Pertanyaan

Tradisi Banu merupakan salah satu contoh kearifan lokal pada masyarakat Pulau Timor. Jelaskan tujuan penerapan tradisi Banu!

Tradisi Banu merupakan salah satu contoh kearifan lokal pada masyarakat Pulau Timor. Jelaskan tujuan penerapan tradisi Banu! 

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Tradisi Banu adalah tradisi yang ada di Pulau Timor dengan tujuan untuk memelihara lingkungan utamanya kelestarian hutan . Tradisi Banu ini tercipta karena masyarakat di pulau tersebut sangat bergantung dengan hasil hutan sehingga keseimbangannya perlu dijaga. Dalam tradisi ini terdapat dua ritual yaitu Banu Naik dimana segala aktivitas yang berhubungan dengan hutan harus dihentikan. Ritual yang lain adalah Banu Turun yang mana segala aktivitas yang berkaitan dengan hutan boleh dilakukan kembali.

Tradisi Banu adalah tradisi yang ada di Pulau Timor dengan tujuan untuk memelihara lingkungan utamanya kelestarian hutan. Tradisi Banu ini tercipta karena masyarakat di pulau tersebut sangat bergantung dengan hasil hutan sehingga keseimbangannya perlu dijaga. Dalam tradisi ini terdapat dua ritual yaitu Banu Naik dimana segala aktivitas yang berhubungan dengan hutan harus dihentikan. Ritual yang lain adalah Banu Turun yang mana segala aktivitas yang berkaitan dengan hutan boleh dilakukan kembali. space 

264

4.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peta berikut! Salah satu wujud kebudayaan daerah pada peta yaitu...

607

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia