Roboguru

Teori yang menyatakan bahwa jerapah memanjangkan lehernya untuk dapat menjangkau daun di dahan yang tinggi dikemukakan oleh. . . .

Pertanyaan

Teori yang menyatakan bahwa jerapah memanjangkan lehernya untuk dapat menjangkau daun di dahan yang tinggi dikemukakan oleh. . . .space space 

  1. Weismannspace space 

  2.  Darwinspace space 

  3. Linnaeusspace space 

  4. Aristotelesspace space  

  5. Lamarckspace space 

Pembahasan Soal:

De Lamarck menyatakan bahwa evolusi terjadi saat organisme menggunakan suatu bagian tubuh dengan suatu cara sehingga bagian tubuh itu berubah sepanjang hidupnya dan perubahan tersebut diwariskan ke keturunannya. Contohnya jerapah memanjangkan lehernya  untuk menjangkau daun di dahan tinggi selanjutnya lehernya menjadi memanjang dan diwariskan ke keturunannya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa jerapah memiliki leher panjang padahal pada jaman dulu lehernya pendek ?

Pembahasan Soal:

Menurut teori evolusi Jean-Baptiste Lamarck (seorang naturalis Perancis), bagian tubuh yang terus-menerus dipakai makhluk hidup dalam menghadapi lingkungan tertentu akan menjadi lebih besar dan lebih kuat dibandingkan anggota tubuh yang jarang digunakan. Sementara anggota tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran. Sifat atau ciri-ciri yang diperoleh makhluk hidup dalam beradaptasi dengan lingkungannya tersebut kemudian akan diwariskan kepada keturunannya. Lamarck memberikan contoh mengenai teorinya tersebut dengan spesies jerapah leher pendek dan panjang. Pada jaman dahulu, jerapah memiliki leher yang pendek, namun karena lehernya terus menerus menjulur untuk mendapatkan daun di pohon yang tinggi, leher jerapah mulai menjadi panjang. Leher panjang inilah yang diwariskan ke semua keturunannya.  

Roboguru

Menurut pendapat Lamarck, prinsip yang mendasari terbentuknya jerapah modern berleher panjang adalah...

Pembahasan Soal:

Lamarck berpendapat bahwa nenek moyang jerapah adalah jerapah leher pendek pemakan daun-daunan di pohon, bukan pemakan rumput. Untuk mencapai daun-daun yang tinggi, jerapah leher pendek harus merenggangkan dan memanjangkan lehernya hingga lehernya menjadi semakin panjang. Kemudian perubahan pada tubuh jerapah berupa sifat leher panjang akan diwariskan pada keturunannya dan proses tersebut terus berlanjut hingga semua jerapah yang hidup pada saat ini berleher panjang. Dari evolusi jerapah yang dipaparkan oleh Lamarck terlihat bahwa mekanisme use and disuse berlaku, yaitu digunakannya leher jerapah sehingga yang awalnya pendek berkembang menjadi panjang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

"Jika seekor mamalia selalu memanjangkan hidungnya untuk mencapai udara dan memakan makanan, hidung itu akan memanjang dan ciri ini akan diwariskan kepada keturunannya."Hipotesis semacam ini dikemukak...

Pembahasan Soal:

Hipotesis seperti pada soal dikemukakan oleh J.B. Lamarck. Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu:

  • Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan) bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.
  • Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah leher panjang?

Pembahasan Soal:

Menurut Darwin, evolusi berlangsung karena adanya seleksi alam. Hanya individu-indivu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan lingkungannya yang mampu bertahan hidup dan berkembang biak. Individu-individu yang tidak mampu beradaptasi akan mati sebelum berkembangbiak. Kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak dapat diwariskan dari induk kepada keturunannya.

Contoh : Darwin berpendapat panjangnya leher jerapah merupakan salah satu contoh seleksi alam. Pada mulanya, jerapah memiliki panjang leher yang bervariasi. Jerapah berleher panjang mampu menjangkau daun-daun yang ada di pucuk pohon untuk makanannya, akibatnya jerapah berleher panjang mampu bertahan hidup dan bisa melakukan perkawinan. Sementara jerapah berleher pendek akan kekurangan pangan karena tidak mampu menjangkau daun-daun yang tinggi akibatnya atau terseleksi oleh alam.

Sementara itu, menurut Lamarck, evolusi terjadi saat suatu organisme menggunakan suatu organ tubuh secara terus menerus sehingga organ tubuh tersebut mengalami perubahan (hukum "use and disuse" atau "yang digunakan dan yang tidak digunakan"). Bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi lebih besar dan kuat. Sementara bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran. Perubahan sifat atau ciri-ciri yang diperoleh dari lingkungan tersebut dapat diwariskan kepada keturunannya.

Contoh : Lamarck menduga bahwa leher jerapah yang panjang merupakan akibat peregangan selama bertahun-tahun. Jerapah menarik lehernya untuk mencapai daun-daun pada pucuk pohon sehingga leher itu tumbuh memanjang. Perubahan bentuk tubuh itu selanjutnya diwariskan kepada keturunannya.

Roboguru

J.B. Lamarck berpendapat bahwa leher jerapah yang sekarang menjadi panjang karena ....

Pembahasan Soal:

J.B Lamarck menjelaskan tentang evolusi jerapah. Ia berpendapat bahwa nenek moyang jerapah adalah jerapah yang berleher pendek pemakan daun-daunan di pohon, bukan pemakan rumput. Umuk mencapai daun-daun yang tinggi, jerapah berleher pendek harus meregangkan dan memanjangkan lehernya sehingga lehernya semakin panjang. Sifat leher panjang diwariskan pada keturunannya dan proses ini terus berlanjut hingga sekarang sehingga semua jerapah yang hidup pada saat ini berleher panjang.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved