Roboguru

Terangkan arti berpikir diakronik dalam sejarah !

Pertanyaan

Terangkan arti berpikir diakronik dalam sejarah !

Pembahasan Soal:

Berpikir diakronik dalam sejarah artinya berpikir mengenai peristiwa sejarah secara menyeluruh dalam runtutan waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang. Adapun tujuan konsep berpikir diakronik adalah melihat perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan peristiwa sejarah tersebut.

Dengan demikian, konsep berpikir diakronik dalam sejarah artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sesuatu yang melintas, melalui atau melampaui batas waktu merupakan definisi dari ...

Pembahasan Soal:

Salah satu cara berpikir dalam sejarah, yaitu diakronik. Secara etimologi, diakronik berasal dari bahasa Yunani, dia dan chronos. Dia artinya melintas, melampaui, atau melalui, sementara chronos berarti waktu. Jadi, diakronik memiliki pemahaman sebagai sesuatu yang melintas, melampaui dan melalui dalam batasan-batasan waktu.
Dalam konteks cara berpikir sejarah, diakronik diartikan sebagai cara pandang terhadap peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadian (kronologis). Sifatnya adalah memanjang dalam waktu tapi sempit dalam ruang, dalam arti memahami peristiwa sejarah tidak berdiri sendiri melainkan buah akibat dari peristiwa sejarah yang lain. Karena itu, ia lebih melihat peristiwa sejarah secara urutan waktu.

Jadi jawaban benar adalah C.

1

Roboguru

Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa.....

Pembahasan Soal:

Jawaban: c

0

Roboguru

Salah satu berpikir sejarah yang memiliki pengertian perjalanan sepanjang waktu adalah….

Pembahasan Soal:

Cara berpikir diakronik sering dikaitkan dengan cara berpikir kronologis. Kronologis berasal dari bahasa Yunani, yaitu chronos yang berarti waktu dan logos yang berarti ilmu atau uraian. Jadi, kronologi adalah ilmu tentang waktu yang membantu dalam menyusun peristiwa-peristiwa sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Ketika seseorang mampu berpikir dalam aspek diakronik, maka seseorang tersebut akan mampu berpikir secara runtut, teratur, juga berkesinambungan.

Berdasarkan pernyataan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Perbedaan antara konsep sinkronis dengan diakronik terletak pada....

Pembahasan Soal:

Perbedaan diakronik dan sinkronik bisa dilihat dari sifatnya yang berbeda. Sejarah dapat dipastikan bersifat diakronik, artinya pembahasannya memanjang dalam waktu. Sejarah akan membicarakan suatu peristiwa dengan kronologis. Sifat diakronik dalam sejarah mengutamakan memanjangnya gambaran peristiwa dalam dimensi waktu tetapi dalam ruang yang terbatas. Berbeda dengan sinkronik, ketika sejarah bersentuhan dengan ilmu sosial, seperti sosiologi, geografi, dan ekonomi, maka sejarah sekarang menjadi ilmu yang bersifat sinkronik. Cara sinkronik ini akan memberikan gambaran tentang peristiwa sejarah  secara luas. Kita dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya dalam satu peristiwa tersebut Dengan demikian, peristiwa tersebut bisa kita jelaskan secara lengkap. Cara berpikir sinkronik bisa membantu kita untuk mengetahui hal-hal detail yang terjadi pada peristiwa sejarah sehingga tidak hanya mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis saja. Perbedaan diakronik dan sinkronik terletak pada sifat dari masing-masing cara bepikir tersebut. Walaupun diakronik dan sinkronik itu berbeda, tetapi dalam mengkaji peristiwa sejarah, kedua cara berpikir ini bisa sama-sama digunakan. Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya cara berpikir sejarah baik diakronik maupun sinkronik saling melengkapi. Penggabungan cara berpikir sinkronik dan diakronik dapat menghasilkan pemahaman bukan hanya tentang apa yang terjadi pada peristiwa sejarah , melainkan juga mengapa peristiwa sejarah itu bisa terjadi. Itulah pentingnya cara berpikir diakronik dan sinkronik dalam pembelajaran sejarah ysng membuat kita bisa memahami apa yang terjadi dan mengapa peristiwa itu bisa terjadi.

Dengan demikian, perbedaan dari diakronik dan sinkronik terletak pada sifat dari masing-masing cara bepikir tersebut.

6

Roboguru

Kuntowijoyo dalam pandangannya sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik dan empris. Sejarah bersifat diakronis karena ....

Pembahasan Soal:

Kuntowijoyo merupakan sejarawan, sastrawan, dan budayawan Indonesia. Ia mengungkapkan gagasan terkait lima sifat sejarah yakni fakta, diakronis, ideografis, unik, dan empiris yang dipaparkan sebagai berikut.

  1. Fakta, bahwa peristiwa sejarah benar-benar terjadi dan bukan berasal dari hasil rekayasa manusia. Untuk memperoleh fakta sebuah peristiwa harus terverifikasi atau telah melalui proses pengujian data.
  2. Diakronis, memanjang dalam waktu di mana setiap peristiwa saling berkaitan dan dapat dikaji perkembangannya berdasarkan urutan waktu tertentu.
  3. Ideografis, deskripsi peristiwa untuk memperoleh pemahaman dan makna dari peristuwa sejarah tersebut.
  4. Unik, bahwa peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak akan ada peristiwa yang sama persis dapat berulang.
  5. Empiris, sejarah ditulis berdasarkan pengalaman manusia yang sebenarnya baik pengalaman indrawi maupun batin.

Dengan demikian, jawaban yang paling benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved