Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut!

Pertanyaan

Buanglah Sampah pada Tempatnya

    Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil itu tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apapun, sampah ya sampah.

   Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.

    Namun bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

    Belum lagi dampak langsung yang membuat kita tidak nyaman. Baunya akan sampai ke hidung kita juga yang membuangnya. Sebelum mengeluh, keluhkanlah diri sendiri yang tidak membuang sampah ke tempatnya.

    Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu, maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

    Menghargai mereka sama dengan kita menghargai diri sendiri. Karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.undefined 

Tentukan paragraf yang menunjukkan struktur rangkaian argumen pada teks persuasi tersebut!undefined 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

struktur rangkaian argumen pada kutipan teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf kedua, ketiga, dan keempat.undefined 

Pembahasan

Teks persuasi adalah teks yang bertujuan untuk membujuk atau mengajak orang lain agar mengikuti pemikiran atau tindakan tertentu.

Salah satu struktur teks persuasi adalah struktur rangkaian argumen Rangkaian argumen berisi pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut. Bagian argumen terletak setelah bagian pengenalan dan sebelum bagian pernyataan ajakan.

Paragraf pertama merupakan bagian pengenalan isu yang ditandai dengan definisi sampah, sementara paragraf kelima merupakan bagian pernyataan ajakan yang ditandai dengan kalimat perintah, yaitu "Oleh karena itubuanglah sampah pada tempatnya".

Jadi, paragraf yang menunjukkan struktur rangkaian argumen pada teks persuasi di atas terdapat pada paragraf kedua, ketiga, dan keempat  yang berisi tentang argumen penulis terhadap isu yang sedang dibahas.

Dengan demikian, struktur rangkaian argumen pada kutipan teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf kedua, ketiga, dan keempat.undefined 

1rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Kutipan bagian struktur alinea pembuka yang tepat adalah ...

717

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia