Iklan

Iklan

Pertanyaan

Selain Sekaten dan Idul Fitri itu peristiwa menyenangkan karena kedatangan mbok Jah, sudah tentu juga oleh-oleh mbok Jah dari desa. Terutama juadah yang halus bersih dan gurih, dan kehebatan mbok Jah menyambal terasi yang tidak kunjung surut. Sambal itu ditaruhnya dalam satu stoples dan kalau habis, setiap hari dia masih akan juga menyambelnya. Belum lagi bila dia membantu menyiapkan hidangan lebaran yang lengkap. Orang tua renta itu masih kuat ikut menyiapkan segala masakan semalam suntuk. Dan semuanya masih dikerjakannya dengan sempurna. Opor ayam, sambel goreng ati, lodeh, srundeng, dendeng ragi, ketupat, lontong, abon, bubuk kedela, bubuk udang, semua lengkap belaka disediakan oleh mbok Jah. Dari mana enerji itu datang pada tubuh orang tua itu tidak seorang pun dapat menduganya. undefined

Tuliskan dua contoh jenis kata kerja pada kutipan tersebut! (contoh minum: verba material)

Tuliskan dua contoh jenis kata kerja pada kutipan tersebut! (contoh minum: verba material)

Iklan

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kata kerja pada kutipan tersebut adalah menyenangkan: verba mental dan menyambal, menyiapkan: verba material.

kata kerja pada kutipan tersebut adalah menyenangkan: verba mental dan menyambal, menyiapkan: verba material.space

Iklan

Pembahasan

Kata kerja/verba adalah kata yang menunjukkan suatu peristiwa atau keadaan. Kata kerja terdapat beberapa jenis, yaitu: Kata kerja/verba material, adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan atau peristiwa yang dapat dilihat secara fisik. Dalam kata kerja material ini, pelaku atau subjek menunjukkan sedang melakukan sesuatu. Contoh: membaca, menulis, dan sebagainya. Kata kerja/verba mental, adalah kata kerja yang menunjukkan adanya persepsi, afeksi, dan kognisi. Kata kerja ini menunjukkan respons atau sikap seseorang terhadap tindakan, keberadaan, atau pengalaman yang dialaminya. Contoh kata kerja sebagai persepsi: melihat, merasa. Contoh kata kerja sebagai afeksi: suka, khawatir, kecewa. Contoh kata kerja sebagai kognisi: berpikir, mengerti. Kata kerja berdasarkan kutipan teks di soal adalah: Selain Sekaten dan Idul Fitri itu peristiwa menyenangkan karena kedatangan mbok Jah, .... Kalimat tersebut terdapat kata menyenangkan . Kata menyenangkan merupakan kata kerja mental yang menunjukkan adanya afeksi. Kata menyenangkan menunjukkan perasaan yang senang karena mboh Jah yang datang. Terutama juadah yang halus bersih dan gurih, dan kehebatan mbok Jah menyambal terasi yang tidak kunjung surut. Kalimat tersebut terdapat kata menyambal . Kata menyambal merupakan kata kerja material yang menunjukkan adanya perbuatan yang dapat dilihat. Kata menyambal menunjukkan adanya membuat sambal. Belum lagi bila dia membantu menyiapkan hidangan lebaran yang lengkap. Kalimat tersebut terdapat kata menyiapkan . Kata menyiapkan merupakan kata kerja material yang menunjukkan adanya perbuatan yang dapat dilihat. Kata menyiapkan tersebut menunjukkan menyediakan hidangan lebaran. Dengan demikian, kata kerja pada kutipan tersebut adalah menyenangkan: verba mental dan menyambal, menyiapkan: verba material.

Kata kerja/verba adalah kata yang menunjukkan suatu peristiwa atau keadaan. Kata kerja terdapat beberapa jenis, yaitu:

  • Kata kerja/verba material, adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan atau peristiwa yang dapat dilihat secara fisik. Dalam kata kerja material ini, pelaku atau subjek menunjukkan sedang melakukan sesuatu. Contoh: membaca, menulis, dan sebagainya.
  • Kata kerja/verba mental, adalah kata kerja yang menunjukkan adanya persepsi, afeksi, dan kognisi. Kata kerja ini menunjukkan respons atau sikap seseorang terhadap tindakan, keberadaan, atau pengalaman yang dialaminya. Contoh kata kerja sebagai persepsi: melihat, merasa. Contoh kata kerja sebagai afeksi: suka, khawatir, kecewa. Contoh kata kerja sebagai kognisi: berpikir, mengerti.

Kata kerja berdasarkan kutipan teks di soal adalah:

  • Selain Sekaten dan Idul Fitri itu peristiwa menyenangkan karena kedatangan mbok Jah, ....
    Kalimat tersebut terdapat kata menyenangkan. Kata menyenangkan merupakan kata kerja mental yang menunjukkan adanya afeksi. Kata menyenangkan menunjukkan perasaan yang senang karena mboh Jah yang datang.
  • Terutama juadah yang halus bersih dan gurih, dan kehebatan mbok Jah menyambal terasi yang tidak kunjung surut.
    Kalimat tersebut terdapat kata menyambal. Kata menyambal merupakan kata kerja material yang menunjukkan adanya perbuatan yang dapat dilihat. Kata menyambal menunjukkan adanya membuat sambal.
  • Belum lagi bila dia membantu menyiapkan hidangan lebaran yang lengkap.
    Kalimat tersebut terdapat kata menyiapkan. Kata menyiapkan merupakan kata kerja material yang menunjukkan adanya perbuatan yang dapat dilihat. Kata menyiapkan tersebut menunjukkan menyediakan hidangan lebaran.

Dengan demikian, kata kerja pada kutipan tersebut adalah menyenangkan: verba mental dan menyambal, menyiapkan: verba material.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapi paragraf yang rumpang berikut dengan kata-kata yang sesuai dengan konteks! Lena sudah berkali-kali ditanya oleh orang tuanya, kapan ia menikah, Untuk (...) tekanan dari orang tuanya itu, ...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia