Teori Waisya diprakarsai oleh....

Pertanyaan

Teori Waisya diprakarsai oleh....

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teori Waisya dikemukakan oleh N. J. Krom. Hal ini didasarkan pada alasan bahwa motivasi terbesar datangnya bangsa India ke Indonesia adalah untuk berdagang. 

Pembahasan

Teori Waisya dikemukakan oleh Krom. Menurutnya, masuknya agama Hindu di Indonesia dibawa oleh para pedagang yang melakukan perdagangan dan pelayaran ke Indonesia. Hal ini dilandasi keterangan bahwa Indonesia sudah menjadi jalur pelayaran dan perdagangan India-Cina sejak tahun 500 SM. Dalam pelayaran dan perdagangan inilah diperkirakan bahwa para pedagang singgah di wilayah Indonesia dan menyebarkan agama Hindu kepada masyarakat Indonesia. Namun, teori Waisya memiliki kelemahan karena diragukan kebenarannya. Kelemahan tersebut adalah jika para pedagang yang berperan terhadap penyebaran kebudayaan, maka pusat-pusat kebudayaan mestinya hanya terdapat di wilayah perdagangan.

Dengan demikian, teori Waisya dikemukakan oleh N. J. Krom. Hal ini didasarkan pada alasan bahwa motivasi terbesar datangnya bangsa India ke Indonesia adalah untuk berdagang. 

187

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini!   Perdagangan Internasional sudah ada pada abad ke-3 M Sansekerta hanya dikuasai oleh golongan Brahmana Upacara keagamaan dikuasai oleh golongan Brahmana Adany...

218

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia