Iklan

Iklan

Pertanyaan

Imran : ( putus asa ) “Brenti! Brenti” ( Tapi si gadis tidak berhenti, tidak gentar. Sikap dan wajahnya begitu tenang dan pasti. Tangan Imran yang mengacungkan pistol jadi gemetar penuh keraguan. Lalu sedepa di hadapan Imran, si Gadis berhenti. ) Si Gadis : “Bapak, kalau saya bersalah, dan harus mati, hukumlah saya! Saya mminta, sebagai permintaan penghabisan, sebelum Bapak menjalankan hukuman mati pada saya. Bapak, saya minta pada Bapak, pergilah bersembunyi ke balik bukit di atas sana, sebelum patrol Belanda datang ke sini. Saya tidak mau menjadi sebab kematian Bapak, saya tidak mau! ( Gadis terdiam dan Imran tidak bergerak. Suara truk semakin jelas ). Si Gadis : “Saya hanya menolong. Menolong saja. Serdadu NICA ini datang luka parah ke sini. Dia saya rawat. Bapak dan adik saya memanggil patrol Belanda ke danau, untuk menjemputnya supaya di bawa kerumah sakit. Saya juga merawat Bapak sedapat saya. Salahkah saya memberikan pertolongan pada dia, Pak? Atau salahkah saya telah memberi pertolongan kepada Bapak?” ( Air mata si Gadis begitu bening dan suci. Imran tidak bisa menjawab. Dan keadaan tambah sunyi. ) ( Sekelumit Nyantian Sunda , Nasyah Jamin) Masalah dalam kutipan tersebut adalah ....

Imran               : (putus asa) “Brenti! Brenti” (Tapi si gadis tidak berhenti, tidak gentar. Sikap dan wajahnya begitu tenang dan pasti. Tangan Imran yang mengacungkan pistol jadi gemetar penuh keraguan. Lalu sedepa di hadapan Imran, si Gadis berhenti.)

Si Gadis          : “Bapak, kalau saya bersalah, dan harus mati, hukumlah saya! Saya mminta, sebagai permintaan penghabisan, sebelum Bapak menjalankan hukuman mati pada saya. Bapak, saya minta pada Bapak, pergilah bersembunyi ke balik bukit di atas sana, sebelum patrol Belanda datang ke sini. Saya tidak mau menjadi sebab kematian Bapak, saya tidak mau! (Gadis terdiam dan Imran tidak bergerak. Suara truk semakin jelas).

Si Gadis         : “Saya hanya menolong. Menolong saja. Serdadu NICA ini datang luka parah ke sini. Dia saya rawat. Bapak dan adik saya memanggil patrol Belanda ke danau, untuk menjemputnya supaya di bawa kerumah sakit. Saya juga merawat Bapak sedapat saya. Salahkah saya memberikan pertolongan pada dia, Pak? Atau salahkah saya telah memberi pertolongan kepada Bapak?” (Air mata si Gadis begitu bening dan suci. Imran tidak bisa menjawab. Dan keadaan tambah sunyi.)

(Sekelumit Nyantian Sunda, Nasyah Jamin)

Masalah dalam kutipan tersebut adalah ....

  1. Kebimbangan Imran untuk membunuh si Gadis

  2. Kebimbangan Imran untuk membunuh serdadu NICA

  3. Keraguan Imran untuk segera bersembunyi ke balik bukit

  4. Kecurigaan Imran atas pertolongan si Gadis pada dirinya 

  5. Kecurigaan Imran atas pertolongan si Gadis pada serdadu NICA

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Kutipan drama tersebut menceritakan Imran yang menodongkan pistol ke arah si gadis karena mencurigai si gadis adalah serdadu NICA, padahal ia hanya datang untuk menolong mengobati serdadu NICA yang membutuhkan pertolongan. Maka, masalah dalam kutipan teks tersebut adalah kecurigaan Imran atas pertolongan si Gadis pada dirinya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Kutipan drama tersebut menceritakan Imran yang menodongkan pistol ke arah si gadis karena mencurigai si gadis adalah serdadu NICA, padahal ia hanya datang untuk menolong mengobati serdadu NICA yang membutuhkan pertolongan. Maka, masalah dalam kutipan teks tersebut adalah kecurigaan Imran atas pertolongan si Gadis pada dirinya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Mengenal Drama

Bentuk Drama

Unsur Intrinsik Drama

Elemen Drama

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

547

Achmad Alfun

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perempuan tua : "Sabarlah, ia masih sakit" Satilawati : "Betul ia sakit? Sakit turunan?" Perempuan tua : "Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili" Satilawati : "Nenek!" Perempu...

72

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia