Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing terori masuknya Hindu-Buddha tersebut!

Sebutkan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing terori masuknya Hindu-Buddha tersebut!

Iklan

F. Noorifti

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

1. Ksatria Kelebihan Mengemukakan bahwa pada abad ke-5, banyak para ksatria yang melarikan diri karena peperangan di India. Para ksatria yang berasal dari keluarga kerajaan mendirikan kerajaan baru di Indonesia. Kekurangan Kasta Ksatria tidak dapat berbahasa Sanksekerta dan tidak adanya bukti berupa prasasti baik di India maupun di Indonesia yang menyebutkan adanya penaklukan/pembukaan daerah baru. 2. Waisya Kelebihan Sistem pelayaran saat itu bergantung pada angin muson sehingga para pedagang harus menetap sehingga tumbuh kebudayaan Hindu-Buddha Kelemahan Para pedagang hanya tertarik pada perdagangan dan ketidak mampumembaca huruf Sanksekerta 3. Brahmana Kelebihan Para Raja nusantara mengunakan bahasa Sankserta pada peninggalan Prasasti sehingga ada kemungkinan masuknya pengaruh Hindu-Budha masuk melalui Brahmana Kekurangan Para Brahmana tidak dapat menyeberangi laut 4. Arus Balik kelebihan Ada Prasasti Nalanda yang menyebutkan Raja Balaputradewa (Raja Sriwijaya) telah dihadiahi sebidang tanah oleh Raja di Benggala. Tanah tersebut digunakan untuk mendirikan asrama bagi pelajar dari Sriwijaya yang belajar di India kekurangan Teori ini tidak menjelaskan kedatangan Hindu-Buddha sebelum adanya Kerajaan Sriwijaya. 5. Teori Sudra kelebihan Para budak biasanya lebih mudah membaur dengan masyarakat sekitar sehingga lebih mudah komunikasi dan semua orang di kasta sudra pasti ingin memperbaiki hidup, salah satunya caranya adalah pergi ketempat lain seperti Indonesia. kekurangan Budak dan tawanan tidak memahami bahasa sansekerta dan huruf pallawa Dengan demikian, kelima teori masuknya Hindu-Buddha memiliki kelemahan dan kelebihan, terutama terkait perbedaan kemampuan masing masing kasta. --- Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini .

1. Ksatria

  • Kelebihan

Mengemukakan bahwa pada abad ke-5, banyak para ksatria yang melarikan diri karena peperangan di India. Para ksatria yang berasal dari keluarga kerajaan  mendirikan kerajaan baru di Indonesia.

  • Kekurangan

Kasta Ksatria tidak dapat berbahasa Sanksekerta dan tidak adanya bukti berupa prasasti baik di India maupun di Indonesia yang menyebutkan adanya penaklukan/pembukaan daerah baru.

2. Waisya 

  • Kelebihan

Sistem pelayaran saat itu bergantung pada angin muson sehingga para pedagang harus menetap sehingga tumbuh kebudayaan Hindu-Buddha

  • Kelemahan

Para pedagang hanya tertarik pada perdagangan dan ketidak mampu membaca huruf Sanksekerta

3. Brahmana

  • Kelebihan

Para Raja nusantara mengunakan bahasa Sankserta pada  peninggalan Prasasti sehingga ada kemungkinan masuknya pengaruh Hindu-Budha masuk melalui Brahmana

  • Kekurangan 

Para Brahmana tidak dapat menyeberangi laut

4. Arus Balik 

  • kelebihan 

Ada Prasasti Nalanda yang menyebutkan Raja Balaputradewa (Raja Sriwijaya) telah dihadiahi sebidang tanah oleh Raja di Benggala. Tanah tersebut digunakan untuk mendirikan asrama bagi pelajar dari Sriwijaya yang belajar di India

  • kekurangan 

Teori ini tidak menjelaskan kedatangan Hindu-Buddha sebelum adanya Kerajaan Sriwijaya.

5. Teori Sudra

  • kelebihan

Para budak biasanya lebih mudah membaur dengan masyarakat sekitar sehingga lebih mudah komunikasi dan semua orang di  kasta sudra pasti ingin memperbaiki hidup, salah satunya caranya adalah pergi ketempat lain seperti Indonesia.

  • kekurangan

Budak dan tawanan tidak memahami bahasa sansekerta dan huruf pallawa

Dengan demikian, kelima teori masuknya Hindu-Buddha memiliki kelemahan dan kelebihan, terutama terkait perbedaan kemampuan masing masing kasta.



---
Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

397

nayaa

Bantu banget

shylviana

Bantu banget

Luthfiah Zahra

Terimakasih sangat membantu👍👍

nurul hamidiyah

Bantu banget Makasih ❤️

Neyla ziva Karera

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dan jelaskan tentang teori masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia!

81

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia