Roboguru

Faktor utama pertumbuhan penduduk alami dalam sebuah negara adalah ....

Pertanyaan

Faktor utama pertumbuhan penduduk alami dalam sebuah negara adalah ....space 

  1. lahir dan mati

  2. lahir dan migrasi

  3. mati dan migrasi

  4. urbanisasi dan mati

  5. lahir dan urbanisasi

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu daerah atau negara. Pertumbuhan penduduk dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total.

  • Pertumbuhan penduduk alami. Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang didapat dari selisih antara jumlah kelahiran dan kematian.
  • Pertumbuhan penduduk migrasi. Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang didapat dari selisih antara jumlah migrasi masuk (imigrasi) dan jumlah migrasi keluar (emigrasi).
  • Pertumbuhan penduduk total. Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang didapat dari selisih penjumlahan pertumbahan penduduk alami dan pertumbuhan penduduk migrasi.

Dengan demikian, jawaban untuk soal diatas adalah faktor kelahiran dan kematian. Jadi, jawaban yang tepat adalah Aspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

..... adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dengan cara mengurangi angka kelahiran dengan angka kematian.

Pembahasan Soal:

Dinamika Penduduk adalah perubahan / pertumbuhan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena adanya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Pertumbuhan penduduk secara umum dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan migrasi, dan pertumbuhan penduduk total. Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dengan cara mengurangi angka kelahiran dengan angka kematian.spacePertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih migrasi masuk dan migrasi keluar. Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.space space 

0

Roboguru

Dampak pertumbuhan penduduk rendah dan pendapatan per kapita penduduk tinggi suatu negara adalah peningkatan ...

Pembahasan Soal:

Rendahnya tingkat pertumbuhan penduduk suatu negara akan berdampak terhadap menurunnya jumlah penduduk usia muda yang belum produktif. Angka ketergantungan negara tersebut juga akan berkurang karena beban hidup yang menjadi tanggungan penduduk usia produktif menjadi lebih sedikit. Hal itu tentu dapat meningkatkan pendapatan per kapita suatu negara sehingga mampu meningkatkan angka harapan hidup serta kesejahteraan masyarakat. Fenomena seperti ini merupakan ciri-ciri dari negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang.

0

Roboguru

Dampak pertumbuhan pendudukan yang pesat pada kehidupan penduduk yaitu kesehjateraan penduduk ....

Pembahasan Soal:

Pada pertumbuhan penduduk ada yang dinamakan angka ketergantungan penduduk. Pada realita kehidupan ketergantungan penduduk bisa ditekan apabila jumlah angka penduduk usia produktif lebih banyak. Oleh karena itu bisa menekan angka ketergantungan. Soal menyatakan bahwa apabila pertumbuhan penduduk sangat pesat hal ini akan menjadikan bonus demografi. Oleh karena itu kesejahteraan meningkat, karena beban tanggunannya kecil. Karena semuanya usia produktif.

0

Roboguru

Dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi adalah...

Pembahasan Soal:

Dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi meliputi:

  • Tingkat kemiskinan semakin meningkat 
  • Kekurangan pangan
  • Timbulnya permukiman atau daerah kumuh di perkotaan 
  • Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan karena lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar. 
  • Meningkatnya kebutuhan ruang dan lingkungan hidup.
  • Timbulnya masalah sosial seperti kemiskinan dan konflik antar penduduk.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A dan E. undefinedundefined

0

Roboguru

Tingkat kelahiran menurun sedikit demi sedikit, sehingga pertumbuhan penduduk rendah dan kematian stabil, merupakan pertumbuhan penduduk periode ...

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya, yang mempengaruhi oleh kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan penduduk (migrasi). Pertumbuhan penduduk mengalami 4 periode yaitu:

  1. Periode I; Pertumbuhan penduduk berjalan dengan lambat yang ditandai dengan adanya tingkat kelahiran dan kematian yang rendah sehingga disebut periode statis.
  2. Periode II; Angka kematian mulai turun karena adanya perbaikan gizi makanan dan kesehatan. Akibat dari itu semua pertumbuhan penduduk menjadi cepat mengingat angka kelahiran yang masih tinggi.
  3. Periode III; Tingkat pertumbuhan penduduk mulai turun. Tingkat kematian pada periode ini stabil sampai pada tingkat rendah dan angka kelahiran menurun, penyebabnya antara lain adanya pembatasan jumlah anggota keluarga.
  4. Periode IV; Pada masa ini tingkat kematian stabil, tetapi tingkat kelahiran menurun secara perlahan sehingga pertumbuhan penduduk rendah. Periode ini di sebut periode penduduk stasioner.

Jadi jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved