Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks persuasi berikut! Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat. Sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat juga menjadi perilaku hidup tidak sehat. Peristiwa tersebut sebenarnya dapat dicegah jika fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif. Upaya tersebut bermanfaat dalam menumbuhkembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku hidup sehat sebenarnya sudah ada di masyarakat, tetapi perlu dikuatkan dan diperluas dalam praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat. Puan Maharani menyatakan bahwa gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI ini dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif. Salah satu langkah nyata dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat, dibentuklah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Puan berpesan agar masyarakat budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Puan mengajak kementerian atau lembaga pemerintah dan masyarakat harus memberikan dukungan, komitmen, dan peran sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS merupakan wujud nyata dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat. Pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama menyukseskan program perilaku hidup sehat demi kesehatan masyarakat. (Disadur dari: http://www.depkes.go.id/atlicle/view/16111600003/pemerintah-canangkan-gerakan-masyarakat-hidup-sehat-germas-.html , diunduh 8 September 2019) Informasi yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah....

Perhatikan teks persuasi berikut!


    Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat. Sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat juga menjadi perilaku hidup tidak sehat. Peristiwa tersebut sebenarnya dapat dicegah jika fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif. Upaya tersebut bermanfaat dalam menumbuhkembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    Perilaku hidup sehat sebenarnya sudah ada di masyarakat, tetapi perlu dikuatkan dan diperluas dalam praktiknya di kalangan keluarga dan masyarakat. Puan Maharani menyatakan bahwa gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI ini dicanangkan dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif. Salah satu langkah nyata dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat, dibentuklah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

    GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Puan berpesan agar masyarakat budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Puan mengajak kementerian atau lembaga pemerintah dan masyarakat harus memberikan dukungan, komitmen, dan peran sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat  bagi setiap orang.

    Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS merupakan wujud nyata dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat. Pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama menyukseskan program perilaku hidup sehat demi kesehatan masyarakat. 

(Disadur dari: http://www.depkes.go.id/atlicle/view/16111600003/pemerintah-canangkan-gerakan-masyarakat-hidup-sehat-germas-.html, diunduh 8 September 2019)


Informasi yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah.... 

  1. Pemerintah hendaknya mengingatkan masyarakat dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat.undefined 

  2. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah perilaku tidak sehat.undefined 

  3. GERMAS termasuk kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat sebagai tolok ukur kesehatan.undefined 

  4. Perilaku hidup sehat dalam masyarakat seharusnya tidak perlu adanya campur tangan Pemerintah.undefined 

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Iklan

Pembahasan

Pokok-pokok informasi merupakan hal-hal penting yang terdapat di dalam sebuah teks persuasi. Pokok-pokok informasi menjadi inti informasi yang disampaikan atau dipaparkan. Untuk bisa menemukan pokok-pokok informasi dalam teks persuasi, diperlukan ketelitian pembaca. Pokok-pokok informasi sendiri bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa) dan 1 H (bagaimana) dalam teks persuasi. Informasi yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah: Kalimat: GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat . Letak: Paragraf ketiga, kalimat pertama. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Pokok-pokok informasi merupakan hal-hal penting yang terdapat di dalam sebuah teks persuasi.

Pokok-pokok informasi menjadi inti informasi yang disampaikan atau dipaparkan.

Untuk bisa menemukan pokok-pokok informasi dalam teks persuasi, diperlukan ketelitian pembaca.

Pokok-pokok informasi sendiri bisa didapatkan dengan memperhatikan unsur-unsur 5W (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa) dan 1 H (bagaimana) dalam teks persuasi. 

Informasi yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah:

Kalimat: GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Letak: Paragraf ketiga, kalimat pertama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut!

19

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia