Roboguru
SD

Tentukan struktur bagian penegasan ulang dalam teks tanggapan tersebut!

Pertanyaan

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5.


Kehidupan Modern Mengikis Budaya Asli Indonesia

    Masyarakat Indonesia yang mulai modern lambat laun melupakan budaya asli Indonesia. Sebagian masyarakat tidak lagi peduli dengan budaya asli dari negaranya sendiri. Mereka lebih tertarik dengan kebudayaan yang berasal dari luar negeri.

    Perilaku masyarakat Indonesia tersebut dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh anak muda zaman sekarang lebih memilih bergaul di tempat-tempat modern, seperti mal dan kafe. Contoh nyata lainnya adalah anak kecil pada zaman sekarang lebih memilih bermain gawai daripada memainkan permainan tradisional, seperti petak umpet dan loncat tali. Lebih parah lagi, anak-anak tidak mengetahui ataupun mengenal budaya dari Indonesia.

    Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Sebaliknya, di era modern ini masyarakat bisa lebih mengenalkan budaya asli Indonesia ke kancah dunia. Selain itu, orang tua seharusnya mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Dengan demikian, anak bisa mengenal budaya asli negaranya sendiri.

(Sumber: https://web.archive.org/web/2014 1 1047 13538/https://www.slideshare.net/aniezzachoir/terancam-punahnya-budaya-asli-indonesia, diakses 18 Maret 2021)space 

Tentukan struktur bagian penegasan ulang dalam teks tanggapan tersebut!space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah “Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Sebaliknya, di era modern ini masyarakat bisa lebih mengenalkan budaya asli Indonesia ke kancah dunia. Selain itu, orang tua seharusnya mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Dengan demikian, anak bisa mengenal budaya asli negaranya sendiri.”space space

Pembahasan

Teks tanggapan merupakan teks yang memaparkan gagasan/ide seseorang berupa kritik atau saran tentang suatu fenomena/peristiwa tertentu. Teks tanggapan memiliki struktur, sebagai berikut:

  1. Evaluasi adalah pernyataan umum tentang apa yang dibahas penulis dalam teks.
  2. Deskripsi teks adalah informasi tentang pendapat-pendapat dan data-data yang mendukung atau melemahkan pernyataan yang disampaikan penulis.
  3. Penegasan ulang adalah paragraf terakhir yang berisi penegasan ulang terkait apa yang telah dilakukan atau diputuskan.

Struktur penegasan ulang dalam teks tanggapan tersebut, yaitu: “Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Sebaliknya, di era modern ini masyarakat bisa lebih mengenalkan budaya asli Indonesia ke kancah dunia. Selain itu, orang tua seharusnya mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Dengan demikian, anak bisa mengenal budaya asli negaranya sendiri.”

Berdasarkan kutipan: Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Jika dicermati, kalimat tersebut menegaskan ulang pernyataan umum tentang dampak modernisasi masyarakat Indonesia. Kemudian, paragraf ini juga menjadi paragraph terakhir teks. Oleh karena itu, paragraf ketiga disebut penegasan ulang. 

Dengan demikian jawaban yang benar adalah “Kehidupan modern seharusnya tidak membuat masyarakat meninggalkan budaya asli Indonesia. Sebaliknya, di era modern ini masyarakat bisa lebih mengenalkan budaya asli Indonesia ke kancah dunia. Selain itu, orang tua seharusnya mengenalkan permainan tradisional kepada anak. Dengan demikian, anak bisa mengenal budaya asli negaranya sendiri.”space space

977

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman sebangkumu! a. Bagaimana pementasan musik "Janji Toba" digambarkan secara umum sebagai orientasi teks?

196

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia