Roboguru

Tokoh yang ditunjuk sebagai komandan Komando Operasi 17 Agustus dengan tugas meredam pemberontakan PRRI adalah...

Pertanyaan

Tokoh yang ditunjuk sebagai komandan Komando Operasi 17 Agustus dengan tugas meredam pemberontakan PRRI adalah...

  1. Letkol Kaharudin Nasution

  2. Brigjen Jatikusumo

  3. Letkol Ibnu Surowo

  4. Kolonel Ahmad Yani

  5. Kolonel Magenda

Pembahasan Soal:

Operasi 17 Agustus dilancarkan pada tahun 1958 tujuannya adalah untuk menumpas pemberontakan PRRI di Sumatra Barat. Operasi ini dipimpin oleh Kolonel A Yani untuk daerah Sumatera Barat. Seluruh pasukan Operasi 17 Agustus melakukan perlawanan dengan Permesta untuk menguasai jalan besar Tabing-Padang. Operasi 17 Agustus sendiri bertujuan untuk menguasai Bukittinggi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu upaya pemerintah dalam menumpas PRRI adalah ....

Pembahasan Soal:

Untuk meredakan pergolakan PRRI di daerah, maka pada tanggal 14 September 1957 dilaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) yang dihadiri tokoh-tokoh nasional baik di pusat maupun di daerah. Sebagai tindak lanjut Munas maka diselenggarakan Musyawarah Nasional Pembangunan (Munap) yang bertempat di Gedung Olahraga Medan Merdeka Selatan Jakarta. Diadakannya Munap ini bertujuan untuk merumuskan usaha-usaha pembangunan sesuai dengan keinginan daerah-daerah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Untuk menumpas pemberontakan PRRI dilakukan dengan jalan damai, tetapi mengalami kebuntuan. Oleh karena itu, pemerintah terpaksa melakukan operasi militer. Terangkan tujuan umum dilakukan operasi mili...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PRRI merupakan gerakan protes terhadap pemerintah pusat akibat ketidakpuasan mereka terhadap keputusan pemerintah pusat, dan bukan benar-benar merupakan gerakan separatisme yang ingin memisahkan diri, sehingga sering disebut pemberontakan setengah hati. Walaupun demikian, pemerintah pusat menganggap gerakan ini sebagai pemberontakan dan memutuskan untuk menumpasnya dengan angkatan bersenjata karena mengalami kebuntuan jika dihadapi secara damai.

Pemerintah melancarkan operasi gabungan yang diikuti oleh tiga matra, yaitu angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. Beberapa operasi militer digelar yakni Operasi Tegas, Operasi Merdeka, dan Operasi Sadar. Adapun operasi militer semacam ini memiliki tujuan untuk melemahkan serta menghentikan segala macam gerakan yang dianggap tidak sejalan dengan tujuan dan strategi nasional.

Dengan demikian, tujuan umum dilakukannya operasi militer terhadap PRRI adalah untuk memberangus pergerakan PRRI.

1

Roboguru

Apa upaya pemerintah dalam mengatasi pemberontakan dan pergorakan daerah?

Pembahasan Soal:

Memasuki tahun 1950-an, lndonesia sebagai bangsa yang baru merdeka mulai berdaulat dan belajar berpemerintahan sendiri. Bersamaan dengan itu, keadaan pasca perang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Infrastruktur, jalan dan jembatan, fasilitas publik yang hancur berantakan di masa perang nyaris belum tersentuh pembangunan kembali. Jatuh bangun pemerintahan mengakibatkan perhatian terhadap daerah terabaikan. Sementara itu, cita-cita kemerdekaan yang masih hangat dalam memori kolektif para pemimpin dan rakyat di daerah justru melahirkan kekecewaaan karena tidak sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya. Kekecewaan ini mendorong terjadinya pemeberontakan dan pergorakan daerah. Terdapat delapan pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia, yaknipemberontakan PKI di Madiun. pemberontakaan DI/TII, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan PRRI (Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia) di Sumatera Barat dan PERMESTA (Perjuangan Rakyat Semesta) di Sulawesi Utara, pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) di Jawa Barat, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka.

Dalam menghadapi berbagai pemberontakan ini, pemerintah Indonesia melakukan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan melalui musyawarah dan negosiasi untuk membujuk agar tidak melakukan pemberontakan dan cara kedua adalah menurunkan pasukan bersenjata hal ini disebabkan pemberontakan yang terjadi adalah pemberontakan bersenjata.

Dengan demikian, upaya pemerintah dalam mengatasi pemeberontakan dan pergorakan daerah adalah dengan musyawarah dan negosiasi serta pengerahaan pasukan bersenjata untuk menumpas pemberontakan.

0

Roboguru

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Permesta memperoleh bantuan dari sejumlah negara asing, seperti Taiwan, Jepang, Filipina, dan terutama Amerika Serikat, yang sama-sama anti-komunis. Untuk menumpas pemberontakan Permesta di Indonesia bagian timur di lancarkan sebuah operasi gabungan dengan nama Operasi Merdeka di bawah Operasi-operasi militer APRI di Indonesia bagian Timur menghadapi perlawanan yang lebih berat dibandingkan dengan operasi di Sumatra.

0

Roboguru

Penumpasan pemberontakan Permesta di­selesaikan melalui operasi militer dan per­undingan damai. Uraikan jalannya penumpasan pemberontakan Permesta tersebut!

Pembahasan Soal:

Untuk menumpas aksi Permesta, pemerintah melancarkan operasi gabungan. Operasi tersebut terdiri atas Operasi Merdeka yang dipimpin oleh Letkol Rukminto Hendraningrat dan Operasi Saptamarga I yang dipimpin Letkol Soemarsono dengan Sulawesi Utara bagian tengah sebagai sasaran operasi. Kedua operasi gabungan tersebut berada di bawah komando KSAD Mayor Jenderal A.H. Nasution.

Dengan demikian, operasi militer untuk menumpas pemberontakan Permesta adalah dilakukan dengan Operasi Merdeka dan Operasi Saptamarga I.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved