Roboguru

Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah ...

Pertanyaan

Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah ...

  1. meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)

  2. menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian

  3. menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama

  4. memperluas kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi

Pembahasan Soal:

ASEAN adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi dan geo-politik antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 megara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar. 
Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara. Salah satu upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di ASEAN adalah dengan perluasan produksi, konsumsi dan distribusi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerja sama di berbagai bidang mengakibatkan adanya perubahan ruang dan interaksi atau aktivitas masyarakat ASEAN dalam bidang  ....

Pembahasan Soal:

Kerja sama di berbagai bidang mengakibatkan adanya perubahan ruang dan interaksi atau aktivitas masyarakat ASEAN dalam bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan keamanan, serta pendidikan. Uraian dari dampak kerja sama di masing-masing bidang yakni sebagai berikut:

  1. Bidang eknomoni, berkembangnya kegaiatan perdagangan melalui konsep MEA.
  2. Bidang sosial budaya, Peningkatan kegiatan pariwisata melalui penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN (ASEAN Tourism Agreement).
  3. Bidang politik dan keamanan, penyelesaian sengketa isu strategis seperti sengketa laut cina selatan.
  4. Bidang pendidikan, meningkatnya literasi warga ASEAN melalui beasiswa antar negara asean dan olimpiade pendidikan di tingkat ASEAN. 

0

Roboguru

Berikut adalah dampak negatif diterapkannya perdagangan bebas di wilayah ASEAN, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Perdagangan bebas membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dengan adanya perdagangan bebas adalah sebagai berikut :

  1. Semakin mudahnya barang masuk akan menciptakan masyarakat yang hedonis dan konsumirisme.
  2. Resiko persaingan akan semakin meningkat karena barang yang masuk  harganya lebih murah dan kualitas yang terjamin.
  3. Kegagalan dalam bersaing dengan barang luar akan menciptakan kerugian yang akan berdampak dengan bangkrutnya UMKM.

Jadi, jawaban yang benar adalah C

 

0

Roboguru

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dibentuk untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan perekonomian negara-negara ASEAN. Salah satu dampak negatif yang dapat terjadi dengan diberlakuka...

Pembahasan Soal:

Keberadaan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) bisa menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap Indonesia. Beberapa dampak negatif tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mudahnya akses untuk masuknya produk asing ke Indonesia melalui kegiatan impor menyebabkan produk-produk lokal mendapat ancaman dan akan kalah saing jika tidak bisa meningkatkan kualitas terhadap hasil produksinya.
  2. Adanya kemudahan dari akses, seperti kemudahan penanaman modal, berpotensi menimbulkan eksploitasi atas sumber daya alam dan sumber daya manusia di Indonesia demi mencapai keuntungan penanam modal/investor.
  3. Adanya MEA menyebabkan masyarakat ASEAN lebih mudah bekerja di negara ASEAN lainnya dan menyebabkan tingkat persaingan mencari kerja lebih tinggi karena persaingannya kini tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari negara ASEAN yang lain.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di ASEAN. Bagi negara yang belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pe...

Pembahasan Soal:

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah proyek yang telah lama disiapkan seluruh anggota ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN dan membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat. MEA dapat membawa dampak baik ataupun buruk bagi negara-negara di ASEAN. Salah satunya adalah dapat meningkatkan angka pengangguran. Langkah yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah peningkatan angka pengangguraan akibat MEA adalah dengan meningkatkan kualitas SDM melalui jalur pendidikan dan keterampilan bagi penduduk. Selain itu, dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah membangun sarana dan prasarana pendidikan secara memadai, termasuk rehabilitasi ruang kelas rusak berat.

Jadi, jawaban yang benar adalah Dspace 

0

Roboguru

Salah satu dampak positif Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah ….

Pembahasan Soal:

Keberadaan MEA di kawasan ASEAN bisa menimbulkan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Dengan adanya MEA, kapasitas ekspor dari Indonesia ke mancanegara, terutama negara-negara ASEAN, jadi meningkat. Hal ini tentunya bisa menambah devisa negara Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved