Roboguru

Tuliskan empat kerugian pemberlakuan ASEAN Free Trade Area (AFTA) bagi negara-negara tertentu !

Pertanyaan

Tuliskan empat kerugian pemberlakuan ASEAN Free Trade Area (AFTA) bagi negara-negara tertentu !

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

ASEAN Free Trade Area atau AFTA adalah perjanjian perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN. Konsep free trade area lahir untuk mempermudah dan meningkatkan perdagangan di antara negara-negara di Asia Tenggara. Dikutip dari situs ASEAN, perjanjian AFTA ditandatangani pada 28 Januari 1992. Saat itu, digelar pertemuan tingkat kepala negara (ASEAN Summit) ke-4 di Singapura. Namun AFTA memiliki banyak kerugian bagi negara-negara tertentu. Kerugian tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Produk dalam negeri cenderung kalah bersaing dengan masuknya barang-barang luar negeri yang lebih murah dan berkualitas.
  2. Bertambahnya kemungkinan eksploitasi sumber daya alam oleh perusahaan.
  3. Adanya kecenderungan ketergantungan terhadap barang impor.
  4. Bila tidak mampu bersaing, akan berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekonomi negara dan meningkatkan jumlah pengangguran.
  5. Munculnya sifat konsumerisme.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu dampak positif Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah ….

Pembahasan Soal:

Keberadaan MEA di kawasan ASEAN bisa menimbulkan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Dengan adanya MEA, kapasitas ekspor dari Indonesia ke mancanegara, terutama negara-negara ASEAN, jadi meningkat. Hal ini tentunya bisa menambah devisa negara Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Adanya MEA memberikan dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di ASEAN. Bagi negara yang belum siap menghadapi adanya MEA, maka salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pe...

Pembahasan Soal:

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah proyek yang telah lama disiapkan seluruh anggota ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN dan membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat. MEA dapat membawa dampak baik ataupun buruk bagi negara-negara di ASEAN. Salah satunya adalah dapat meningkatkan angka pengangguran. Langkah yang bisa dilakukan oleh Indonesia untuk mencegah peningkatan angka pengangguraan akibat MEA adalah dengan meningkatkan kualitas SDM melalui jalur pendidikan dan keterampilan bagi penduduk. Selain itu, dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah membangun sarana dan prasarana pendidikan secara memadai, termasuk rehabilitasi ruang kelas rusak berat.

Jadi, jawaban yang benar adalah Dspace 

0

Roboguru

Peningkatan kualitas dan keterampilan pekerja merupakan dampak kerja sama di bidang ....

Pembahasan Soal:

Kerja sama antar negara ASEAN dapat menimbulkan berbagai dampak di bidang-bidang tertentu. Peningkatan kualitas dan keterampilan pekerja merupakan salah satu dampak positif kerja sama di bidang ekonomi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Kerja sama di berbagai bidang mengakibatkan adanya perubahan ruang dan interaksi atau aktivitas masyarakat ASEAN dalam bidang  ....

Pembahasan Soal:

Kerja sama di berbagai bidang mengakibatkan adanya perubahan ruang dan interaksi atau aktivitas masyarakat ASEAN dalam bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan keamanan, serta pendidikan. Uraian dari dampak kerja sama di masing-masing bidang yakni sebagai berikut:

  1. Bidang eknomoni, berkembangnya kegaiatan perdagangan melalui konsep MEA.
  2. Bidang sosial budaya, Peningkatan kegiatan pariwisata melalui penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN (ASEAN Tourism Agreement).
  3. Bidang politik dan keamanan, penyelesaian sengketa isu strategis seperti sengketa laut cina selatan.
  4. Bidang pendidikan, meningkatnya literasi warga ASEAN melalui beasiswa antar negara asean dan olimpiade pendidikan di tingkat ASEAN. 

0

Roboguru

Tujuan dari kerja sama negara ASEAN di bidang ekonomi adalah...

Pembahasan Soal:

ASEAN adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi dan geo-politik antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 megara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara. Salah satu upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi di ASEAN adalah dengan perluasan produksi, konsumsi dan distribusi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved