Pertanyaan

Tentukan apakah reaksi berikut termasuk autoredoks atau bukan, tentukan biloks unsur-unsur yang terlibat, kemudian tentukan pula reduktor dan oksidatornya. 3 NO 2 ​ + H 2 ​ O → 2 HNO 3 ​ + NO

Tentukan apakah reaksi berikut termasuk autoredoks atau bukan, tentukan biloks unsur-unsur yang terlibat, kemudian tentukan pula reduktor dan oksidatornya.

 

A. Muhammad

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

reaksi tersebut merupakan reaksi autoredoks dengan oksidator dan reduktor .

reaksi tersebut merupakan reaksi autoredoks dengan oksidator dan reduktor begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style.

Pembahasan

Pembahasan

1. Tentukan bilangan oksidasi masing-masing unsur dan jenis reaksinya. Dari reaksi diatas dapat kita ketahui bahwa mengalami reduksi dan oksidasi sekaligus dan disebut sebagai reaksi autoredoks/disproporsionasi. 2. Tentukan oksidator dan reduktor. Oksidator: spesi yang menyebabkan spesi lain mengalami oksidasi, sementara spesi itu mengalami reduksi yaitu . Reduktor: spesi yang menyebabkan spesi lain mengalami reduksi, sementara spesi itu mengalami oksidasi yaitu . Oleh karena itu, reaksi tersebut merupakan reaksi autoredoks dengan oksidator dan reduktor .

1. Tentukan bilangan oksidasi masing-masing unsur dan jenis reaksinya.

 

Dari reaksi diatas dapat kita ketahui bahwa begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style mengalami reduksi dan oksidasi sekaligus dan disebut sebagai reaksi autoredoks/disproporsionasi. 

2. Tentukan oksidator dan reduktor.

  • Oksidator: spesi yang menyebabkan spesi lain mengalami oksidasi, sementara spesi itu mengalami reduksi yaitu begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style.
  • Reduktor: spesi yang menyebabkan spesi lain mengalami reduksi, sementara spesi itu mengalami oksidasi yaitu .begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style

Oleh karena itu, reaksi tersebut merupakan reaksi autoredoks dengan oksidator dan reduktor begin mathsize 14px style N O subscript 2 end style.

85

Iklan

Pertanyaan serupa

Reaksi: Cl 2 ​ + H 2 ​ O → HCl + HOCl adalah reaksi autoredoks. SEBAB Cl 2 ​ merupakan oksidator sekaligus sebagai reduktor.

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia