Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan apa hasil perundingan antara Inggris dan Belanda di London yang menghasilkan Civil Affairs Agreement ?

Tuliskan apa hasil perundingan antara Inggris dan Belanda di London yang menghasilkan Civil Affairs Agreement ?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hasil perundingan antara Inggris dan Belanda menyangkut wilayah Indonesia pasca merdeka adalah Civil Affairs Agreement.

hasil perundingan antara Inggris dan Belanda menyangkut wilayah Indonesia pasca merdeka adalah Civil Affairs Agreement.

Iklan

Pembahasan

Pada awal-awal kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, terjalin hubungan dalam bentuk kerja sama, pembicaraan dan perundingan-perundingan, untuk menentukan wilayah koloni Jepang. Beberapa negara yang terlibat dalam pembicaraan itu adalah Inggris dan Belanda, kemudian kelak mendapatkan hasil berupa Civil Affairs Agreement. Civil Affairs Agreement adalah persetujuan antara pemerintah kerajaan Inggris dan kerajaan Belanda, yang menyetujui bahwa panglima tentara pendudukan Inggris di Indonesia akan memegang kekuasaan atas nama pemerintah Belanda. Untuk hal-hal yang berkenaan dengan pemerintahan sipil, pelaksanaannya diselenggarakan oleh NICA dibawah tanggung jawab komando Inggris. Pada tahap berikutnya kekuasaan itu akan dikembalikan kepada kerajaan Belanda. Civil Affairs Agreement tersebut ditandangani pada tanggal 24 Agustus 1945 tepat enam hari setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Adapun isi dalam Civil Affairs Agreement itu di antaranya adalah, penyerahan kembali Indonesia dari pihak Inggris ke Belanda, terutama daerah Sumatera. Selain itu, dalam upaya penertiban keamanan, Tentara Sekutu diperkenankan untuk menggunakan operasi militer dalam menyelesaikannya. Jadi, hasil perundingan antara Inggris dan Belanda menyangkut wilayah Indonesia pasca merdeka adalah Civil Affairs Agreement.

Pada awal-awal kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, terjalin hubungan dalam bentuk kerja sama, pembicaraan dan perundingan-perundingan, untuk menentukan wilayah koloni Jepang. Beberapa negara yang terlibat dalam pembicaraan itu adalah Inggris dan Belanda, kemudian kelak mendapatkan hasil berupa Civil Affairs Agreement.
Civil Affairs Agreement adalah persetujuan antara pemerintah kerajaan Inggris dan kerajaan Belanda, yang menyetujui bahwa panglima tentara pendudukan Inggris di Indonesia akan memegang kekuasaan atas nama pemerintah Belanda. Untuk hal-hal yang berkenaan dengan pemerintahan sipil, pelaksanaannya diselenggarakan oleh NICA dibawah tanggung jawab komando Inggris.
Pada tahap berikutnya kekuasaan itu akan dikembalikan kepada kerajaan Belanda. Civil Affairs Agreement tersebut ditandangani pada tanggal 24 Agustus 1945 tepat enam hari setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
Adapun isi dalam Civil Affairs Agreement itu di antaranya adalah, penyerahan kembali Indonesia dari pihak Inggris ke Belanda, terutama daerah Sumatera. Selain itu, dalam upaya penertiban keamanan, Tentara Sekutu diperkenankan untuk menggunakan operasi militer dalam menyelesaikannya.

Jadi, hasil perundingan antara Inggris dan Belanda menyangkut wilayah Indonesia pasca merdeka adalah Civil Affairs Agreement.

Latihan Bab

Revolusi Amerika

Revolusi Prancis

Revolusi Tiongkok

Revolusi Rusia

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada 17 Oktober 1945, pasukan NICA tiba di Bandung. Selanjutnya, laskar pejuang mengobarkan perlawanan terhadap NICA. Pasukan NICA meneror masyarakat Bandung. Hal ini memancing laskar pejuang untuk me...

515

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia