Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah berleher panjang?

Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah berleher panjang?space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Terdapat perbedaan antara konsep evolusi menurut Darwin dan menurut Lamarck. Darwinmenggunakan konsep " struggle for existence ". Menurutnya, evolusi berlangsung karena adanya seleksi alam. Hanya individu-individu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan lingkungannya yang mampu bertahan hidup (individu adaptif) dan berkembang biak. Individu-individu yang tidak mampu beradaptasi akan mati sebelum dapat berkembang biak. Kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak dapat diwariskan dari induk kepada keturunannya. Menurut Darwin, pada suatu populasi awalnya terdapat jerapah berleher pendek dan berleher panjang. Hanya jerapah berleher panjang yang mampu menggapai daun di pepohonan tinggi. Sehingga, jerapah berleher panjangsurvive, dan mewariskan sifat leher panjangnya ke keturunannya. Sedangkan, Lamarckmenggunakan konsep " use and disuse " , artinya organ yang sering digunakan akan berkembang, sedangkan organ yang jarang digunakan akan menyusut. Menurutnya,perubahan/ modifikasi yang diperoleh suatu organisme sepanjang hidupnya dapat diwariskan ke keturunannya. Misalnya, jerapah yang memiliki leher pendek terus menggunakan lehernya untuk menggapai makanan, sehingga lama kelamaan menjadi berleher panjang, dan kemudian keturunannya memiliki leher panjang.

Terdapat perbedaan antara konsep evolusi menurut Darwin dan menurut Lamarck. 

Darwin menggunakan konsep "struggle for existence". Menurutnya, evolusi berlangsung karena adanya seleksi alam. Hanya individu-individu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan lingkungannya yang mampu bertahan hidup (individu adaptif) dan berkembang biak. Individu-individu yang tidak mampu beradaptasi akan mati sebelum dapat berkembang biak. Kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak dapat diwariskan dari induk kepada keturunannya.

Menurut Darwin, pada suatu populasi awalnya terdapat jerapah berleher pendek dan berleher panjang. Hanya jerapah berleher panjang yang mampu menggapai daun di pepohonan tinggi. Sehingga, jerapah berleher panjang survive, dan mewariskan sifat leher panjangnya ke keturunannya.

Sedangkan , Lamarck menggunakan konsep "use and disuse", artinya organ yang sering digunakan akan berkembang, sedangkan organ yang jarang digunakan  akan menyusut. Menurutnya, perubahan/ modifikasi yang diperoleh suatu organisme sepanjang hidupnya dapat diwariskan ke keturunannya.

Misalnya, jerapah yang memiliki leher pendek terus menggunakan lehernya untuk menggapai makanan, sehingga lama kelamaan menjadi berleher panjang, dan kemudian keturunannya memiliki leher panjang.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Agatha Ervina

Mudah dimengerti Bantu banget

ilam maulan

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana proses evolusi jerapah menurut Lamarck? Bagaimana teori Darwin jika dimodelkan dengan jerapah seperti Lamarck?

32

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia