Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama!


Janji Toba, Karya Anak Bangsa yang Penuh Kreativitas


    Walau pada hari Sabtu 29 Agustus 2015 kemarin cukup panas di Jakarta, terdapat satu tempat terasa penuh dengan semangat sorak riuh karena keseruan penampilan drama musikal. Drama tentang cerita rakyat asal Sumatera yang berceritakan asal muasal danau terbesar se-Asia Tenggara dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia khususnya suku Batak.

    Sebuah drama musikal dari tanah Batak ini berhasil disajikan secara apik oleh penyelenggara acara ternama Banyu Wening Production. Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas ini sudah amat dinantikan. Para penonton berdatangan mulai satu jam sebelum acara di Ciputra Artpreneur yang merupakan teater bertaraf internasional dan memiliki lokasi strategis di pusat ibukota.

    Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas dengan sutradara Paulus Simangunsong ini terbilang cukup sukses melihat animo masyarakat yang datang tidak hanya dari tanah Batak saja tetapi juga seluruh penjuru Indonesia berbondong-bondong menonton pertunjukan ini. Bahkan beberapa warga asing juga terlihat bersemangat untuk melihat pertunjukan daerah pembuatan kain ulos berasal. Bersama penyanyi sekaligus komponis berdarah Batak yang mampu memainkan berbagai alat musik modern maupun tradisional, Viky Sianipar sebagai Music Director membuat pertunjukan ini terasa begitu megah dan cukup menghibur penonton. Dengan 12 lagu terbaik tanah batak yang ditampilkan membuat panggung Ciputra Artpreneur semakin meriah.

    Ada hal yang cukup menarik dalam drama musikal yang kental dengan budaya Batak ini, ada nama seniman senior Indrodjodjo Kusumonegoro atau yang lebih kita kenal sebagai Indro Warkop yang ikut ambil peran dalam drama musikal Janji Toba. Om Indro sendiri aslinya adalah orang Jawa tetapi beberapa kali pernah berperan sebagai orang Batak pada film-film Warkop DKI. Ada juga beberapa nama populer seperti Boris Bokir, Ronny Dozer, Gita Bhebhita, Naomi BR, Lumban Gaol, Derry Oktami, Manahan Hutauruk, Imanuel Tobing, Anggiyatma Tobing dan Cindy Carolina Sibarani a.k.a Cindy AFI. Mereka tidak hanya beradu akting tetapi juga menari dan bernyanyi seirama dengan alunan cerita. Dilihat dari segala aspek pendukung acara, bukankah tepat bila dikatakan Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas?

    Janji Toba bercerita tentang asal mula sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara. Kisahnya mengenai janji tokoh bernama Toba (Anggiyatma Tobing) kepada ikan atau Tiomasna yang menjadi istrinya (Cindy AFI). Serta putranya Samosir (Imanuel Tobing) setelah ditinggalkan kedua orang tuanya berjanji akan menjaga danau Toba dengan baik. Drama musikal ini juga menceritakan sedikit tentang persahabatan antara Toba dan Marihot (Boris Bokir). Tokoh Marihot ini juga banyak mengundang tawa penonton karena karakternya yang lucu Saat beradu peran dengan Dameria Ostri Marihot).

    Panggung Ciputra Artpreneur berhasil disulap menjadi perkampungan Batak lengkap dengan ornamen pepohonan yang dihias sedemikian rupa dalam dua kali pertunjukan pada malam minggu kemarin. Penonton yang mayoritas orang Batak terlihat begitu takjub memandang tata panggung hingga memunculkan kerinduan untuk pulang ke kampung halaman. Drama musikal ini berlangsung kurang lebih 2 jam dengan 2 kali waktu pementasan yaitu pada pukul 15.00 dan 20.00 di hari yang sama. Tiket pertunjukan yang dibanderol mulai dari Rp 350.000,- untuk kategori Bronze dan paling mahal kategori Titanium dengan harga Rp 1.500.000,- terbilang cukup terjangkau untuk pertunjukan se-megah Janji Toba. Drama musikal ini memiliki harga khusus bagi pelajar untuk kategori pelajar buy 1 get 1. Promo tersebut selaras dengan keinginan Banyu Wening Production sebagai promotor yang ingin meperkenalkan kebudayaan asli Indonesia kepada masyarakat luas terutama generasi muda.

    Semoga selanjutnya pertunjukan seperti Janji Toba yang merupakan karya anak bangsa yang penuh kreativitas lebih banyak diapresiasi lagi agar generasi muda lebih mengenal budaya tanah air kita. Sesungguhnya Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan intelektual yang harus terus diperkenalkan pada generasi penerus.

(Diadaptasi dari http://blog.kiostix.com/janji-toba-karya-anak-bangsa-yang-penuh-kreativitas/)space space space space 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman sebangkumu! b. Bagaimana penulis mengevaluasi dan menafsirkan pementasan musik "Janji Toba?''

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman sebangkumu!

b. Bagaimana penulis mengevaluasi dan menafsirkan pementasan musik "Janji Toba?''space space space space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

evaluasi pementasan musik "Janji Toba" mendapatkan tanggapan positif dari penulis. Sementara, tafsiran yang terdapat dalam teksmembahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket.

evaluasi pementasan musik "Janji Toba" mendapatkan tanggapan positif dari penulis. Sementara, tafsiran yang terdapat dalam teks membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket.space space space space 

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut membahas mengenai salah penampilan drama musikal Janji Toba. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan,sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut Berdasarkan teks tersebut, struktur evaluasi terdapat pada paragraf kedua dan ketiga. Sementara, tafsiran terdapat pada paragraf keempat sampai keenam. Berikut rincian masing-masing struktur teks tersebut. Evaluasi Penilaian yang diberikan bermakna positif. Penilaian pada masing-masing paragraf adalah sebagai berikut. Sebuah drama musikal dari tanah Batak ini berhasil disajikan secara apik oleh penyelenggara acara ternama Banyu Wening Production. Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas dengan sutradara Paulus Simangunsong ini terbilang cukup sukses... Tafsiran Penjelasan mendetail yang terdapat pada teks tersebut membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket. Berikut kalimat yang mendukung tafsiran tersebut. ...ada nama seniman senior Indrodjodjo Kusumonegoro atau yang lebih kita kenal sebagai Indro Warkop yang ikut ambil peran dalam drama musikal Janji Toba. Janji Toba bercerita tentang asal mula sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara. Drama musikal ini berlangsung kurang lebih 2 jam dengan 2 kali waktu pementasan yaitu pada pukul 15.00 dan 20.00 di hari yang sama. Dengan demikian, evaluasi pementasan musik "Janji Toba" mendapatkan tanggapan positif dari penulis. Sementara, tafsiran yang terdapat dalam teksmembahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket.

Teks tersebut membahas mengenai salah penampilan drama musikal Janji Toba. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan, sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. 

Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut.

  1. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi
  2. Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi
  3. Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi
  4. Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut


Berdasarkan teks tersebut, struktur evaluasi terdapat pada paragraf kedua dan ketiga. Sementara, tafsiran terdapat pada paragraf keempat sampai keenam. Berikut rincian masing-masing struktur teks tersebut.

Evaluasi

Penilaian yang diberikan bermakna positif. Penilaian pada masing-masing paragraf adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah drama musikal dari tanah Batak ini berhasil disajikan secara apik oleh penyelenggara acara ternama Banyu Wening Production.
  2. Janji Toba karya anak bangsa yang penuh kreativitas dengan sutradara Paulus Simangunsong ini terbilang cukup sukses...


Tafsiran

Penjelasan mendetail yang terdapat pada teks tersebut membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket. Berikut kalimat yang mendukung tafsiran tersebut.

  1. ... ada nama seniman senior Indrodjodjo Kusumonegoro atau yang lebih kita kenal sebagai Indro Warkop yang ikut ambil peran dalam drama musikal Janji Toba.
  2. Janji Toba bercerita tentang asal mula sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara.
  3. Drama musikal ini berlangsung kurang lebih 2 jam dengan 2 kali waktu pementasan yaitu pada pukul 15.00 dan 20.00 di hari yang sama.


Dengan demikian, evaluasi pementasan musik "Janji Toba" mendapatkan tanggapan positif dari penulis. Sementara, tafsiran yang terdapat dalam teks membahas mengenai hal yang menarik, sinopsis drama musikal, serta suasana, waktu pementasan, dan harga yang ditawarkan untuk membeli tiket.space space space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Rusmini Mini

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks 1 Setelah lumpur panas menggenangi sedikitnya 25 pabrik dan 1.810 rumah warga di Kecamatan Porong dan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, kini sekitar 70 persen warga kehilangan lapangan pekerja...

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia