Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah cuplikan teks berikut untuk menjawab soal.


    Ketika telepon dari Mak Yem ditutup, ponselku berdering dari Yu Ning, "Aku sudah mengirim uang untuk tiket pesawat ke rekeningmu. Cek saja dulu. Bilang pada Ayah, aku akan datang setelah Naya selesai ujian."

    "Mbak, aku besok ada presentasi, mengapa tidak sampean saja?"

    "Sudah kubilang, aku mesti menunggui Naya. Butikku besok akan didatangi pelanggan kami dari Malaysia. Sekarang, carilah tiket untuk keberangkatanmu besok pagi."

    Aku benci mendengar ucapan Yu Ning, dia selalu bisa menyuruhku apa saja. ltu dilakukan sejak kami masih kecil. (lbu meninggal sejak kami masih sangat kecil). Yu Ning, yang jarak usianya 10 tahun di atasku, diberi keleluasaan oleh ayah untuk mengatur semua hidupku. Kalau menurut Yu Ning aku harus begitu, aku tidak boleh membantah. Yu Ning jadi narasumber hidupku. Hanya dibantu dengan Mak Yem, dia mengatur segala urusan rumah tangga kami. Aku selalu benci terhadap apa saja yang dia punyai. Yang aku banggakan, cuma tinggi badanku yang Lebih darinya. Hanya itu memang! Di sisi Lain, aku sekarang cuma dosen di sebuah perguruan tinggi swasta yang bukan unggulan. Begitu pula suamiku, Haryo, teman sejawat di perguruan tinggi swasta ini.

    Bisa dibayangkan, kami tidak punya hak istimewa di kota metropolis, Jakarta. Pernah suatu kali, Yu Ning sekeluarga mengajak kami ke Singapura. Tetapi, aku tidak nyaman. Karena mereka menganggap susah bepergian dengan perempuan dusun, yang tidak tahu bagaimana caranya berada di sebuah kota metropolis, Singapura.space 

Cerpen "Ayah Pulang" karya Ratna lndraswari Ibrahim

Tuliskan hubungan sudut pandang dan penokohan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut.

Tuliskan hubungan sudut pandang dan penokohan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut.space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penulis menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, yakni tokoh aku yang digunakan oleh penulis. Penokohan tergambar dengan jelas, yakni dengan menciptakan sikap dan perilaku tokoh yang patuh/tidak berani membantah orang yang lebih tua.

penulis menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, yakni tokoh aku yang digunakan oleh penulis. Penokohan tergambar dengan jelas, yakni dengan menciptakan sikap dan perilaku tokoh yang patuh/tidak berani membantah orang yang lebih tua.space   

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Cerpen merupakan bentuk karya sastra berupa prosa yang menyajikan permasalahan para tokoh. Penulis juga akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh para tokoh. Cerpen dibangun atas dua unsur, salah satunya adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik dalam contohnya adalah sudut pandang dan penokohan. Sudut pandang adalah cara pengarang menggambarkan jalan cerita yang dibuat. Sudut pandang yang biasa dipakai dalam sebuah cerpen adalah sebagai berikut. Sudut pandang orang pertama, sudut pandang ini dibagi menjadi sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama dan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, penulismenggunakan kata ganti aku, saya, kami (jamak) . Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan , penulisseolah-olah tokoh utama yang bercerita, tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama. ​​ Sudut pandang orang ketiga , sudut pandang ini dibagi menjadi sudut pandang orang ketiga serba tahu dan sudut pandang orang ketiga pengamat. Sudut pandang orang ketiga serba tahu , penulismenggunakan kata ganti ia, dia, dan nama tokoh dalam cerpen. Sudut pandang orang ketiga pengamat, penulismenggunakan kata ganti dia tetapi jumlahnya terbatas karena hanya menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama. Hal ini dilakukan hanya kepada seorang tokoh saja. Sudut pandang campuran , dalam pengisahan cerita, penulisrnenggabungkan penggunaan sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Penulis menggunakan dua jenis sudut pandang dalam karya yang sama. Penokohan adalah karakter atau watak tokoh yang digambarkan oleh penulis dalam cerita, misalnya watak tokoh penurut atauwatak tokoh yang patuh . Pada dasarnya, unsur intrinsik pada cerpen saling berhubungan. Sudut pandang pada cerpen ini adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama , dibuktikan dengan kata ganti "aku" yang digunakan penulis. Penulisjuga terlibat langsung dalam cerita yang dibuat. Penokohan "aku" dalam cerpen ini digambarkan memiliki karakter patuh, tidak beranimembantah walau sebenarnya tidak ingin. Hubungan antara sudut pandang dan penokohan dalam cerpen ini terlihat dari cara pengarang menciptakan sikap dan perilaku tokoh "aku" . Tokoh a ku menceritakan keresahan hatinya pada pembaca melalui sudut pandang orang pertama pelaku utama, sehingga dapat terlihat bagaimana sikap dan perilaku tokoh aku terhadap tokoh Yu Ning. Dengan demikian, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, yakni tokoh aku yang digunakan oleh penulis. Penokohan tergambar dengan jelas, yakni dengan menciptakan sikap dan perilaku tokoh yang patuh/tidak berani membantah orang yang lebih tua.

Cerpen merupakan bentuk karya sastra berupa prosa yang menyajikan permasalahan para tokoh. Penulis juga akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh para tokoh. Cerpen dibangun atas dua unsur, salah satunya adalah unsur intrinsik. Unsur intrinsik dalam contohnya adalah sudut pandang dan penokohan. Sudut pandang adalah cara pengarang menggambarkan jalan cerita yang dibuat.

Sudut pandang yang biasa dipakai dalam sebuah cerpen adalah sebagai berikut.

  1. Sudut pandang orang pertama, sudut pandang ini dibagi menjadi sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama dan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, penulis menggunakan kata ganti aku, saya, kami (jamak)Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan, penulis seolah-olah tokoh utama yang bercerita, tetapi posisinya dalam cerita bukanlah sebagai tokoh utama. ​​
  2. Sudut pandang orang ketiga, sudut pandang ini dibagi menjadi sudut pandang orang ketiga serba tahu dan sudut pandang orang ketiga pengamat. Sudut pandang orang ketiga serba tahu, penulis menggunakan kata ganti ia, dia, dan nama tokoh dalam cerpen. Sudut pandang orang ketiga pengamat, penulis menggunakan kata ganti dia tetapi jumlahnya terbatas karena hanya menggambarkan apa yang dilihat, didengar, yang dialami dan yang dirasakan oleh tokoh utama. Hal ini dilakukan hanya kepada seorang tokoh saja.
  3. Sudut pandang campuran, dalam pengisahan cerita, penulis rnenggabungkan penggunaan sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Penulis menggunakan dua jenis sudut pandang dalam karya yang sama.undefined 

Penokohan adalah karakter atau watak tokoh yang digambarkan oleh penulis dalam cerita, misalnya watak tokoh penurut atau watak tokoh yang patuh.

Pada dasarnya, unsur intrinsik pada cerpen saling berhubungan. Sudut pandang pada cerpen ini adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama, dibuktikan dengan kata ganti "aku" yang digunakan penulis. Penulis juga terlibat langsung dalam cerita yang dibuat. Penokohan "aku" dalam cerpen ini digambarkan memiliki karakter patuh, tidak berani membantah walau sebenarnya tidak ingin. Hubungan antara sudut pandang dan penokohan dalam cerpen ini terlihat dari cara pengarang menciptakan sikap dan perilaku tokoh "aku". Tokoh aku menceritakan keresahan hatinya pada pembaca melalui sudut pandang orang pertama pelaku utama, sehingga dapat terlihat bagaimana sikap dan perilaku tokoh aku terhadap tokoh Yu Ning.

Dengan demikian, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, yakni tokoh aku yang digunakan oleh penulis. Penokohan tergambar dengan jelas, yakni dengan menciptakan sikap dan perilaku tokoh yang patuh/tidak berani membantah orang yang lebih tua.space   

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sudut pandang apakah yang digunakan dalam kutipan di atas? Beri penjelasan seperlunya!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia