Roboguru

Tingkat kelahiran menurun sedikit demi sedikit, se...

Tingkat kelahiran menurun sedikit demi sedikit, sehingga pertumbuhan penduduk rendah dan kematian stabil, merupakan pertumbuhan penduduk periode ...undefined

  1. Pertama

  2. Kedua

  3. Kelima

  4. Ketiga

  5. Keempat

Jawaban:

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya, yang mempengaruhi oleh kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan penduduk (migrasi). Pertumbuhan penduduk mengalami 4 periode yaitu:

  1. Periode I; Pertumbuhan penduduk berjalan dengan lambat yang ditandai dengan adanya tingkat kelahiran dan kematian yang rendah sehingga disebut periode statis.
  2. Periode II; Angka kematian mulai turun karena adanya perbaikan gizi makanan dan kesehatan. Akibat dari itu semua pertumbuhan penduduk menjadi cepat mengingat angka kelahiran yang masih tinggi.
  3. Periode III; Tingkat pertumbuhan penduduk mulai turun. Tingkat kematian pada periode ini stabil sampai pada tingkat rendah dan angka kelahiran menurun, penyebabnya antara lain adanya pembatasan jumlah anggota keluarga.
  4. Periode IV; Pada masa ini tingkat kematian stabil, tetapi tingkat kelahiran menurun secara perlahan sehingga pertumbuhan penduduk rendah. Periode ini di sebut periode penduduk stasioner.

Jadi jawaban yang tepat adalah E.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved