Tentukan struktur teks di atas disertai dengan alasan yang tepat!

Pertanyaan

Lingkungan Hidup

    Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat, dan jauh dari sampah dan polusi. Lingkungan bersih sulit kita temui di daerah perkotaan karena terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya. Lingkungan bersih dapat kita temui di daerah pedesaan yang masih asri karena didaerah ini jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor.

    Untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat kita semua perlu mengadakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan kita. Menanam pohon-pohon untuk penghijauan karena apabila lingkungan kita banyak tanaman artinya banyak pula oksigen yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman itu sendiri yang berguna bagi tubuh kita juga.Tanaman juga bisa sebagai penahan tanah longsor.

    Sedia payung sebelum hujan, kata-kata itulah yang tepat digunakan untuk menggerakkan masyarakat supaya cepat tanggap dengan keadaan lingkungan sekitar kita, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi bencana-bencana alam terutama banjir. Mari buatlah hutan kota disekitar lingkungan kita karena kalau lingkungan sehat akan mempengaruhi juga jiwa kita menjadi sehat.space 

Tentukan struktur teks di atas disertai dengan alasan yang tepat!space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembagian struktur berdasarkan teks di atas adalah

Pembahasan

Teks di atas merupakan teks persuasif. Teks persuasif adalah sebuah teks yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

Struktur teks persuasif

  1. Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
  2. Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.
  3. Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks.
  4. Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.
  • Pengenalan isu teks di atas adalah tentang lingkungan yang bersih. Pengenalan isu terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama yang ditunjukan pada kalimat "Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat, dan jauh dari sampah dan polusi".
  • Rangkaian argumen terdapat pada kalimat kedua dan ketiga paragraf pertama. Pada teks tersebut, penulis berpendapat bahwa sulit menemukan lingkungan yang bersih di perkotaan, sebaliknya lingkungan pedesaan merupakan lingkungan yang masih bersih. Hal itu didukung oleh fakta dimana daerah perkotaan terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya, sementara pada lingkungan pedesaan, jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor.
    Hal tersebut diungkapkan pada kalimat "Lingkungan bersih sulit kita temui di daerah perkotaan karena terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya. Lingkungan bersih dapat kita temui di daerah pedesaan yang masih asri karena didaerah ini jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor."
    Rangkaian argumen juga dapat dilihat pada paragraf kedua yang berisi argumen penulis tentang usaha menciptakan lingkungan bersih dan sehat.
  • Pernyataan ajakan teks di atas dituliskan secara tersurat pada kalimat terakhir paragraf terakhir, yaitu "marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi bencana-bencana alam terutama banjir. Mari buatlah hutan kota disekitar lingkungan kita karena kalau lingkungan sehat akan mempengaruhi juga jiwa kita menjadi sehat". Pada kalimat tersebut, penulis mengajak masyarakat agar menjaga lingkungan.

Dengan demikian, pembagian struktur berdasarkan teks di atas adalah

  1. Pengenalan isu teks di atas adalah tentang lingkungan yang bersih. Pengenalan isu terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama.
    space 
  2. Rangkaian argumen terdapat pada kalimat kedua dan ketiga paragraf pertama. Pada teks tersebut, penulis berpendapat bahwa sulit menemukan lingkungan yang bersih di perkotaan, sebaliknya lingkungan pedesaan merupakan lingkungan yang masih bersih. Hal itu didukung oleh fakta dimana daerah perkotaan terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya, sementara pada lingkungan pedesaan, jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor. Rangkaian argumen juga dapat dilihat pada paragraf kedua yang berisi argumen penulis tentang usaha menciptakan lingkungan bersih dan sehat.
  3. Pernyataan ajakan teks di atas dituliskan secara tersurat pada kalimat terakhir paragraf terakhir.space 

408

4.0 (3 rating)

Anin Ryasa

Kok keren

Dino Yoseph

Pembahasan terpotong

Pertanyaan serupa

Kutipan bagian struktur alinea pembuka yang tepat adalah ...

717

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia