Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

akhir cerita peristiwa pemberontakan tersebut ialah pemberontakan berhasil ditumpas dengan operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia.

akhir cerita peristiwa pemberontakan tersebut ialah pemberontakan berhasil ditumpas dengan operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut ini cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis: Akhir cerita pemberontakanDI/TII yaitupemberontakan ditumpas dengan operasi pagar betisdengan dipimpin oleh Kolonel Ibrahim Ajrie, melakukan operasi bharatayudhadipimpin Letnan Suhanda. Penumpasan APRA yaitu menangkapSultanHamidII. Upaya Pemerintah Menumpas Pemberontakan Andi Azis. Dalam memberantas pemberontakan ini, Pemerintah Indonesia melakukan beberapa upaya, yakni pada 8 April 1950, Pemerintah Indonesia memberikan ultimatum yang isinya memerintahkan Andi Azis untuk segera melaporkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya ke Jakarta dalam waktu 4 x 24 jam. Andi Azis diperintahkan untuk menarik semua pasukannya dan menyerahkan semua senjata, serta membebaskan para tawanan. Nyatanya, semua ultimatum di atas tidak dipenuhi oleh Andi Azis. Untuk itu, Pemerintah Indonesia pun mengirim pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Pertempuran pun terjadi pada tanggal 26 April 1950. Dalam waktu singkat, pemberontakan ini berhasil ditumpas oleh TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Andi Azis pun ditangkap dan diadili di Yogyakarta. Nah, ternyata Quipperian, setelah diusut, pemberontakan ini didalangi oleh Dr. Soumokil, yakni dalang Pemberontakan RMS. Penumpasan RMSdilakukan oleh TNI sehingga TNI dapat menguasai Ambon. MengatasiPRRI/PERMESTA pemerintah melakukan operasi militer gabungan operasi merdeka dengan pimpinan Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat. Dengan demikian, akhir cerita peristiwa pemberontakan tersebut ialah pemberontakan berhasil ditumpas dengan operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia.

Berikut ini cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis:

  1. Akhir cerita pemberontakan DI/TII yaitu pemberontakan ditumpas dengan operasi pagar betis dengan dipimpin oleh Kolonel Ibrahim Ajrie, melakukan operasi bharatayudha dipimpin Letnan Suhanda.
  2. Penumpasan APRA yaitu menangkap Sultan Hamid II.
  3. Upaya Pemerintah Menumpas Pemberontakan Andi Azis. Dalam memberantas pemberontakan ini, Pemerintah Indonesia melakukan beberapa upaya, yakni pada 8 April 1950, Pemerintah Indonesia memberikan ultimatum yang isinya memerintahkan Andi Azis untuk segera melaporkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya ke Jakarta dalam waktu 4 x 24 jam. Andi Azis diperintahkan untuk menarik semua pasukannya dan menyerahkan semua senjata, serta membebaskan para tawanan. Nyatanya, semua ultimatum di atas tidak dipenuhi oleh Andi Azis. Untuk itu, Pemerintah Indonesia pun mengirim pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Pertempuran pun terjadi pada tanggal 26 April 1950. Dalam waktu singkat, pemberontakan ini berhasil ditumpas oleh TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Andi Azis pun ditangkap dan diadili di Yogyakarta. Nah, ternyata Quipperian, setelah diusut, pemberontakan ini didalangi oleh Dr. Soumokil, yakni dalang Pemberontakan RMS.
  4. Penumpasan RMS dilakukan oleh TNI sehingga TNI dapat menguasai Ambon.
  5. Mengatasi PRRI/PERMESTA pemerintah melakukan operasi militer gabungan operasi merdeka dengan pimpinan Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat.

Dengan demikian, akhir cerita peristiwa pemberontakan tersebut ialah pemberontakan berhasil ditumpas dengan operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan nama operasi penumpasan berikut! Operasi Mena I Operasi Tegas Operasi Saptamarga I Operasi Sadar Operasi untuk menumpas Permesta ditunjukkan pada nomor...

4

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia