Roboguru

Kerja sama internasional membuka peluang bagi pihak asing untuk berinvestasi di suatu negara. Dampak positif terbukanya investasi dari negara lain adalah...

Pertanyaan

Kerja sama internasional membuka peluang bagi pihak asing untuk berinvestasi di suatu negara. Dampak positif terbukanya investasi dari negara lain adalah...

  1. Lapangan kerja makin luas

  2. Jumlah perusahaan asing meningkat

  3. Kualitas sumber daya manusia meningkat

  4. Industri rumah tangga makin berkembang

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

PMA adalah suatu bentuk investasi dengan cara membangun kemudian membeli atau mengakuisisi perusahaan. Investasi ini  bersifat jangka panjang dan sifatnya sangat penting bagi negara berkembang karena keterbatasan negara tersebut dalam sektor perekonomian dan pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya. Faktor yang mempengaruhi adalah kestabilan keamanan dan politik, kasus atau konflik negara, jaminan kepastian hukum, perpajakan, KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), perlindungan investasi, pedoman pelaksanaan investasi, citra negara, transparansi, transfer teknologi, nilai tukar, dan kualitas SDA (Sumber Daya Manusia). Dampak positif dari adanya investasi asing antara lain sebagai berikut.

  1. Adanya pertumbuhan ekonomi
  2. Meningkatkan pendapatan nasional
  3. Berkembangnya teknologi
  4. Tersedianya lapangan pekerjaan
  5. Berkembangnya industri

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa CEPT pada kesempatan AFTA itu?

Pembahasan Soal:

CEPT merupakan singkatan dari Common Effective Preferential Tariff yaitu skema yang digunakan pada kesepakatan kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN. Sedangkan AFTA adalah organisasi yang mengatur tentang kerjasama perdagangan bebas negara-negara ASEAN. CEPT memiliki beberapa fungsi dalam mewujudkan perdagangan bebas ASEAN (AFTA), diantaranya adalah :
1. Mengatur tarif bea masuk produk-produk yang didistribusikan dari dan ke negara-negara ASEAN.

2. Dapat mengurangi bahkan menghapus bea masuk produk impor dari negara ASEAN

Jadi, CEPT memiliki fungsi penting dalam mewujudkan kerjasama perdagangan bebas ASEAN (AFTA), karena ketika bea masuk suatu barang dikurangi atau dihapuskan akan mempermudah distribusi barang tersebut.

Roboguru

Kondisi alam dengan hamparan dataran serta lautan, rangkaian pegunungan yang menjulang tinggi, dan keanekaragaman hayati di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja sama antar negara-negara ang...

Pembahasan Soal:

Kerja sama ASEAN didorong oleh dua hal, yaitu sumberdaya alam dan wilayah. Negara-negara di Asia Tenggara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda. Salah satu bentuk kerja sama yang mampu meningkatkan stabilitas ekonomi dengan memanfaatkan potensi alam di negara ASEAN adalah melalui promosi pariwisata ASEAN. Sebagai satu jalur wilayah yang terkoneksi dan terbuka bagi warganya, saat ini wilayah ASEAN memiliki daya tarik bagi wisatawan asing dan juga pemudanya. Contohnya melalui program pariwisata ‘Visit ASEAN’.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D,space 

Roboguru

Berikut ini bentuk kerja sama negara di Asia Tenggara dalam bidang ekonomi adalah....

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi yang dirintis oleh lima negara di Asia Tenggara. Negara itu adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand bersamaan dengan Deklarasi Bangkok. Tujuan ASEAN khususnya dalam bidang ekonomi adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kerja sama terutama saling membantu untuk kepentingan bersama di kawasan Asia Tenggara.

Bentuk kerja sama negara di ASEAN di bidang ekonomi antara lain sebagai berikut.

  1. Pembukaan pusat promosi ASEAN
    Promosi yang dilakukan oleh ASEAN adalah memperkenalkan produk - produk khususnya di kawasan Asia Tenggara
  2. Penyediaan cadangan pangan
    Beberapa negara anggota ASEAN seperti Thailand, Indonesia, dan Kamboja dikenal sebagai lumbung padi ASEAN. Bentuk kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya ketika negara salah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana, maka negara lain siap memberikan pasokan cadangan pangan untuk negara yang membutuhkan.
  3. Penyelenggaraan proyek industri
    Negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama untuk memajukan sektor industri dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa proyek industri yang dilakukan oleh ASEAN meliputi industri pupuk, tembaga, vaksin, dan abu soda.
  4. Kawasan perdagangan bebas
    Kawasan perdagangan Bebas ASEAN atau yang biasa disebut dengan AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi. Keberadaan AFTA berguna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan investasi oleh pihak asing yang salah satu contohnya adalah adanya penghapusan bea cukai di dalam ASEAN itu sendiri.
  5. Koperasi ASEAN
    Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) adalah bentuk kerja sama lainnya dalam bidang ekonomi. Koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengkokokah organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C
 

Roboguru

Salah satu contoh kegiatan ekonomi agraris adalah...

Pembahasan Soal:

Kegiatan ekonomi agraris merupakan kegiatan ekonomi yang berfokus pada sektor agraris (pertanian). Sektor agraris memiliki subsektor yaitu: pertanian, perternakan, perkebunan, dan perikanan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Berikut adalah peran Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN, kecuali....

Pembahasan Soal:

Tujuan dari kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi adalah pembentukan pasar dan produksi. Selain itu, mempercepat pertumbuhan ekonomi, perkembangan sosial serta kebudayaan di kawasan ASEAN, lewat upaya bersama guna memperkokoh landasan masyarakat Asia Tenggara yang damai dan sejahtera. Berdasarkan pilihan jawaban, peran Kerja sama antar negara-negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan jumlah cadangan devisa negara anggota
  2. Terciptanya stabilitas keamanan regional
  3. Mengurangi tingkat pengangguran melalui pasar tenaga kerja

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved