Roboguru

Dengan belajar sejarah, seseorang dapat berpikir secara runtut, teratur, dan berkesinambungan. Dengan demikian, sejarah mengajarkan cara berpikir ...

Pertanyaan

Dengan belajar sejarah, seseorang dapat berpikir secara runtut, teratur, dan berkesinambungan. Dengan demikian, sejarah mengajarkan cara berpikir ...

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari serangkaian peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dalam kehidupan manusia. Kompleksnya peristiwa di masa lalu itu seringkali membuat pemahaman terhadap sejarah menjadi kabur. Meski begitu, agar lebih mudah memahaminya secara runut dan sistematis, dalam sejarah dikenal cara berpikir diakronik.

Secara etimologis, kata diakronik berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu dia yang artinya melintas, melampaui atau melalu, dan chronos yang artinya waktu. Jadi, dipahami bahwa diakronik artinya sesuatu yang melintas, melampaui atau melalui dalam batasan waktu. Dalam konteks cara berpikir, diakronik dalam sejarah erat kaitannya dengan kronologi, yakni pemahaman terhadap peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya. Hal ini dilakukan agar peristiwa sejarah menjadi runut, sistematis, dan berkesinambungan. Dengan kronologis, maka peristiwa sejarah  dapat dipahami berdasarkan urutan waktu kejadiannya.

Jadi, sejarah mengajarkan cara berpikir yang diakronik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 27 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada umumnya cara berpikir diakronik dapat diterapkan dalam ranah ilmu ….

Pembahasan Soal:

Pada umumnya sejarah hanya menggunakan cara berpikir diakronis. Cara berpikir diakronik merupakan cara berpikir kronologis (urutan) dalam menganalisis sesuatu. Kronologis adalah sebuah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya. Kronologi di dalam peristiwa atau kejadian sejarah dapat membantu dalam merekonstruksi kembali suatu peristiwa atau kejadian itu dengan berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu juga dapat membantu untuk dapat membandingkan kejadian sejarah itu di dalam waktu yang sama pada tempat berbeda yang terkait mengenai peristiwanya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

1

Roboguru

Cara berpikir sejarah dengan mengutamakan waktu dikenal dengan istilah ...

Pembahasan Soal:

Pengungkapan peristiwa sejarah dilakukan dengan cara berpikir diakronik dan sinkronik. Cara berpikir sinkronik adalah cara berpikir sejarah yang mengutamakan ruang, tetapi terbatas dalam waktu. Sementara itu, cara berpikir diakronik adalah cara berpikir yang mengutamakan waktu, tetapi terbatas dalam ruang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut Tanam Paksa (1830 – 1870) "Pada tahun 1830 saat pemerintah Belanda hampir bangkrut setelah terlibat Perang Diponegoro (1825-1830), kondisi ini diperparah dengan pecahnya Pera...

Pembahasan Soal:

Konsep berpikir terbagi menjadi dua, yakni sinkronik dan diakronik. Pengertian sejarah secara sinkronik adalah mempelajari peristiwa sejarah dengan berbagai aspeknya pada kurun waktu yang terbatas sehingga meneliti gejala-gejala secara meluas dalam ruang. 

Sedangkan konsep berpikir diakronik menguraikan proses dan urutan kejadian suatu peristiwa secara kronologis. Dalam uraian di atas, konsep berpikir sejarah yang digunakan adalah diakronik. Hal tersebut dikarenakan uraian memahas mengenai kronologi pelaksanaan sistem tanam paksa di Indonesia, mulai dari lahirnya kebijakan tanam paksa hingga berakhirnya sistem tanam paksa. 

Dengan demikian, sesuai dengan peristiwa tanam paksa pada teks tersebut, konsep berpikir sejarah yang digunakan adalah Diakronik. Dan jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Terangkan arti berpikir diakronik dalam sejarah !

Pembahasan Soal:

Berpikir diakronik dalam sejarah artinya berpikir mengenai peristiwa sejarah secara menyeluruh dalam runtutan waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang. Adapun tujuan konsep berpikir diakronik adalah melihat perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan peristiwa sejarah tersebut.

Dengan demikian, konsep berpikir diakronik dalam sejarah artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang.

0

Roboguru

Kuntowijoyo dalam pandangannya sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik dan empris. Sejarah bersifat diakronis karena ....

Pembahasan Soal:

Kuntowijoyo merupakan sejarawan, sastrawan, dan budayawan Indonesia. Ia mengungkapkan gagasan terkait lima sifat sejarah yakni fakta, diakronis, ideografis, unik, dan empiris yang dipaparkan sebagai berikut.

  1. Fakta, bahwa peristiwa sejarah benar-benar terjadi dan bukan berasal dari hasil rekayasa manusia. Untuk memperoleh fakta sebuah peristiwa harus terverifikasi atau telah melalui proses pengujian data.
  2. Diakronis, memanjang dalam waktu di mana setiap peristiwa saling berkaitan dan dapat dikaji perkembangannya berdasarkan urutan waktu tertentu.
  3. Ideografis, deskripsi peristiwa untuk memperoleh pemahaman dan makna dari peristuwa sejarah tersebut.
  4. Unik, bahwa peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak akan ada peristiwa yang sama persis dapat berulang.
  5. Empiris, sejarah ditulis berdasarkan pengalaman manusia yang sebenarnya baik pengalaman indrawi maupun batin.

Dengan demikian, jawaban yang paling benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved