Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan Teks ulasan berikut! 


Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: Mei 2016
Jumlah halaman: 432 halaman
    Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seorang ayah kepada anaknya, yang bahkan bukan anak kandungnya sekali pun. Bisa kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro. Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang tidak jauh berbeda apabila dibandingkan dengan, gaya bahasa Andrea Hirata pada novel-novel lainnya. Jika kamu penikmat tulisan Andrea Hirata, novel Ayah ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Justru novel ini akan membuat kamu semakin cinta dengan karya-karya Andrea Hirata. Novel ini begitu mendidik sekaligus menghibur. Mendidik kita supaya menjadi manusia yang tahu adat, tahu bagaimana harus menjalani hidup, tahu bagaimana harus memosisikan orang-orang yang ada di sekitar kita, khususnya mereka yang mencintai kita. 
    Kekurangan novel Ayah berada di gaya bahasa tokoh, yaitu Ukun dan Tamat. Gaya bahasa mereka terasa berlebihan ketika bertemu dengan orang asing. Bagi yang jarang membaca, alur yang digunakan dapat membuat kebingungan karena alumya tidak runtut. Sebenanya ini bukanlah suatu kekurangan, tetapi hanya pemberitahuan jika kamu hendak pembeli buku ini.

DIsadur darl: hlips://ebtohang.blogspot.com/2017/06/resensi-novel-ayah-andrea-hirata.html,diunduh 2 September 2019 


Tentukan struktur teks ulasan tersebut!space

  1. ...space

  2. ...space

M. Fauzi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Struktur Teks Ulasan Terdiri dari:

  • Identitas karya (berisi identitas yang .diulas, baik berupa buku maupun film atau drama)
  • Orientasi (berisi pengenalan tentang gambaran umum sebuah karya yang akan diulas.)
  • Sinopsis (berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis ulasan terhadap isi karya yang diulas.)
  • Analisis (berisi paparan teritang keberadaan unsut-unsur yang diulas, seperti  unsur intinsik dan ekstrinsik pada karya sastra)
  • Evaluasi (berisi paparan kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas)
  • Rekomendasi (berlsi ajakan untuk membaca, buku atau menonton film yang diulas beserta manilai yang akan didapatkannya)

Identitas Karya:

Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: Mei 2016
Jumlah halaman: 432 halaman

Orientasi:

  -

Sinopsis: 

Novel Ayah menceritakan betapa besarnya kasih seorang ayah kepada anaknya, yang bahkan bukan anak kandungnya sekali pun. Bisa kita lihat sosok Sabari bahkan hilang warasnya karena berpisah dengan Zorro.

Analisis:

Novel ini ditulis dengan gaya bahasa yang tidak jauh berbeda apabila dibandingkan dengan, gaya bahasa Andrea Hirata pada novel-novel lainnya. Jika kamu penikmat tulisan Andrea Hirata, novel Ayah ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Justru novel ini akan membuat kamu semakin cinta dengan karya-karya Andrea Hirata.

Evaluasi: 

Novel ini begitu mendidik sekaligus menghibur. Mendidik kita supaya menjadi manusia yang tahu adat, tahu bagaimana harus menjalani hidup, tahu bagaimana harus memosisikan orang-orang yang ada di sekitar kita, khususnya mereka yang mencintai kita. Kekurangan novel Ayah berada di gaya bahasa tokoh, yaitu Ukun dan Tamat. Gaya bahasa mereka terasa berlebihan ketika bertemu dengan orang asing. Bagi yang jarang membaca, alur yang digunakan dapat membuat kebingungan karena alumya tidak runtut.

Rekomendasi: -undefined 

557

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tentukan struktur teks ulasan tersebut!

350

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia