RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan teks ulasan berikut! Judul buku: Kumpulan Dongeng Si Kancil  Penulis: M.B. Rahimsyah A.R.  Penerbit: Lingkar Media  Tahun terbit: 2013 Tebal buku: 122 halaman      Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain dan menyelesaikan masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah.      Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu. buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan cerita diakhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.     Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku dapat menguatkan daya pikir dan daya imajinasi anak.  (Disadur dari: https://www.nesabamedia.com/contoh-resensi-buku/, djunduh 30 Agustus 2019) Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian....

Pertanyaan

Perhatikan teks ulasan berikut!


Judul buku: Kumpulan Dongeng Si Kancil 

Penulis: M.B. Rahimsyah A.R. 

Penerbit: Lingkar Media 

Tahun terbit: 2013

Tebal buku: 122 halaman 

    Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil menceritakan kisah kancil yang cerdik. Kancil selalu menggunakan akalnya untuk mengelabui binatang lain yang hendak memangsanya, meloloskan diri dari kejahatan binatang lain dan menyelesaikan masalah. Selain itu, kancil memanfaatkan kecerdikannya untuk menolong binatang lain yang sedang dalam masalah. 

    Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil disajikan dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Dengan demikian, pembaca mudah memahami maksud ceritanya. Selain itu. buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik sehingga membuat pembaca tidak mudah bosan. Sayangnya, buku ini tidak dilengkapi dengan simpulan pesan cerita diakhir cerita. Jadi, pembaca harus menyimpulkan sendiri pesan yang terkandung dalam cerita.

    Buku Kumpulan Dongeng Si Kancil sangat cocok dibaca anak terutama anak-anak tingkat SD dan SMP. Selain itu, buku ini cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK. Cerita-cerita yang terdapat dalam buku dapat menguatkan daya pikir dan daya imajinasi anak. 

(Disadur dari: https://www.nesabamedia.com/contoh-resensi-buku/, djunduh 30 Agustus 2019)


Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian....undefined 

  1. orientasiundefined 

  2. analisisundefined 

  3. evaluasiundefined 

  4. rekomendasiundefined 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan

Paragraf ketiga teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian rekomendasi karena berisi ajakan untuk membaca buku yang diulas serta manfaat yang akan didapatkannya. Teks ulasan di atas menyebutkan bahwa buku tersebut cocok dibaca oleh orang tua kepada anaknya yang masih sekolah TK, serta cerita-cerita yang terdapat dalam buku tersebut dapat menguatkan daya pikir dan daya imajinasi anak. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

109

1.0 (1 rating)

Zahra Safira

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Tentukan struktur teks ulasan tersebut!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia