Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut ini! Sebut dan jelaskan perbedaan kedua gambar tersebut! Dan manakah yang kalian percayai? Jelaskan alasan ilmiah mu!


N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Gambar tersebut menunjukkan dua teori mengenai evolusi. Kedua teori tersebut menghasilkan satu hasil akhir yang sama, jerapah berleher panjang yang bertahan hidup, namun keduanya memiliki perbedaan. Gambar sebelah kiri menunjukkan Jerapah awalnya memiliki leher yang pendek, namun karena pakan yang terdapat pada tempat tinggi maka leher Jerapah memanjang agar dapat menyesuaikan dan terus bertahan hidup. Gambar ini mengilustrasikan teori evolusi Lamarck, yang menyatakan bahwa makhluk hidup memiliki satu sifat yang sama namun karena adanya pengaruh dari lingkungan, maka sifat tersebut berubah hingga sesuai dengan kebutuhannya.

Gambar sebelah kanan mengilustrasikan teori evolusi Darwin. Menurut Darwin, suatu makhluk hidup memiliki variasi sifat dan salah satu dari sifat tersebut dapat memiliki viabilitas/kemampuan bertahan hidup yang lebih baik daripada sifat lainnya, hal ini dapat menyebabkan seleksi dari sifat yang lemah. Contoh pada gambar menunjukkan Jerapah memiliki sifat leher panjang dan leher pendek. Jerapah dengan leher panjang mampu bertahan hidup dan jerapah leher pendek akan terseleksi dan tidak akan bertahan.

Teori evolusi Darwin saat ini lebih umum digunakan, karena banyaknya bukti sebagai berikut:

  1. Variasi pada makhluk hidup dalam satu spesies sangat umum ditemui, sesuai dengan teori Darwin.
  2. Umum juga ditemui kepunahan pada spesies/variasi yang tidak mampu melalui seleksi alam.
  3. Teori Darwin menunjukkan bahwa terjadi seleksi alam yang dipengaruhi lingkungan, namun sifat pada makhluk hidup telah ada sejak lahir dan tidak disebabkan perubahan karena variabel lingkungan. Bukti ini dapat teramati pada makhluk hidup dan genetika dari makhluk hidup.

Teori evolusi Lamarck juga penting karena teori Lamarck menyatakan bahwa bagian tubuh tidak terpakai perlahan akan menghilang dan hal ini dapat diamati pad banyak bagian tubuh yang tidak digunakan memiliki ukuran yang sangat kecil dan hal ini dapat menunjukkan kecenderungan bagian tubuh tidak terpakai tersebut untuk kemudian menghilang. Teori ini adalah hasil pemikiran yang penting dalam pengembangan ilmu evolusi setelahnya, namun teori ini memiliki bukti yang kurang dibanding teori yang diajukan Darwin. Teori Lamarck tidak dapat menjelaskan keberadaan organisme sederhana yang tidak berkembang menuju kesempurnaan, dan belum ada fosil yang menunjukkan generasi antara makhluk hidup sifat lama menuju makhluk dengan sifat baru.

Kebenaran kedua teori ini masih terus dibahas hingga hari ini, bukti dan pembahasan akan terus bertambah, dan pandangan setiap orang dapat berbeda. Pandangan berbeda mengenai teori siapa yang memiliki kebenaran absolut sangat umum dan boleh terjadi, karena evolusi tidak mungkin diamati secara langsung. Diluar semua ini, tetap perlu dilakukan pembahasan dan pembelajaran lebih lanjut agar bukti-bukti lainnya dapat terus dikumpulkan hingga kita lebih mendekai kebenaran.

80

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apakah teori evolusi jerapah menurut Darwin sesuai dengan teori use dan disuse yang dikemukakan Lamarck?

243

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia