Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bukti awal yang membenarkan kecurigaan Indonesia bahwa NICA membonceng tentara Sekutu untuk menyelenggarakan pemerintahan sipil di Indonesia atas nama Belanda adalah ...

Bukti awal yang membenarkan kecurigaan Indonesia bahwa NICA membonceng tentara Sekutu untuk menyelenggarakan pemerintahan sipil di Indonesia atas nama Belanda adalah ...

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bukti awal yang membenarkan kecurigaan Indonesia bahwa NICA membonceng tentara Sekutu untuk menyelenggarakan pemerintahan sipil di Indonesia atas nama Belanda adalahNICA mempersenjatai kembali bekas anggota KNIL. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pada tanggal 29 September 1945, pasukan Inggris, yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) tiba di Jakarta untuk menjalankan berbagai tugas. Tugas AFNEI adalah sebgaai berikut. Menerima penyerahan Jepang, Membebaskan para tawanan perang Jepang yang berasal dari Eropa, Melucuti tentara Jepang dan mengumpulkan mereka untuk dipulangkan ke negara asal Menegakkan serta memelihara kondisi damai untuk setelahnya diberikan kepada pemerintahan sipil. Namun, masyarakat mulai menaruh curiga ketika AFNEI membawa serta atau membonceng pasukan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang berisi para pegawai berkebangsaan Belanda. Kecurigaan ini semakin diperkuat ketika NICA mempersenjatai kembali bekas anggota KNIL (Koninklijk Nederlands Indises Leger) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda.Banyak pegawai NICA berkebangsaan Belandayang sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan sipil di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa sejak awal Belanda berniat menduduki Indonesia kembali.

Bukti awal yang membenarkan kecurigaan Indonesia bahwa NICA membonceng tentara Sekutu untuk menyelenggarakan pemerintahan sipil di Indonesia atas nama Belanda adalah NICA mempersenjatai kembali bekas anggota KNIL.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada tanggal 29 September 1945, pasukan Inggris, yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) tiba di Jakarta untuk menjalankan berbagai tugas. Tugas AFNEI adalah sebgaai berikut.

  • Menerima penyerahan Jepang,
  • Membebaskan para tawanan perang Jepang yang berasal dari Eropa,
  • Melucuti tentara Jepang dan mengumpulkan mereka untuk dipulangkan ke negara asal
  • Menegakkan serta memelihara kondisi damai untuk setelahnya diberikan kepada pemerintahan sipil.

Namun, masyarakat mulai menaruh curiga ketika AFNEI membawa serta atau membonceng pasukan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang berisi para pegawai berkebangsaan Belanda. Kecurigaan ini semakin diperkuat ketika NICA mempersenjatai kembali bekas anggota KNIL (Koninklijk Nederlands Indises Leger) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Banyak pegawai NICA berkebangsaan Belanda yang sepertinya memang sudah dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan sipil di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa sejak awal Belanda berniat menduduki Indonesia kembali.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

370

Alvina Azalia

Makasih ❤️ Bantu banget

Fitri Nur Masitoh

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

fera Carmalita

Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Oriza Putri

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda setelah proklamasi kemerdekaan adalah….

5

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia