Roboguru

Tradisi Banu merupakan salah satu contoh kearifan lokal pada masyarakat Pulau Timor. Jelaskan tujuan penerapan tradisi Banu!

Pertanyaan

Tradisi Banu merupakan salah satu contoh kearifan lokal pada masyarakat Pulau Timor. Jelaskan tujuan penerapan tradisi Banu! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tradisi Banu adalah tradisi yang ada di Pulau Timor dengan tujuan untuk memelihara lingkungan utamanya kelestarian hutan. Tradisi Banu ini tercipta karena masyarakat di pulau tersebut sangat bergantung dengan hasil hutan sehingga keseimbangannya perlu dijaga. Dalam tradisi ini terdapat dua ritual yaitu Banu Naik dimana segala aktivitas yang berhubungan dengan hutan harus dihentikan. Ritual yang lain adalah Banu Turun yang mana segala aktivitas yang berkaitan dengan hutan boleh dilakukan kembali. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Dewi

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan peta berikut! Salah satu wujud kebudayaan daerah pada peta yaitu...

Pembahasan Soal:

Gambar pada soal merupakan peta Pulau Papua. Papua adalah sebuah pulau yang terletak di paling timur Indonesia. Wilayahnya masih kental dan kaya akan kesenian dan kebudayaan yang ada sana. Wilayah ini memiliki berbagai suku, seperti suku Asmat dan Dani. Kesenian dan kebudayaan yang ada di wilayah ini sangat menarik. Beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Papua adalah sebagai berikut.

  1. Bahasa
    Ada ratusan bahasa daerah yang berkembang pada kelompok etnik yang ada di Papua dan hal menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi antara satu kelompok etnik dengan kelompok etnik lainnya. 
  2. Pakaian Tradisional
    Beberapa pakaian adat Papua adalah koteka, sali, dan yokal. Pakaian ini biasanya dibuat dengan adanya hiasan-hiasan, seperti hiasan kepala berupa bulu burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki.
  3. Rumah Adat 
    Salah satu rumah adat Papua adalah rumah Honai yang terbuat dari kayu dengan dan atapnya yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai satu pintu yang kecil dan tidak berjendela.
  4. Tari Tradisional
    Masyarakat Papua memiliki berbagai macam tarian yang unik dan menarik, seperti tari Selamat Datang yang menggambarkan kegembiraan hati para penduduk dalam menyambut para tamu terhormat yang datang ke wilayah mereka.
  5. Senjata Tradisional
    Contoh senjata tradisional di Papua adalah pisau belati, panah, dan tombak yang digunakan untuk melawan musuh atau berburu. 
  6. Alat Musik Tradisional
    Salah satu alat musik tradisional khas Papua adalah tifa. Tifa merupakan salah satu alat musik pukul yang bentuknya hampir mirip dengan gendang. Tifa terbuat dari kayu yang bagian tengahnya diberikan lubang besar. Salah satu ujung kayu ditutup dengan mengunakan kulit rusa yang telah dikeringkan. Bagian yang ditutup inilah yang akan dipukul dan berfungsi agar alat musik ini bisa menghasilkan suara yang indah dan bagus.
  7. Kerajinan Tradisional
    Masyarakat papua biasanya membuat kerajinan tangan yang di buat dari bahan-bahan yang tersedia di alam, seperti Noken. Noken merupakan tas yang dibuat dari anyaman kulit kayu dan warnanya berasal dari pewarna alami akar tumbuhan dan buah-buahan. Cara pakainya adalah dengan menyangkutkan noken di atas kepala.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut yang bukan termaksud tujuan dilakukannya pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan UU No. 5 Pasal 32 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemanfataan objek pemajuan kebudayaan dilakukan untuk :

  • Membangun karakter bangsa
  • Meningkatkan ketahanan budaya
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Meningkatkan peran aktif dan pengaruh Indonesia dalam hubungan internasional

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan tujuan-tujuan berikut ini! membangun karakter bangsa mencegah masuknya budaya asing meningkatkan ketahanan budaya mengeksploitasi kebudayaan daerah  Tujuan yang tepat dari kegiatan ...

Pembahasan Soal:

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari adanya pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan, seperti tradisi lisan, kesenian, permainan tradisional, dan lain-lain. Beberapa tujuan tersebut antara lain:

  • membangun karakter bangsa
  • meningkatkan ketahanan budaya
  • meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • meningkatkan peran aktif Indonesia dalam hubungan internasional
  • pembinaan kebudayaan sebagai upaya meningkatkan peran aktif dan inisiatif masyarakat untuk melestarikan kebudayaanundefinedspace 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Batik merupakan salah satu bentuk kebudayaan asli Indonesia yang hingga saat ini masih terus eksis. Kondisi tersebut menandakan keberhasilan dari pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Salah satu kebudayaan asli Indonesia yang eksis hingga saat ini dan terbilang paling dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah Batik. Hal ini dikarenakan Batik terus menerus diwariskan ke anak cucu antar generasi dan batik pun dapat dipadukan dengan fesyen modern. Hal ini menunjukan salah satu tujuan pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan telah berhasil yaitu meningkatkan ketahanan budaya. Batik sebagai budaya yang terus menerus dilestarikan dan tetap eksis tentunya dapat meningkatkan ketahanan budaya.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kisah Legenda Malin Kundang merupakan bagian dari seni sastra sebagai objek pemajuan kebudayaan. Kisah Malin Kundang memiliki tujuan/nilai khusus yaitu berupa ....

Pembahasan Soal:

Salah satu tujuan pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan adalah untuk membangun karakter bangsa. Salah satu bentuknya adalah dalam seni sastra legenda Malin Kundang. Kisah Malin Kundang yang berasal dari Sumatra Barat memiliki nilai khusus berupa ajakan untuk berbakti kepada orang tua agar tidak dikutuk menjadi batu. Sehingga nilai khusus dari Kisah Malin Kundang bertujuan untuk membangun karakter bangsa yang baik yaitu berbakti kepada orang tua.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved