Roboguru

Sumber sejarah yang dapat memberi petunjuk bahwa k...

Sumber sejarah yang dapat memberi petunjuk bahwa kebudayaan Hindu – Buddha besar kemungkinan telah masuk ke Indonesia sekitar abad ke 1 – 2 Masehi adalah…

Jawaban:

Agama Hindu dan Buddha pertama kali tumbuh di India. Agama Hindu dikembangkan oleh bangsa Arya yang memuja banyak dewa sekitar 1500 SM, sedangkan agama Buddha dikembangkan oleh Siddharta Gautama di bagian timur laut India sekitar 500 SM. Agama Buddha lahir sebagai reaksi atas dominasi golongan Brahmana di India. Agama Hindu-Buddha perlahan mulai menyebar dan mempengaruhi kebudayaan-kebudayaan diseluruh dunia termasuk Indonesia. 
Berdasarkan bukti arkeologis yang ditemukan, agama Buddha masuk ke Indonesia sejak abad ke-2 M. Bukti tersebut adalah arca Buddha yang terbuat dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Berdasarkan ciri-ciri ikonografinya, arca ini menunjukkan langgam arca Amarawati yang berkembang di India Selatan sejak abad ke-1 M. Penemuan berikutnya adalah arca Buddha di Bukit Siguntang dekat Palembang dan Jember (Jawa Timur) yang memiliki ciri-ciri ikonografi seperti di Sempaga. 
Sedangkan masuknya agama Hindu ke Indonesia ditandai dengan penemuan tujuh buah Yupa pada awal tahun masehi (abad ke-4 M) sebagai peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur yang merupakan kerjaan Hindu tertua di Indonesia.

Dengan demikian, sumber yang menunjukkan persebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia pada abad ke 1 - 2 M adalah ditemukannya archa Budha berbahan perunggu di Sempaga, Palembang, dan Jember yang memiliki ciri-ciri ikonografi seperti di India. Selain itu pada awal tahun masehi ditemukan tujuh buah Yupa di Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved