Iklan

Iklan

Pertanyaan

Buanglah Sampah pada Tempatnya

    Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil itu tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apapun, sampah ya sampah.
    Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.
    Namun bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.
    Belum lagi dampak langsung yang membuat kita tidak nyaman. Baunya akan sampai ke hidung kita juga yang membuangnya. Sebelum mengeluh, keluhkanlah diri sendiri yang tidak membuang sampah ke tempatnya.
    Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu, maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.
    Menghargai mereka sama dengan kita menghargai diri sendiri. Karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.undefined 

Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut!

Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut!space 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf keempat.

 paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf keempat.space 

Iklan

Pembahasan

Struktur teks persuasif yaitu: Pengenalan Isu Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks. Rangkaian Argumen Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut. Pernyataan Ajakan Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks. Penegasan Kembali Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya. Pada kutipan teks persuasi tersebut, bagianpernyataan ajakan terdapat pada paragraf keempat karena berisi kalimat-kalimat ajakan atau dorongan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu ditandai dengan kalimat " B uanglah sampah pada tempatnya." Dengan demikian,paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf keempat .

Struktur teks persuasif yaitu:

  1. Pengenalan Isu
    Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
  2. Rangkaian Argumen
    Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.
  3. Pernyataan Ajakan
    Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks.
  4. Penegasan Kembali
    Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Pada kutipan teks persuasi tersebut, bagian pernyataan ajakan terdapat pada paragraf keempat karena berisi kalimat-kalimat ajakan atau dorongan untuk membuang sampah pada tempatnya. Hal itu ditandai dengan kalimat "Buanglah sampah pada tempatnya."

Dengan demikian, paragraf yang menunjukkan struktur pernyataan ajakan pada teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf keempat.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut!

6

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia