Roboguru
SD

Tentukan nilai-nilai dalam kutipan hikayat tersebut!

Pertanyaan

    Siang itu mendung tebal masih menggelayut di wajah Gadis Cik Inam. Matanya yang biasanya bersinar cemerlang, siang itu tampak redup oleh sisa-sisa air mata yang masih menggenang. Muda Cik Leman merasa iba melihatnya. Perempuan itu duduk bersimpuh, tertunduk lesu berseberangan tikar pacar di hadapannya.

     Mereka baru saja selesai makan siang. Namun, gadis Cik Inam tidak makan sama sekali, dan Muda Cik Leman pun hanya makan sedikit. Muda Cik Leman berusaha tetap tenang, tetapi tak kuasa. Tanpa disadari ia menjadi gugup. Dadanya berdeburan, tetapi ia berusaha menyembunyikannya. Ramalan ahli nujum Kerajaan Galangan terus menghantuinya. Ia khawatir Gadis Cik Inam ingat ramalan itu.

    Sesudah mencuci tangannya, Muda Cik Leman memandang istrinya yang masih menunduk. Muda Cik Leman menghempaskan napas cukup keras. Gadis Cik Inam tetap menunduk, tak kuasa mengangkat kepalanya.

    "Bung Lung Cik Inam," sapa Muda Cik Leman dengan suara lirih karena tersekat di tenggorokannya. Gadis Cik Inam mengangkat wajahnya. Dengan ujung baju kurungnya, Gadis Cik Inam melap matanya yang basah oleh air mata. Dengan matanya yang sayu dan bolot, ia membalas tatapan mata suaminya. Lalu sepasang matanya itu bersiborok pandang. Gadis Cik Inam tak kuasa menahan kesedihannya. Air bening kembali melimbak memenuhi pelupuk matanya. Lalu butir-butir air itu menggelinding pelan-pelan ke pipinya. Tak sepatah kata pun keluar dari celah bibirnya yang indah.

    "Mimpimu memang menyiratkan firasat buruk, Bung Lung Inam," desis Muda Cik Leman lirih. Ia memang tak kuasa melepaskan suaranya. Ia pikir lebih baik berterus terang kepada istrinya. Lebih baik kecemasan itu mereka pikul bersama.

    Gadis Cik Inam tak menanggapi. Sepasang matanya sembab membalas tatapan mata suaminya. Air mata semakin deras melimbak keluar dari balik kelopak matanya, lalu berguling-guling di pipinya.

(Dikutip dari: Sudarno Mahyudin, Hikayat Muda Cik Leman, Yogyakarta, Yayasan Putra Jaya bekerja sama dengan Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2006)space 

Tentukan nilai-nilai dalam kutipan hikayat tersebut!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nilai-nilai yang terdapat pada kutipan hikayat di atas adalah nilai moral dan budaya.space 

Pembahasan

Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Hikayat mengandung berbagai macam nilai yang bermanfaat bagi kehidupan, yaitu sebagai berikut:

  1. Moral: nilai yang berhubungan dengan akhlak atau sikap baik dan buruk manusia
  2. Agama: nilai yang berhubungan dengan kepercayaan tokoh akan keberadaan Tuhan
  3. Sosial: nilai yang berhubungan dengan relasi antarmakhluk hidup
  4. Budaya: nilai yang berhubungan dengan adat istiadat atau kebiasaan
  5. Edukasi: nilai yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya berbagai upaya menuntun manusia menuju kedewasaan

Pada kutipan hikayat di atas, terdapat dua nilai kehidupan yang terkandung, di antaranya adalah :

  • nilai moral yang diketahui dari cerita bahwa Cik Leman merupakan orang yang bijaksana karena ia memilih untuk jujur tanpa menyembunyikan apapun dari orang tersayangnya. Selain itu, Cik Leman juga lebih memilih untuk menanggung beban bersama,  yang menandakan bahwa dirinya termasuk orang yang mempunyai tanggung jawab yang tinggi.
  • nilai budaya yang diketahui melalui pernyataan Cik Leman yang takut bahwa Cik Inam memikirkan hasil ramalan kerajaan yang menyebutkan bahwa mimpi Cik Inam menyimpan pertanda buruk. Pernyataan tersebut menggambarkan bahwa masyarakat dalam hikayat tersebut mempunyai kebiasaan untuk mempercayai hasil ramalan.

Dengan demikian, nilai-nilai yang terdapat pada kutipan hikayat di atas adalah nilai moral dan budaya.space 

949

4.3 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Nilai moral yang terungkap dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....

457

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia