Roboguru

Tokoh utama pada teks drama diatas adalah ....

Pertanyaan

Tokoh utama pada teks drama diatas adalah ....space  

  1. Renasspace  

  2. Ririnspace  

  3. Robispace  

  4. Zainalspace  

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

Tokoh adalah pelaku yang memerankan seorang karakter dalam cerita. Tokoh drama terdiri atas tokoh utama dan tokoh pembantu. 

Tokoh utama disebut juga dengan primadona, sedangkan peran pembantu disebut dengan figuran. Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi sentral cerita dalam pementasan drama. 

Pada kutipan drama tersebut terdapat kalimat:

  • Renas: Eh kalian udah belajar buat ulangan besok? 
  • Renas: Apa? Kalau nilai ulangannya jelek bisa dihukum. 
  • Renas: Bukan! Kali ini hukumannya serem, harus ikut pelajaran tambahan setiap pulang sekolah. Kamu sudah belajar Rin? (Melirik ke arah Ririn).

Berdasarkan kutipan drama tersebut, alur drama terjadi karena pembicaraan yang diucapkan tokoh Renas. Tokoh Renas yang mengawali bertanya tentang ulangan besok, memberitahukan jika nilai ulangan jelek bisa dihukum,  jenis hukuman yang akan diberikan, dan bertanya apakah Ririn sudah belajar. Kita dapat mengetahui tokoh utama dalam drama, yaitu Renas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dari kata-katanya, perasaan yang dialami tokoh Mardinah adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur drama adalah dialog. Di dalam dialog, terdapat tokoh dan percakapan yang diucapkan oleh tokoh. Tokoh merupakan karakter atau orang yang terlibat dalam jalan cerita. Tokoh berhubungan erat dengan penokohan atau perwatakan. Perwatakan tersebut dapat diidentifikasi dari dialog diucapkan atau ekspresi dan gerak-gerik di panggung.

Melalui dialog yang diucapkan oleh tokoh Maskun, kita dapat menyimpulkan peristiwa yang sedang terjadi, yaitu Maskun sedang mengalami pertikaian dengan anaknya. Kemudian Mardinah yang tidak mengetahui kejadian sebenarnya, Ia merasa terkejut dan tertekan melihat dan mendengar sikap dan perkataan Maskun sehingga seketika itu Mardinah menanyakan apakah ada sesuatu yang salah?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Perempuan tua           : “Sabarlah, Ia masih sakit” Satilawati                    : “Betul ia sakit? Sakit turunan?” Perempuan tua           : “Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili” ...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah hal yang mendasari munculnya suatu cerita. Masalah ini sangat sentral sehingga jika masalah ini dilepas dari sebuah cerita, sebagian besar cerita akan hilang. Dalam kutipan di atas, hal penting yang menjiwai munculnya cerita tersebut adalah upaya Kartili untuk merebut Satilawati dari Ishak hingga dia tega mencelakakan Ishak dengan mengirim santet kepadanya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Cuplikan drama tersebut bertopik ....

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Adapun unsur dalam drama berupa unsur intrinsik, yaitu bagian yang terdapat dalam cerita dan memengaruhi isi cerita. Salah satu unsur intrinsik drama dalah tema, yaitu inti atau ide dasar sebuah drama.

Dalam cuplikan drama di atas menunjukkan bahwa mereka sedang mencegah musuh masuk dalam sebuah peperangan. Oleh karena itu, cuplikan drama tersebut bertopik peperangan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Rudi memerankan seorang tokoh dalam sebuah pementasan drama. Ia memakai kostum kaos oblong putih, celana pendek hitam, memakai caping, dan membawa cangkul. Tokoh apakah yang diperankan oleh Rudi?

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Adapun salah satu unsur intrinsik drama adalah tokoh, yaitu pelaku dalam drama. Berdasarkan deskripsi tokoh pada pernyataan di atas, dapat diketahui bahwa tokoh yang diperankan Rudi adalah petani.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Perhatikan penggalan percakapan berikut! "Apa? Anak tetangga itu mencuri mangga-mangga kita lagi? Cepat suruh dia datang ke sini untuk minta maaf!" Kalimat di atas diucapkan dengan ekspresi ....

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Dialog adalah percakapan antara dua tokoh atau lebih dalam drama. Dalam mementaskan drama, agar dialog menimbulkan latar suasana yang tepat, para tokoh melakukan dialog dengan memperhatikan nada dan ekspresinya. Berdasarkan kutipan teks drama di atas, dapat diketahui bahwa kalimat di atas diucapkan dengan ekspresi marah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved