Roboguru

Tentukan struktur teks ulasan tersebut!

Pertanyaan

Tentukan struktur teks ulasan tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya (drama atau film). Adapun struktur teks ulasan sebagai berikut:

  • Orientasi, yaitu bagian yang berisi gambaran umum dari sebuah drama atau film yang diulas. Bagian ini menjelaskan kepada pembaca tentang latar belakang suatu karya.
  • Tafsiran, yaitu bagian yang berisi gambaran detail suatu karya yang sedang diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang menarik atau unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.
  • Evaluasi, yaitu bagian yang berisi pandangan dari orang yang mereview atau mengulas suatu karya. Usahakan saat melakukan evaluasi ini data yang diberikan harus objektif atau sesuai dengan fakta yang Anda dapat ketika melakukan sebuah ulasan terhadap suatu karya.
  • Rangkuman, yaitu bagian akhir yang memuat pendapat dari pengulas mengenai suatu karya apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton atau tidak.

Pada teks ulasan di atas, bagian struktur teks ulasannya adalah sebagai berikut:

  • Orientasi: "Ibu" merupakan judul pusisi hasil karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah kalangan remaja. puisi "Ibu” ini berisi tentang do'a seorang anak kepada ibunya......
  • Tafsiran: Di dalam puisi ini juga menjelaskan bahwa Ibu merupakan seseorang yang selalu ada dalam keadaan senang dan susah untuk putra dan putrinya. Pada bait pertama hingga bait ketiga, berisi tentang do'a-do'a terbaik untuk Ibu........

Dengan demikian, bagian struktur teks ulasan yang terdapat dalam teks ulasan di atas adalah bagian orientasi dan tafsiran.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Herwinda

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan teks ulasan berikut! Judul buku: Kumpulan Dongeng Si Kancil  Penulis: M.B. Rahimsyah A.R.  Penerbit: Lingkar Media  Tahun terbit: 2013 Tebal buku: 122 halaman      Buku Kumpulan Dong...

Pembahasan Soal:

Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian rekomendasi karena berisi ajakan untuk membaca buku yang diulas serta manfaat yang akan didapatkannya. Teks ulasan di atas menyebutkan bahwa buku tersebut cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK, serta cerita-cerita yang terdapat dalam buku tersebut dapat menguatkan daya pikir dan daya imajinasi anak. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan teks ulasan berikut!     Buku Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi B.J. Habibie ditulis oleh Weda S. Atma. Buku ini diterbitkan oleh Checlist, Yogyakarta. Buku ini terbit pada tahun 2018. Buk...

Pembahasan Soal:

Struktur teks bagian evaluasi berisi paparan  kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas seperti yang ada pada paragraf tiga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan teks ulasan berikut! Judul buku: London Love Story  Penulis: Tisa TS dan didampingi oleh Stanley Meulen Penerbit: Loveable Tahun terbit: 2015  Tebal buku: 192 halaman      Pembuatan ...

Pembahasan Soal:

Struktur teks ulasan di atas sudah cukup lengkap, yaitu memiliki bagian identitas karya, orientasi, sinopsis, evaluasi. Identitas karya ditunjukkan dengan identitas judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit dan tebal buku. Orientasi ditunjukkan oleh paragraf pertama karena berisi pengenalan tentang gambaran umum novel. Paragraf kedua dan ketiga merupakan bagian sinopsis karena berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel. Lalu paragraf terakhir adalah bagian evaluasi yang memberikan paparan tentang kelebihan dan kekurangan novel tersebut. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan Teks ulasan berikut!  Judul: Ayah Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Pustaka Tahun terbit: Mei 2016 Jumlah halaman: 432 halaman     Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seo...

Pembahasan Soal:

Struktur Teks Ulasan Terdiri dari:

  • Identitas karya (berisi identitas yang .diulas, baik berupa buku maupun film atau drama)
  • Orientasi (berisi pengenalan tentang gambaran umum sebuah karya yang akan diulas.)
  • Sinopsis (berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis ulasan terhadap isi karya yang diulas.)
  • Analisis (berisi paparan teritang keberadaan unsut-unsur yang diulas, seperti  unsur intinsik dan ekstrinsik pada karya sastra)
  • Evaluasi (berisi paparan kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas)
  • Rekomendasi (berlsi ajakan untuk membaca, buku atau menonton film yang diulas beserta manilai yang akan didapatkannya)

Identitas Karya:

Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: Mei 2016
Jumlah halaman: 432 halaman

Orientasi:

  -

Sinopsis: 

Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seorang ayah kepada anaknya, yang bahkan bukan anak kandungnya sekali pun. Bisa kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro.

Analisis:

Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang tidak jauh berbeda apabila dibandingkan dengan, gaya bahasa Andrea Hirata pada novel-novel lainnya. Jika kamu penikmat tulisan Andrea Hirata, novel Ayah ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Justru novel ini akan membuat kamu semakin cinta dengan karya-karya Andrea Hirata.

Evaluasi: 

Novel ini begitu mendidik sekaligus menghibur. Mendidik kita supaya menjadi manusia yang tahu adat, tahu bagaimana harus menjalani hidup, tahu bagaimana harus memosisikan orang-orang yang ada di sekitar kita, khususnya mereka yang mencintai kita. Kekurangan novel Ayah berada di gaya bahasa tokoh, yaitu Ukun dan Tamat. Gaya bahasa mereka terasa berlebihan ketika bertemu dengan orang asing. Bagi yang jarang membaca, alur yang digunakan dapat membuat kebingungan karena alumya tidak runtut.

Rekomendasi: -undefined 

0

Roboguru

Penafsiran dan simpulan pengulas terhadap puisi "Memeluk Anak-Anak dengan Puisi" diungkapkan pada paragraf ke-....

Pembahasan Soal:

Penafsiran ialah bagian tafsiran berisi gambaran umum secara detail. Dalam bagian ini biasanya disampaikan hal-hal menarik, unik, dan hal-hal yang bisa memikat minat pembaca untuk membaca karya tersebut. Gambaran umum puisi tersebut terdapat dalam kutipan "MVS, dengan bahasa sederhana, menuturkan keseharian keluarga Leung. Puisi ini memuat potret masyarakat Hong Kong yang sibuk dengan pekerjaan dan meninggalkan anak-anaknya dengan orang lain atau pembantu di rumah. Hanya sejengkal di mata MVS, di mana ia terlipat menjadi bagian keluarga Leung ini."

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved