana refreshing otak dan pikiran saat suntuk saja agar kita tetap produktif dan berprestasi.space 

Tuliskan paragraf bagian tesis dari teks tersebut!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tesis dalam teks di atas terdapat pada paragraf pertama.

Pembahasan

Pembahasan

Tesis pada teks persuasi sama dengan pengenalan isu. Umumnya terletak pada bagian pertama (paragraf pertama).

Jika memperhatikan teks secara saksama, terlihat bahwa isu dikenalkan pada paragraf pertama melalui kalimat pertama, yaitu "Dunia game online kini begitu lekat dengan kehidupan modern." Hal tersebut disusul dengan penjelasan-penjelasan tambahan terkait isu yang dikenalkan.

Dengan demikian, tesis dalam teks di atas terdapat pada paragraf pertama.

739

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Struktur teks persuasif di atas termasuk ke dalam bagian ....

737

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia