Roboguru

Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Pertanyaan

Pada masa Demokrasi Liberal/ Parlementer timbul pergolakan di beberapa daerah, seperti pemberontakan DI/TII, APRA, Andi Aziz, MS, PRRI, dan Permesta. Menurut telaahmu, bagaimana cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis tersebut?

Pembahasan Soal:

Berikut ini cara pemerintah NKRI menumpas gerakan separatis:

  1. Akhir cerita pemberontakan DI/TII yaitu pemberontakan ditumpas dengan operasi pagar betis dengan dipimpin oleh Kolonel Ibrahim Ajrie, melakukan operasi bharatayudha dipimpin Letnan Suhanda.
  2. Penumpasan APRA yaitu menangkap Sultan Hamid II.
  3. Upaya Pemerintah Menumpas Pemberontakan Andi Azis. Dalam memberantas pemberontakan ini, Pemerintah Indonesia melakukan beberapa upaya, yakni pada 8 April 1950, Pemerintah Indonesia memberikan ultimatum yang isinya memerintahkan Andi Azis untuk segera melaporkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya ke Jakarta dalam waktu 4 x 24 jam. Andi Azis diperintahkan untuk menarik semua pasukannya dan menyerahkan semua senjata, serta membebaskan para tawanan. Nyatanya, semua ultimatum di atas tidak dipenuhi oleh Andi Azis. Untuk itu, Pemerintah Indonesia pun mengirim pasukan TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Pertempuran pun terjadi pada tanggal 26 April 1950. Dalam waktu singkat, pemberontakan ini berhasil ditumpas oleh TNI di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Andi Azis pun ditangkap dan diadili di Yogyakarta. Nah, ternyata Quipperian, setelah diusut, pemberontakan ini didalangi oleh Dr. Soumokil, yakni dalang Pemberontakan RMS.
  4. Penumpasan RMS dilakukan oleh TNI sehingga TNI dapat menguasai Ambon.
  5. Mengatasi PRRI/PERMESTA pemerintah melakukan operasi militer gabungan operasi merdeka dengan pimpinan Letnan Kolonel Rukminto Hendraningrat.

Dengan demikian, akhir cerita peristiwa pemberontakan tersebut ialah pemberontakan berhasil ditumpas dengan operasi militer yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses integrasi nasional didorong oleh beberapa faktor. Pernyataan berikut yang bukan merupakan faktor pendorong terciptanya integrasi nasional adalah ....

Pembahasan Soal:

Integrasi nasional adalah sebuah proses persatuan masyakat yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda menjadi satu keutuhan secara nasional yang diikat dalam kesatuan negara yang berdaulat. Indonesia adalah salah satu negara yang terlahir dari berbagai suku, agama, ras dan adat istiadat yang beragam atau berbeda.  Hal inilah yang membuat Indonesia yang mengutamakan integrasi nasional guna menghindari konflik atau perpecahan. Dalam menyatukan beragam perbedaan ini Indoenesia menciptakan pancasila sebagai ideologi negara, Garuda Pancasila sebagai Simbol negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara Indonesia. Yang bukan merupakan faktor pendukung integrasi nasional adalah

  1. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat
  2. Wilayah Indonesia yang sangat luas
  3. Berkurangnya toleransi antar golonga yang berada di masyarakat
  4. Pembangunan yang tidak merata
  5. Generasi muda yang mulai meninggalkan budaya nenek moyang atau budaya asli
  6. Masuknya budaya, kebiasaan dan makanan dari negara asing.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Berikut ini merupakan operasi militer untuk menumpas pemberontakan DI/TII Jawa Barat adalah ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat di pimpin oleh Kartosuwiryo pada tahun 1948. Latar belakang pemberontakan DI/TII Jawa Barat adalah keinginanKartosuwiryo dalam mendirikan negara Islam serta penolakannya terhadap pemindahan pasukan Hizbullah dan Sabilillah dari Jawa Barat sebagai dampak dari Perjanjian Renville. Pemberontakan tersebut selanjutnya direspon pemerintah dengan melakukan operasi militer tahun 1959, yang bernama "Operasi Pagar Betis". Melalui operasi ini, Kartosuwiryo berhasil ditangkap pada tahun 1962.

Dengan demikian operasi militer untuk menumpas pemberontakan DI/TII Jawa Barat adalah operasi Pagar Betis.

Roboguru

PKI menuntut Pemerintah Indonesia untuk membentuk Angkatan Kelima dengan tujuan ….

Pembahasan Soal:

Angkatan Kelima adalah unsur pertahanan keamanan Republik Indonesia yang merupakan gagasan Partai Komunis Indonesia (PKI). Angkatan ini diambil dari kalangan buruh dan petani yang dipersenjatai. Pada masa Demokrasi terpimpin, Partai Komunis Indonesia merupakan partai besar Indonesia pasca Pemilu 1955 dan termasuk ke dalam unsur dalam konsep Nasakom (Nasional, Agama dan Komunis). Dengan situasi politik yang penuh gejolak dan seruan revolusioner dari Presiden Sukarno serta banyaknya konflik seperti Irian Barat (Trikora) dan Ganyang Malaysia (Dwikora) yang membutuhkan banyak sukarelawan-sukarelawan, PKI kemudian mengajukan usul kepada pemerintah/presiden untuk membentuk angkatan kelima yang terdiri atas kaum buruh dan tani yang dipersenjatai. Tujuan dari dibentuknya angkatan kelima ini adalah untuk mempersenjatai kalanganburuh dan petani sehingga dapat bersiap untuk merebut pemerintahan.undefined

Dengan demikian, tujuan angkatan kelima adalah mempersiapkan pasukan bersenjata untuk merebut pemerintahan yang sah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Roboguru

Tokoh pemberontakan PKI Madiun yang dikenal sebagai simpatisan PKI sejak lama adalah...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan kalangan Sosialis jilid II berlangsung pada 18 September 1948 di Madiun, setelah pada dasawarsa 1920-an golongan ini pernah melakukan hal yang sama pada pemerintah kolonial Hindia Belanda. Pemberontakan PKI 1948 yang dikenal sebagai Peristiwa Madiun bermula dari situasi yang bersifat politis, dalam hal ini Kabinet Amir Sjarifuddin dibubarkan oleh manuver Hatta. Oleh sebab itu, Amir Sjarifuddin yang sosialis menghimpun simpatisan kalangan sosialis untuk bersatu dalam wadah Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang terdiri dari Partai Sosialis Indonesia, PKI, Pesindo, PBI, dan Sarbupri. FDR ini bertujuan untuk menentang kabinet Hatta. Kalangani FDR ini lantas beraliansi dengan pihak Partai Komunis Indonesia (PKI) pimpinan Muso. Gerakan politis ini lantas menjelma sebagai sebuah gerakan pemberontakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Pemberontakan APRA di Jawa Barat pada tahun 1950 mempunyai tujuan ...

Pembahasan Soal:

Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) adalah milisi dan tentara swasta pro-Belanda yang didirikan pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Milisi ini didirikan oleh mantan Kapten DST KNIL Raymond Westerling setelah demobilisasinya dari kesatuan Depot Speciale Troepen (depot pasukan khusus KNIL) pada tanggal 9 Januari 1949. Nama milisi ini berasal dari bagian dari kitab ramalan Jawa Kuno Ramalan Jayabaya yang meramalkan kedatangan seorang "Ratu Adil" yang merupakan keturunan Turki. Karena mempunyai warisan darah campuran Turki, Westerling memandang dirinya sebagai sang "Ratu Adil" yang diramalkan akan membebaskan rakyat Indonesia dari tirani. Westerling berusaha untuk mempertahankan adanya negara-negara federal dalam Republik Indonesia Serikat melawan kesatuan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Sukarno dan Hatta yang dianggapnya didominasi oleh orang Jawa.undefined

Dengan demikian, maka tujuan APRA adalah mempertahankan adanya negara-negara federal dalam Republik Indonesia Serikat melawan kesatuan Republik Indonesia. Di Jawa Barat, negara serikat yang dimaksud adalah negara Pasundan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved