Roboguru

Sumber: Kompas, 11 April 2006   Tidak dapat dimungkiri bahwa peristiwa ini dapat ditemui  di kota-kota besar. Banyak pengendara motor yang melewati batas penyeberangan. Cobalah menganalisis peristiwa di atas berdasarkan materi yang telah kita dapatkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Menurutmu, bagaimanakah seharusnya tindakan mereka?

Pertanyaan

Sumber: Kompas, 11 April 2006

 

Tidak dapat dimungkiri bahwa peristiwa ini dapat ditemui  di kota-kota besar. Banyak pengendara motor yang melewati batas penyeberangan. Cobalah menganalisis peristiwa di atas berdasarkan materi yang telah kita dapatkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

Menurutmu, bagaimanakah seharusnya tindakan mereka?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sesuai dengan amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, seharusnya pengendara motor berhenti dibelakang garis zebra cross dan menghormati para pejalan kaki yang mempunyai hak atas marka jalan tersebut atau dengan kata lain seharusnya mereka menaati norma yang berlaku.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut. (1) Novia tidak mencuci tangan sebelum makan. (2) Ojan tidak pernah pergi ke gereja untuk beribadah karena malas. (3) Bella bersendawa dengan keras di restoran tanpa mem...

Pembahasan Soal:

Norma hukum didasarkan pada undang-undang tertulis yang dibuat secara resmi oleh badan negara dengan tujuan mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Tata tertib lalu lintas merupakan bagian dari peraturan yang diatur oleh hukum negara. Apabila dilanggar, pelaku akan terkena sanksi yang telah diatur dalam Undang-Undang. Pernyataan nomor (4), (5), dan (6) menunjukkan tindakan yang melanggar aturan yang berlaku tertulis. Pernyataan nomor (4) dan (5) melanggar aturan lalu lintas, sedangkan pernyataan nomor (6) melanggar UU No. 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

 

0

Roboguru

Salah satu menjaga protokol kesehatan ...

Pembahasan Soal:

Pakai masker adalah salah satu sikap menjaga protokol kesehatan yang tepat agar terhindar dari penyakit covid 19.

0

Roboguru

Sebutkan tiga contoh norma hukum!

Pembahasan Soal:

Tiga contoh norma hukum:

  1. Membayar pajak
  2. Menaati peraturan lalu lintas
  3. Tidak merusak fasilitas umumundefined 

0

Roboguru

Perhatikan penyataan berikut! Para pengendara sepeda motor harus memiliki Sim C Bagi pengendara mobil wajib memiliki SIM A Keterlibatan polisi menjaga keamanan negara Tindak pidana korupsi ditan...

Pembahasan Soal:

Norma hukum adalah aturan baku yang dibuat dan ditetapkan dalam perundang-undangan. Sehingga, tidak heran jika hukuman yang diberikan atas pelanggaran norma hukum cenderung berat, misalnya denda atau pemenjaraan. Contoh dari perilaku yang sesuai dengan norma hukum adalah pilihan 1, 2, dan 4. Pada pilihan 1 dan 2, masyarakat diwajibkan mematuhi hukum berlalu lintas. Di mana masyarakat diwajibkan melengkapi diri dengan SIM jika ingin mengemudi di jalan raya. Kemudian pada pilihan 4 dijelaskan bahwa pelaku pelanggaran hukum berat seperti korupsi haruslah diproses secara hukum melalui lembaga berwenang, yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi.

0

Roboguru

Sekelompok penyeberang jalan melintas di zebra crops, sementara itu pengendara roda dua melaju dengan tertib dan memakai helm sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku. Kondisi tersebut menggambarkan ...

Pembahasan Soal:

Menyebrang di zebra cross serta mentaati peraturan lalu lintas adalah aturan-aturan hukum yang sudah tertulis di peraturan lalu lintas. Apabila ada yang melanggar bisa dikenakan sanksi hukum.

Berdasarkan penjelasn tersebut, jawaban yang tepat adalah A yaitu norma hukum.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved