Roboguru

Tokoh yang menyatakan keberatan terhadap rumusan pancasila piagam jakarta adalah....

Pertanyaan

Tokoh yang menyatakan keberatan terhadap rumusan pancasila piagam jakarta adalah....

Pembahasan Soal:

Sebelum sidang pertama berakhir BPUPKI membentuk panitia kecil yang terdiri dari sembilan orang. Pembentukan panitia sembilan itu bertujuan untuk merumuskan tujuan dan maksud didirikannya Negara Indonesia. Panitia kecil itu terdiri atas, Ir. Sukarno, Muh. Yamin, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. A.A Maramis, Abdul Kahar Muzakkar, Wahid Hasyim, H. Agus Salim, dan Abikusno Cokrosuyoso. Panitia kecil itu menghasilkan rumusan yang menggambarkan maksud dan tujuan Indonesia Merdeka. Kemudian disusunlah rumusan bersama dasar negara Indonesia Merdeka yang kita kenal dengan Piagam Jakarta. Di dalam teks Piagam Jakarta itu juga dimuat lima asas yang diharapkan akan menjadi dasar dan landasan filosofi bagi Indonesia Merdeka yang berisikan.

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pada awalnya isi rumusan Piagam Jakarta ini tidak ada masalah bahkan di tanda tangani pula oleh Mr Alex Andries Martamis yang beragama kristiani. Tetapi pada tanggal 17 Agustus sore, Johannes Latuharhary adalah salah satu tokoh yang berasal dari timur datang dan menyatakan keberatannya terhadap kata “syari’at Islam” dalam Piagam Jakarta. Dia beralasan, jika tetap mencantumkan kata “syari’at Islam,” golongan Protestan dan Katolik lebih suka berdiri di luar Republik Indonesia. Sebenarnya Hatta sempat berargumentasi bahwa “syari’at Islam” bukan diartikan diskriminatif. Namun dia membuka peluang dengan mengatakan akan mengemukakannya dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 18 Agustus. pada 17 Agustus sore.  Maka, pada 18 Agustus pagi, sebelum sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dimulai, Hatta melakukan rapat pendahuluan dengan Ki Bagus Hadikusumo, Wahid Hasjim, Mr. Kasman Singodeimejo, dan Mr. Teuku Hasan. Hatta mengatakan kepada golongan islam tersebut supaya kita jangan pecah sebagai bangsa, kami mufakat untuk menghilangkan bagian kalimat yang menusuk hati kaum Kristen yaitu “syari’at Islam”. Awalnya golongan islam khususnya Ki Bagus Hadikusumo menentang keras permintaan tersebut.  Namun, Hatta tak putus asa. Dia kemudian memilih Kasman Singodimedjo untuk melunakkan hati Ki Bagus Hadikusumo. Penunjukan kepada Kasman dianggap paing tepat karena dia juga merupakan teman dekat dari Ki Bagus Hadikusumo. Memang pada awalnya Ki Bagus Hadikusumo menolak, bahkan dia merasa dikhianati. Namun, dia kemudian berhasil dibujuk dengan mengingatkan adanya ancaman pemisahan diri dari beberapa tokoh wilayah Indonesia timur tersebut. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Ki Bagus Hadikusumo. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan isi Piagam Jakarta yang merupakan hasil kerja Panitia Sembilan!

Pembahasan Soal:

Panitia Sembilan bertugas untuk membentuk dasar negara Indonesia. Panitia Sembilan berhasil merumuskan dasar negara yang disebut dengan Jakarta Charter atau Piagam Jakarta yang berisikan sebagai berikut.

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jadi, isi dari Piagam Jakarta adalah ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Roboguru

Siapakah yang merumuskan Jakarta Charter?

Pembahasan Soal:

Piagam Jakarta adalah sebuah dokumen historis berupa kompromi antara pihak agamais dan pihak nasionalis dalam  (BPUPKI) untuk menjembatani perbedaan pandangan dalam agama dan negara. Piagam Jakarta merupakan piagam atau naskah yang disusun dalam rapat panitia sembilan atau sembilan tokoh Indonesia pada tanggal 22 Juni 1945.

Dengan demikian Panitia Sembilan tersebut yaitu Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Sir A.A. Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, H. Agus Salim, Sir Achmad Subardjo, Wahid Hasyim, dan Sir Muhammad Yamin.

Roboguru

Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, beberapa tokoh menyetujui perubahan pada kalimat pertama dalam Piagam Jakarta. Salah satu tokoh yang menyetujui perubahan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Rakyat Indonesia Timur menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sila pertama dari Piagam Jakarta karena mayoritas dari mereka adalah pemeluk non-islam. Mereka menyampaikan usulan perubahan itu melalui seorang opsir Jepang bernama Nishijama, yang kemudian melaporkan ke Moh, Hatta. Kemudian, Moh. Hatta membawa permasalahan itu ke Sidang BPUPKI, sehingga sekarang hasilnya kita lihat pada sila pertama Pancasila.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Ketua panitia sembilan yaitu ....

Pembahasan Soal:

Panitia Sembilan dibentuk setelah Ir. Soekarno memberikan rumusan Pancasila. Adapun anggotanya adalah sebagai berikut: Ir. Soekarno (ketua), Drs. Mohammad Hatta (wakil ketua), Mr. Alexander Andries Maramis (anggota), Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota), Abdoel Kahar Moezakir (anggota), H. Agus Salim (anggota), Mr. Achmad Soebardjo (anggota), Kiai Haji Abdul Wahid Hasjim (anggota), Mr. Mohammad Yamin (anggota).

Dengan demikian, ketua panitia sembilan yaitu Ir. Soekarno.

Roboguru

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea 1 berisi pernyataan bahwa...

Pembahasan Soal:

Pembukaan UUD 1945 secara prinsip erat kaitannya dengan proklamasi maupun Pancasila. Dalam pembukaan tercantum permasalahan yang sangat berhubungan dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan RI.

Paragraf pertama dari Pembukaan UUD 1945 adalah: "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan." Dalam paragraf tersebut mengandung bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan dalam menyelami persoalan secara mendalam mengenai keadilan bukan keadaan kodrati yang sebenarnya.

Dengan demikian, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea 1 berisi pernyataan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved